Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, Xi Kurikulum 2013
4/ 5 stars - "Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, Xi Kurikulum 2013" Kriteria  ketuntasan  minimal  (KKM)  adalah  kriteria  ketuntasan  belajar  (KKB)  yang ditentukan  oleh  satuan  pendidikan  (Peraturan ...

Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, Xi Kurikulum 2013



Kriteria  ketuntasan  minimal  (KKM)  adalah 
kriteria  ketuntasan  belajar  (KKB)  yang ditentukan  oleh  satuan  pendidikan  (Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  20 Tahun 2007 Lampiran butir A.10). Setiap guru niscaya wajib menyusun KKM di awal tahun pedoman gres dan contoh kriteria tidak diubah serta merta sebab hasil empirik penilaian. Artinya KKM tidak sanggup diubah pada tengah semester.

Nilai ketuntasan berguru KKM untuk aspek kompetensi pengetahuan dan praktik dinyatakan dalam bilangan lingkaran dari rentang 0-100. Penetapan KKM ini merupakan keputusan mutlak guru mapel dan berfungsi sebagai berikut:
 Setiap guru niscaya wajib menyusun KKM di awal tahun pedoman gres dan contoh kriteria tidak d Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, XI Kurikulum 2013
Contoh KKM Geografi
1. Guru sanggup menilai capaian kompetensi akseptor didik sesuai kompetensi dasar mapel yag diikuti.
2. Peserta didik sanggup menyiapkan diri mengikuti evaluasi pembelajaran.

Ada 3 indikator yang dipakai untuk memilih KKM yaitu kompleksitas, daya dukung dan intake. Tingkat kompleksitas yaitu tingkat kesulitan setiap indikator, KD dan SK yang harus dicapai akseptor didik. Semakin tinggi kompleksitas bahan maka angka kompleksitasnya di KKM makin sedikit.

Pengertian Daya dukung KKM yaitu segala sumber daya dan potensi yang sanggup mendukung penyelenggaraan kegiatna belajar. Daya dukung ini sanggup alat-alat, media, kompetensi guru dll. Sementara itu pengertian intake akseptor didik yaitu kompetensi awal yang anak miliki sebelum ia memulai belajar. Misal nih di awal semester 1, siswa kan gres masuk kelas 10 maka tentu intake ia masih rendah sebab belum tahu menahu perihal Konsep Geografi. Kalau sudah berjalan 1 semester intake akan meningkat.

Contoh KKM Geografi Kurikulum 2013 sanggup didownload pada link berikut ini
Link download KKM Kelas 10
Link download KKM Kelas 11