Contoh latihan soal kelas 5 tema 3 (Makanan sehat) subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan) dan kunci jawaban/ pembahasan, kurikulum 2013 revisi, semester 1. Melanjutkan soal tema 3 yang sebelumnya sudah pernah kami bagikan. Jadi, pada kali ini kami akan membagikan latihan soal Tema 3 kelas 5 SD MI.
Seperti yang sudah dijelaskan pada soal tema 3 sebelumnya, bahwa dalam subtema 1 yang berjudul wacana “Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan”, terdapat 6 kali pembelajaran. Nah, untuk latihan soal ini, khusus untuk pembelajaran kelima dan keenam. Namun, bila soal ini masih relevan dengan pembelajaran pertama sampai keempat, silahkan saja dipakai untuk tambah-tambah soal.
Ya semoga saja latihan soal tema 3 kelas 5 ini sanggup dipakai dalam aneka macam hal, untuk mengukur pengetahuan siswa wacana pemahaman mereka memahami tema 3 dengan baik. Latihan soal kelas 5 ini sanggup anda gunakan dalam aneka macam hal, mulai dari ulangan harian, UTS, dan UAS kelas 5.
Dalam latihan soal ini, hanya ada satu jenis soal yang sanggup kami bagikan, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Meskipun hanya satu jenis soal, namun dengan jumlah soal Tema 3 Kelas 5 yang ada pada artikel ini dengan jumlah 40 soal, semoga saja sanggup menutupi kekurangan kami dalam menyajikan latihan soal.
Untuk semakin melengkapi latihan soal kelas 5 ini, kami sudah menyediakan kunci tanggapan soal yang sudah tersedia dan ada pada simpulan artikel. Jadi, tidak kami tutup-tutupi. Silahkan anda coba untuk menjawab pertanyaan tema 3 kelas 5 ini. Jika anda menjumpai ada yang salah pada kunci jawaban, kami tunggu saran dari para pembaca melalui kolom komentar.
Nah, bagi anda yang sudah cocok dengan latihan soal ini, anda sanggup mendownload soal tema 3 kelas 5 subtema 1 ini kok. Cukup klik saja tombol LINK DOWNLOAD yang tersedia pada simpulan artikel. Lalu, silahkan download file soal tema 3 kelas 5 ini. Demikian pengantar dari kami, terkait teladan soal kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat), Subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan) Pembelajaran kelima dan keenam. Berikut ini soal dan jawabannya.
A. digoyang
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
2. Biola merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara …
A. digoyang
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
3. Angklung merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara …
A. digoyang
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
4. Alat musik sasando berasal dari …
A. Lombok
B. Bali
C. NTT
D. NTB
5. Alat musik Kecapi berasal dari …
A. Sulawesi Utrara
B. Sulawesi Barat
C. Kalimantan Utara
D. Kalimantan Tengah
6. Alat musik gamelan berasal dari …
A. Jawa Tengah
B. Jawa Barat
C. Kalimantan
D. Papua
7. Alat musik Rebab berasal dari …
A. Jawa Tengah
B. Jawa Barat
C. Kalimantan
D. Papua
8. Alat musik Kolintang berasal dari …
A. Sulawesi Utrara
B. Sulawesi Barat
C. Kalimantan Utara
D. Kalimantan Tengah
9. Alat musik Kendang berasal dari …
A. Jawa Tengah
B. Jawa Barat
C. Kalimantan
D. Papua
10. Alat musik Tifa berasal dari …
A. Lombok
B. Bali
C. Papua
D. NTB
Bacalah percakapan berikut dengan seksama untuk soal nomo 12 - 16!
Lala : “Danang, saya ingin kalimat pada dasarnya menyerupai ini ya!”
Danang : “Sepertinya kurang bagus, La. Kalau menurutku lebih baik kita memakai kalimat buatan Umar. Lebih singkat padat, dan jelas. Tidak apa-apa, ya?”
Lala : “Yah... begitu ya? Ya, sudahlahlah, saya mengikuti saja bagaimana baiknya.”
Siti : “Kalau gambarnya bagaimana? Ada inspirasi tidak, teman-teman?”
Lala : “Karena ini berkaitan dengan gaya hidup sehat dan harus sesuai dengan kalimat Umar, maka saya seruan bagaimana kalau gambarnya beberapa siswa yang berolahraga?”
Umar : “Aku baiklah dengan pendapat mu La, menurutku itu inspirasi yang bagus.”
