5 Nilai Utama Penguatan Pendidikan Abjad Di Sekolah
4/ 5 stars - "5 Nilai Utama Penguatan Pendidikan Abjad Di Sekolah" Di periode milenial ini segala hal berubah begitu masif, cepat dan menyebar kemana-mana. Ada efek faktual dan negatif dari globalisasi da...

5 Nilai Utama Penguatan Pendidikan Abjad Di Sekolah



Di periode milenial ini segala hal berubah begitu masif,
cepat dan menyebar kemana-mana. Ada efek faktual dan negatif dari globalisasi dan penguatan pendidikan abjad yaitu benteng utama dalam menahan arus globalisasi tersebut. Ada 5 nilai utama yang dikuatkan dalam pendidikan abjad di sekolah Indonesia. 

1.    Religius
Nilai abjad religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku  melakukan ajaranagama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleranterhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damaidengan pemeluk agama lain.
Di periode milenial ini segala hal berubah begitu masif 5 Nilai Utama Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah
Karakter baik harus dikuatkan semenjak dini
Nilai abjad religius ini mencakup tiga dimensi korelasi sekaligus, yaitu korelasi individu dengan Tuhan, individu dengan sesama, dan individu dengan alam semesta (lingkungan). Nilai abjad religius ini ditunjukkan dalam sikap menyayangi dan menjaga keutuhan ciptaan. Subnilai religius antara lain cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kolaborasi antar pemeluk agama dan kepercayaan, antibuli dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, menyayangi lingkungan, melindungi yang kecil dan tersisih.

2.    Nasionalis

Nilai abjad nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang mengatakan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentinganbangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Subnilai nasionalis antara lain apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa,rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku,dan agama.

3.    Mandiri
Nilai abjad berdikari merupakan sikap dan sikap tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita. Subnilai berdikari antara lain etos kerja (kerja keras), tangguh tahan banting, daya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

4.    Gotong Royong

Nilai abjad tolong-menolong mencerminkan tindakan menghargai semangat kolaborasi dan pundak membahu menuntaskan perkara bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan,  memberi bantuan/ pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan. Subnilai tolong-menolong antara lain menghargai, kerja  sama, inklusif, akad atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolongmenolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.

5.    Integritas

Nilai abjad integritas merupakan nilai yang mendasari sikap yang didasarkan pada upaya menyebabkan dirinya sebagai orang yang selalu mampu mendapatkan amanah dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, mempunyai akad dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan sopan santun (integritas moral). 

Karakter integritas mencakup sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang menurut kebenaran. Subnilai integritas antara lain kejujuran, cinta pada kebenaran, setia, akad moral, anti korupsi, keadilan, tanggungjawab, keteladanan, dan menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).