Di periode milenial ini segala hal berubah begitu masif,
cepat dan menyebar kemana-mana. Ada efek faktual dan negatif dari globalisasi dan penguatan pendidikan abjad yaitu benteng utama dalam menahan arus globalisasi tersebut. Ada 5 nilai utama yang dikuatkan dalam pendidikan abjad di sekolah Indonesia.
cepat dan menyebar kemana-mana. Ada efek faktual dan negatif dari globalisasi dan penguatan pendidikan abjad yaitu benteng utama dalam menahan arus globalisasi tersebut. Ada 5 nilai utama yang dikuatkan dalam pendidikan abjad di sekolah Indonesia.
1. Religius
Nilai abjad religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melakukan ajaranagama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleranterhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damaidengan pemeluk agama lain.
![]() |
Karakter baik harus dikuatkan semenjak dini |
2. Nasionalis
Nilai abjad nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang mengatakan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentinganbangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Subnilai nasionalis antara lain apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa,rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku,dan agama.
3. Mandiri
Nilai abjad berdikari merupakan sikap dan sikap tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita. Subnilai berdikari antara lain etos kerja (kerja keras), tangguh tahan banting, daya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
4. Gotong Royong
Nilai abjad tolong-menolong mencerminkan tindakan menghargai semangat kolaborasi dan pundak membahu menuntaskan perkara bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/ pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan. Subnilai tolong-menolong antara lain menghargai, kerja sama, inklusif, akad atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolongmenolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.
5. Integritas
Nilai abjad integritas merupakan nilai yang mendasari sikap yang didasarkan pada upaya menyebabkan dirinya sebagai orang yang selalu mampu mendapatkan amanah dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, mempunyai akad dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan sopan santun (integritas moral).
4. Gotong Royong
Nilai abjad tolong-menolong mencerminkan tindakan menghargai semangat kolaborasi dan pundak membahu menuntaskan perkara bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/ pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan. Subnilai tolong-menolong antara lain menghargai, kerja sama, inklusif, akad atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolongmenolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.
5. Integritas
Nilai abjad integritas merupakan nilai yang mendasari sikap yang didasarkan pada upaya menyebabkan dirinya sebagai orang yang selalu mampu mendapatkan amanah dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, mempunyai akad dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan sopan santun (integritas moral).
Karakter integritas mencakup sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang menurut kebenaran. Subnilai integritas antara lain kejujuran, cinta pada kebenaran, setia, akad moral, anti korupsi, keadilan, tanggungjawab, keteladanan, dan menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).