Siti : “Aku juga berpikir begitu, saya juga baiklah dengan inspirasi Lala. Yang lain bagaimana?"
Danang : “Aku pikir bagus, La. Berarti kita semua sepakat, ya? Kita akan memakai kalimat miliknya Umar dan gambar dari idenya Lala, ya?”
Semua sahabat : “Setuju!”
11. Apa tema iklan yang mereka buat?
A. Mengobati penyakit
B. Gaya hidup sehat
C. Menjaga kesehatarn
D. Berolahraga
12. Apa yang sedang mereka diskusikan pada percakapan tersebut?
A. Kalimat iklan
B. Gambar iklan
C. Rencana pembuatan iklan
D. Tema iklan
13. Bagaimana sebaiknya kalimat iklan yang baik?
A. Sangat panjang dan bermakna
B. Praktis diingat
C. Singkat dan gampang dibaca
D. Singkat, padat dan jelas
14. Diskusi mereka diakhiri dengan keputusan yang disetujui oleh …
A. Siti dan Danang
B. Lala dan Umar
C. Lala dan Siti
D. semua
15. Siapa yang memberi proposal untuk gambar iklan?
A. Lala
B. Danang
C. Umar
D. Siti
16. Usus halus dalam sistem pencernaan insan berfungsi untuk …
A. mair dari sisa pencernaan
B. membunuh basil yang terbawa makanan
C. mengunyah makanan
D. menyerap sari-sarl makanan
17. Organ pada sistem pencernaan yang tidak terjadi proses pencernaan yakni …
A. kerongkongan dan usus besar
B. kerongkongan dan lambung
C. ekspresi dan kerongkongan
D. lambung dan usus besar
18. Pada ekspresi terjadi proses mengunyah masakan yang dilakukan oleh …
A. gigi dan ludah
B. gigi dan mulut
C. gigi dan lidah
D. gigi dan bibir
19. Urutan organ pencernaan yang sempurna yakni …
A. mulut, kerongkongan, lambung, anus, usus
B. mulut, kerongkongan, usus, lambung, anus
C. mulut, kerongkongan, lambung, usus, anus
D. mulut, kerongkongan, anus, lambung, usus
20. Perhatikan iklan berikut dengan seksamal
lklan tersebut termasuk jenis …
A. iklan layanan masyarakat
B. iklan produk
C. iklan komersial
D. iklan promosi
21. Perilaku hidup sehat yang tampak pada iklan tersebut, kecuali …
A. mengusut kesehatan secara rutin
B. makan masakan bergizi
C. berolahraga
D. bernyanyi di kamar mandi
22. Dalam iklan di atas, terdapat kalimat "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pangkal Rumah Tangga Sehat”. Kata rumah tangga dalam slogan tersebut yakni bermakna …
A. kehidupan negara
B. kehidupan masyarakat
C. kehidupan keluarga
D. kehidupan bangsa
23. Kekurangan dari iklan tersebut yakni …
A. slogan sangat baik
B. keterangan kurang jelas
C. gambar sangat menarik
D. ukuran cukup besar
24. Dalam iklan di atas, terdapat kalimat "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pangkal Rumah Tangga Sehat". Arti dari slogan yang ada pada iklan tersebut yaitu …
A. keluarga sehat bermula dari sikap hidup bersih
B. keluarga sehat bermula dari orang tua
C. keluarga sehat bermula dari diri sendiri
D. keluarga sehat bermula dari anak-anak
25. Kebiasaan yang sanggup mengakibatkan seseorang mempunyai penyakit mag yakni …
A. makan sempurna pada waktunya
B. mengkonsumsi masakan yang pedas dan asam
C. makan masakan bergizi
D. makan sayuran dan buah-buahan
26. Kebiasaan makan yang tidak teratur sanggup mengakibatkan seseorang menderita penyakit …
A. mag
B. kolik
C. diare
D. kram usus
27. Proses pencernaan yang berlangsung dalam organ pencenaan bertujuan untuk …
A. biar badan tidak kekurangan gizi
B. memecah masakan menjadi sisa mencernaan yang dibuang
C. memecah masakan menjadi sari masakan yang gampang diserap
D. biar timbul rasa kenyang pada perut
28. Penyąkit mag sanggup dirasakan oleh …
A. dewasa
B. anak-anak
C. remaja
D. semua benar
29. Sari-sari masakan yang diserap oleh usus halus akan dipakai oleh …
A. seluruh sel tubuh
B. jantung
C. mulut
D. paru-paru
30. Obat mag yang berbentuk tablet biasanya diminum dengan cara …
A. dilarutkan dalam air
B. eksklusif ditelan
C. ditelan dengan air
D. dikunyah terlebih dahulu
31. Alat musik calung dimainkan dengan cara …
A. ditekan
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
32. Berikut ini yang termasuk alat musik melodis yakni …
A. rebana
B. drum
C. kendang
D. suling
33. Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari …
A. Yogyakarta
B. Jawa Tengah
C. Jawa Barat
D. Jawa Timur
34. Yang bukan alat musik tradisional Indonesia yakni …
A. goong
B. sasando rote
C. angklung
D. harpa
35. Alat musik sasando rote berasal dari pulau …
A. Maluku
B. Belitung
C. Sabang
D. Rote
36. Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek yakni ...
