Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 – Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 akan admin bagikan pada selesai postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal Perguruan Tinggi Swasta untuk dijadikan materi ujian pada anak didiknya, terutama pada ketika akan menyusun dan menciptakan Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal Perguruan Tinggi Swasta Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh alasannya yaitu itu sengaja admin menyebarkan Soal Perguruan Tinggi Swasta dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, baiklah eksklusif saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit klarifikasi berikut ini.
Mutu pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya merupakan sistem penilaian (assesment).
Penilaian merupakan proses mengumpulkan info melalui pengukuran (menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi hasil pengukuran. Sedangkan penilaian merupakan proses mengambil keputusan menurut hasil penilaian.
Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, yakni :
- Penilaian hasil berguru oleh pendidik;
- Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan; dan
- Penilaian hasil berguru oleh Pemerintah
Di dalam Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 dijelaskan bahwa penilaian hasil berguru oleh pendidik merupakan proses pengumpulan info atau bukti wacana capaian pembelajaran penerima didik dalam kompetensi perilaku spiritual dan perilaku sosial, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara berkala dan sistematis, selama dan sesudah proses pembelajaran.
Penilaian hasil berguru oleh pendidik sanggup dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, ulangan, penugasan, tes praktik, projek, dan portofolio diubahsuaikan denan karakteristik kompetensi.
Secara umum, penilaian hasil berguru oleh pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian.
Penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh info mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan memakai info tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran semoga lebih efektif dan sanggup meningkatkan kompetensi siswa.
Sedangkan hasil penilaian sumatif dipakai untuk menciptakan keputusan apakah seorang penerima didik sanggup melanjutkan atau tidak sanggup melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus.
Dengan demikian, penilaian hasil berguru oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan berguru memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan remidial.
A. Prinsip-Prinsip Penilaian dalam Kurikulum 2013
Penilaian pendidikan dalam Kurikulum 2013 (K13) sebagai proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik meliputi beberapa bentuk penilaian, yakni penilaian otentik, penilaian diri, penilaian projek, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan selesai semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah.
Penilaian hasil berguru tersebut harus dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut :
- Sahih; berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
- Objektif; berarti penilaian didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.
- Adil; berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan penerima didik tertentu.
- Terpadu; berarti penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari acara pembelajaran.
- Terbuka; berarti mekanisme penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan sanggup diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
- Menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan; berarti penilaian meliputi semua aspek kompetensi dengan memakai aneka macam teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan penerima didik.
- Sistematis; berarti penialain dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.
- Beracuan kriteria; berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
- Akuntabel; berarti penilaian sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
B. Penilaian Tengah Semester (PTS)
Setiap satuan pendidikan, selain wajib melaksanakan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melaksanakan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Salah satu bentuk penilaian tersebut merupakan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau sering disebut juga Ulangan Tengah Semester (UTS).
Penilaian Tengah Semester merupakan salah satu bentuk penilaian berguru yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester 2.
PTS menjadi salah satu penilaian hasil berguru selain bentuk penilaian lainnya, menyerupai Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.
C. Tujuan Penilaian Tengah Semester
Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik selama setengah semester dan alhasil dijadikan sebagai materi penyusunan laporan kemajuan belajar.
Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester ialah sebagai berikut :
- Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
- Untuk mengetahui kemajuan dan hasil berguru penerima didik selama setengah semester.
- Untuk mendiagnosa kesulitan berguru penerima didik.
- Untuk memotivasi penerima didik dalam melaksanakan perbaikan hasil belajar.
- Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan penerima didik.
D. Fungsi Penilaian Tengah Semester
Berikut ini beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS)
- Sebagai salah satu materi pertimbangan dalam memilih kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik.
- Sebagai penilaian diri terhadap kinerja penerima didik.
- Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013.
Dibawah ini admin bagikan Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013. Latihan soal ini untuk membantu berguru penerima didik kelas 8 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) 2, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi latihan soal Penilaian Tengah Semester ini diambilkan dari setengah materi Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs semester 2.
- Download Soal PTS/UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Soal ini hanya referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, jikalau banyak kekurangan mohon maklum adanya.
Demikian yang sanggup admin sampaikan mengenai Soal PTS/UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013, Semoga bermanfaat . . .*)
Sumber https://adeagoess.blogspot.com/