10 Pola Paragraf Deduktif
4/ 5 stars - "10 Pola Paragraf Deduktif" Paragraf deduktif atau deduksi ialah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Jenis paragraf ini sering dipakai da...

10 Pola Paragraf Deduktif





Paragraf deduktif atau deduksi ialah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Jenis paragraf ini sering dipakai dalam membuatkan suatu pandangan gres pokok atau topik suatu masalah. Paragraf ini juga sering dipakai dalam penulisan berita, khususnya informasi dengan model straight news.


Berikut 10 pola paragraf deduktif.


1.     Cecak mempunyai pertolongan diri yang unik. Ia bisa mengelabui musuhnya dengan cara memutuskan ekornya. Kemampuan ini disebut autotomi. Pemangsa akan menerka ekor yang putus ialah badan cecak sehingga cecak dengan leluasa melarikan diri.


2.     Rendra ialah anak yang rajin. Setiap hari ia bangkit pukul 04.00. Ia selalu salat berjemaah di masjid. Ia tidak pernah terlambat ke sekolah.


3.    Harimau sumatera sekarang semakin langka. Banyak orang yang memburunya. Mereka mengincar kulit harimau untuk dijual kepada perajin kulit. Apalagi kini, habitat binatang tersebut semakin usang semakin menyempit alasannya penebangan hutan dan pertambangan.


4.     Jahe mempunyai banyak manfaat. Tanaman ini sering dijadikan bumbu dapur. Selain itu, jahe sering dijadikan minuman penghangat tubuh. Jahe sanggup ditanam di pekarangan rumah sebagai apotek hidup.


5.      Kucing ialah hewan  yang sangat lucu. Tingkahnya menciptakan banyak orang tertawa. Terkadang kucing menari-nari dikala mengajak seseorang untuk bermain. Akan akan semakin lucu, kalau binatang tersebut tidur dengan lelap di sofa.


6.      Bunglon merupakan salah satu binatang yang unik. Ia bisa menyesuaikan diri di lingkungannya dengan cara mimikri. Bunglon sanggup mengubah warna kulit sesuai warna benda di sekitarnya semoga sanggup mengelabui binatang pemangsa. Jika bunglon erat dengan dedaunan hijau maka ia akan berubah warna kulit menjadi hijau.


7.     Cara menciptakan es degan sirup cukup mudah. Ambil air dari buah kelapa muda, kemudian belahlah untuk diambil daging buahnya. Campurkan daging buah dengan air kelapa yang sudah diambil tadi. Tambahkan gula dan sirup secukupnya. Aduk rata dan jangan lupa tambahkan es kerikil semoga rasanya tambah menyegarkan.


8.     Kelapa ialah buah yang sangat bermanfaat. Buahnya bisa untuk materi minuman yang menyegarkan. Batangnya bisa dipakai sebagai materi bangunan. Akarnya sangat kokoh untuk menahan erosi dan erosi. Daunnya untuk pembungkus makanan.


9.     Demam kerikil akik yang tengah mewabah di kalangan masyarakat mempunyai efek faktual maupun efek negatif. Dampak positifnya tidak lain ialah menjadi sumber mata pencaharian gres bagi masyarakat-masyarakat sekitar, namun dibelakang itu orang-orang yang tidak bertanggung jawab merusak batuan alam dengan sewenang-wenang.


10.    Sudah beberapa hari ini air PDAM di rumah kami sering kotor dan berbau. Akibatnya, kami menjadi sering menguras kolam mandi dan penampungan air. Kami sungguh resah bila tidak ada air higienis di rumah kami. Apalagi muncul informasi bahwa PDAM akan menaikkan tarif air. Tolong jangan hingga tarif air dinaikkan kalau pelayanannya masih kacau.



Sumber https://dapurimajinasi.blogspot.com/