A. angklung
B. kecapi
C. gitan
D. rebab
37. Terompet dimainkan dengan cara …
A. digesek
B. dipetik
C. ditiup
D. dipukul
38. Alat musik karinding berasal dari …
A. Papua
B. Jawa Barat
C. Sumatera
D. Kalimantan
39. Alat musik yang termasuk alat musik ritmis dan melodi yakni …
A. angklung
B. gitar
C. biola
D. drum
40. Dalam memainkan alat musik secara bersamaan harus tercipta …
A. ketukan
B. melodi
C. irama
D. harmonisasi
2 D 12 C 22 C 32 D
3 A 13 D 23 B 33 C
4 C 14 D 24 A 34 D
5 B 15 A 25 B 35 D
6 A 16 D 26 A 36 D
7 B 17 A 27 C 37 C
8 A 18 C 28 D 38 B
9 B 19 C 29 A 39 B
10 C 20 A 30 C 40 D
Demikian kumpulan teladan latihan soal Kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan) dan kunci jawaban, kurikulum 2013 revisi terbaru yang berbentuk soal pilihan ganda. LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan di bawah ini bila anda ingin mendownload latihan soal tematik kelas 5 SD MI di atas. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/
Seperti yang sudah dijelaskan pada soal tema 3 sebelumnya, bahwa dalam subtema 1 yang berjudul wacana “Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan”, terdapat 6 kali pembelajaran. Nah, untuk latihan soal ini, khusus untuk pembelajaran kelima dan keenam. Namun, bila soal ini masih relevan dengan pembelajaran pertama sampai keempat, silahkan saja dipakai untuk tambah-tambah soal.
Soal Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan)
Jika anda ingin membuka latihan soal pembelajaran pertama dan kedua, silahkan buka : Latihan soal Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran pertama dan kedua. Begitu juga untuk soal pembelajaran ketiga dan keempat, silahkan buka : Latihan soal Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran Ketiga dan Keempat.Ya semoga saja latihan soal tema 3 kelas 5 ini sanggup dipakai dalam aneka macam hal, untuk mengukur pengetahuan siswa wacana pemahaman mereka memahami tema 3 dengan baik. Latihan soal kelas 5 ini sanggup anda gunakan dalam aneka macam hal, mulai dari ulangan harian, UTS, dan UAS kelas 5.
Dalam latihan soal ini, hanya ada satu jenis soal yang sanggup kami bagikan, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Meskipun hanya satu jenis soal, namun dengan jumlah soal Tema 3 Kelas 5 yang ada pada artikel ini dengan jumlah 40 soal, semoga saja sanggup menutupi kekurangan kami dalam menyajikan latihan soal.
Untuk semakin melengkapi latihan soal kelas 5 ini, kami sudah menyediakan kunci tanggapan soal yang sudah tersedia dan ada pada simpulan artikel. Jadi, tidak kami tutup-tutupi. Silahkan anda coba untuk menjawab pertanyaan tema 3 kelas 5 ini. Jika anda menjumpai ada yang salah pada kunci jawaban, kami tunggu saran dari para pembaca melalui kolom komentar.
Nah, bagi anda yang sudah cocok dengan latihan soal ini, anda sanggup mendownload soal tema 3 kelas 5 subtema 1 ini kok. Cukup klik saja tombol LINK DOWNLOAD yang tersedia pada simpulan artikel. Lalu, silahkan download file soal tema 3 kelas 5 ini. Demikian pengantar dari kami, terkait teladan soal kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat), Subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan) Pembelajaran kelima dan keenam. Berikut ini soal dan jawabannya.
Soal Pilihan Ganda Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan)
1. Drum merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara …A. digoyang
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
2. Biola merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara …
A. digoyang
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
3. Angklung merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara …
A. digoyang
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
4. Alat musik sasando berasal dari …
A. Lombok
B. Bali
C. NTT
D. NTB
5. Alat musik Kecapi berasal dari …
A. Sulawesi Utrara
B. Sulawesi Barat
C. Kalimantan Utara
D. Kalimantan Tengah
6. Alat musik gamelan berasal dari …
A. Jawa Tengah
B. Jawa Barat
C. Kalimantan
D. Papua
7. Alat musik Rebab berasal dari …
A. Jawa Tengah
B. Jawa Barat
C. Kalimantan
D. Papua
8. Alat musik Kolintang berasal dari …
A. Sulawesi Utrara
B. Sulawesi Barat
C. Kalimantan Utara
D. Kalimantan Tengah
9. Alat musik Kendang berasal dari …
A. Jawa Tengah
B. Jawa Barat
C. Kalimantan
D. Papua
10. Alat musik Tifa berasal dari …
A. Lombok
B. Bali
C. Papua
D. NTB
Bacalah percakapan berikut dengan seksama untuk soal nomo 12 - 16!
Lala : “Danang, saya ingin kalimat pada dasarnya menyerupai ini ya!”
Danang : “Sepertinya kurang bagus, La. Kalau menurutku lebih baik kita memakai kalimat buatan Umar. Lebih singkat padat, dan jelas. Tidak apa-apa, ya?”
Lala : “Yah... begitu ya? Ya, sudahlahlah, saya mengikuti saja bagaimana baiknya.”
Siti : “Kalau gambarnya bagaimana? Ada inspirasi tidak, teman-teman?”
Lala : “Karena ini berkaitan dengan gaya hidup sehat dan harus sesuai dengan kalimat Umar, maka saya seruan bagaimana kalau gambarnya beberapa siswa yang berolahraga?”
Umar : “Aku baiklah dengan pendapat mu La, menurutku itu inspirasi yang bagus.”
Siti : “Aku juga berpikir begitu, saya juga baiklah dengan inspirasi Lala. Yang lain bagaimana?"
Danang : “Aku pikir bagus, La. Berarti kita semua sepakat, ya? Kita akan memakai kalimat miliknya Umar dan gambar dari idenya Lala, ya?”
Semua sahabat : “Setuju!”
11. Apa tema iklan yang mereka buat?
A. Mengobati penyakit
B. Gaya hidup sehat
C. Menjaga kesehatarn
D. Berolahraga
12. Apa yang sedang mereka diskusikan pada percakapan tersebut?
A. Kalimat iklan
B. Gambar iklan
C. Rencana pembuatan iklan
D. Tema iklan
13. Bagaimana sebaiknya kalimat iklan yang baik?
A. Sangat panjang dan bermakna
B. Praktis diingat
C. Singkat dan gampang dibaca
D. Singkat, padat dan jelas
14. Diskusi mereka diakhiri dengan keputusan yang disetujui oleh …
A. Siti dan Danang
B. Lala dan Umar
C. Lala dan Siti
D. semua
15. Siapa yang memberi proposal untuk gambar iklan?
A. Lala
B. Danang
C. Umar
D. Siti
16. Usus halus dalam sistem pencernaan insan berfungsi untuk …
A. mair dari sisa pencernaan
B. membunuh basil yang terbawa makanan
C. mengunyah makanan
D. menyerap sari-sarl makanan
17. Organ pada sistem pencernaan yang tidak terjadi proses pencernaan yakni …
A. kerongkongan dan usus besar
B. kerongkongan dan lambung
C. ekspresi dan kerongkongan
D. lambung dan usus besar
18. Pada ekspresi terjadi proses mengunyah masakan yang dilakukan oleh …
A. gigi dan ludah
B. gigi dan mulut
C. gigi dan lidah
D. gigi dan bibir
19. Urutan organ pencernaan yang sempurna yakni …
A. mulut, kerongkongan, lambung, anus, usus
B. mulut, kerongkongan, usus, lambung, anus
C. mulut, kerongkongan, lambung, usus, anus
D. mulut, kerongkongan, anus, lambung, usus
20. Perhatikan iklan berikut dengan seksamal
lklan tersebut termasuk jenis …
A. iklan layanan masyarakat
B. iklan produk
C. iklan komersial
D. iklan promosi
21. Perilaku hidup sehat yang tampak pada iklan tersebut, kecuali …
A. mengusut kesehatan secara rutin
B. makan masakan bergizi
C. berolahraga
D. bernyanyi di kamar mandi
22. Dalam iklan di atas, terdapat kalimat "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pangkal Rumah Tangga Sehat”. Kata rumah tangga dalam slogan tersebut yakni bermakna …
A. kehidupan negara
B. kehidupan masyarakat
C. kehidupan keluarga
D. kehidupan bangsa
23. Kekurangan dari iklan tersebut yakni …
A. slogan sangat baik
B. keterangan kurang jelas
C. gambar sangat menarik
D. ukuran cukup besar
24. Dalam iklan di atas, terdapat kalimat "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pangkal Rumah Tangga Sehat". Arti dari slogan yang ada pada iklan tersebut yaitu …
A. keluarga sehat bermula dari sikap hidup bersih
B. keluarga sehat bermula dari orang tua
C. keluarga sehat bermula dari diri sendiri
D. keluarga sehat bermula dari anak-anak
25. Kebiasaan yang sanggup mengakibatkan seseorang mempunyai penyakit mag yakni …
A. makan sempurna pada waktunya
B. mengkonsumsi masakan yang pedas dan asam
C. makan masakan bergizi
D. makan sayuran dan buah-buahan
26. Kebiasaan makan yang tidak teratur sanggup mengakibatkan seseorang menderita penyakit …
A. mag
B. kolik
C. diare
D. kram usus
27. Proses pencernaan yang berlangsung dalam organ pencenaan bertujuan untuk …
A. biar badan tidak kekurangan gizi
B. memecah masakan menjadi sisa mencernaan yang dibuang
C. memecah masakan menjadi sari masakan yang gampang diserap
D. biar timbul rasa kenyang pada perut
28. Penyąkit mag sanggup dirasakan oleh …
A. dewasa
B. anak-anak
C. remaja
D. semua benar
29. Sari-sari masakan yang diserap oleh usus halus akan dipakai oleh …
A. seluruh sel tubuh
B. jantung
C. mulut
D. paru-paru
30. Obat mag yang berbentuk tablet biasanya diminum dengan cara …
A. dilarutkan dalam air
B. eksklusif ditelan
C. ditelan dengan air
D. dikunyah terlebih dahulu
31. Alat musik calung dimainkan dengan cara …
A. ditekan
B. dipetik
C. dipukul
D. digesek
32. Berikut ini yang termasuk alat musik melodis yakni …
A. rebana
B. drum
C. kendang
D. suling
33. Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari …
A. Yogyakarta
B. Jawa Tengah
C. Jawa Barat
D. Jawa Timur
34. Yang bukan alat musik tradisional Indonesia yakni …
A. goong
B. sasando rote
C. angklung
D. harpa
35. Alat musik sasando rote berasal dari pulau …
A. Maluku
B. Belitung
C. Sabang
D. Rote
36. Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek yakni ...
A. angklung
B. kecapi
C. gitan
D. rebab
37. Terompet dimainkan dengan cara …
A. digesek
B. dipetik
C. ditiup
D. dipukul
38. Alat musik karinding berasal dari …
A. Papua
B. Jawa Barat
C. Sumatera
D. Kalimantan
39. Alat musik yang termasuk alat musik ritmis dan melodi yakni …
A. angklung
B. gitar
C. biola
D. drum
40. Dalam memainkan alat musik secara bersamaan harus tercipta …
A. ketukan
B. melodi
C. irama
D. harmonisasi
Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 1
1 C 11 B 21 D 31 C2 D 12 C 22 C 32 D
3 A 13 D 23 B 33 C
4 C 14 D 24 A 34 D
5 B 15 A 25 B 35 D
6 A 16 D 26 A 36 D
7 B 17 A 27 C 37 C
8 A 18 C 28 D 38 B
9 B 19 C 29 A 39 B
10 C 20 A 30 C 40 D
Demikian kumpulan teladan latihan soal Kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 1 (Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan) dan kunci jawaban, kurikulum 2013 revisi terbaru yang berbentuk soal pilihan ganda. LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan di bawah ini bila anda ingin mendownload latihan soal tematik kelas 5 SD MI di atas. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/