Buku Matematika Kelas 4 SD/MI Merupakan buku siswa yang di susun berdasarkan kurikulum 2013
Dalam kesemapatan kali ini admin ini membuatkan fasilitas untuk mencar ilmu denagan menjawab soal latiahan yang ada pada Buku Siswa Senang Belajar Matematika, Dengan demikian admin menuliskan kunci tanggapan Buku siswa Senang Belajar Matematika yang berdasarkan admin sudah benar berikut Admin sajikan Kunci Jawaban matematika kelas 4 SD /MI.
Kunci Jawaban Kelas 4 Senang Belajar Matematika Luas Banguan Datar
Ada 5 tahapan yang harus kalian lakukan untuk memahami luas berdiri datar. Kelima langkah tersebut yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.
1.Persegi
Ayo Mengamati
Pengamatan
Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!
Udin dan Edo akan bermain catur.Beni tiba-tiba menghampiri mereka.Beni ingin mengetahui berapa banyak petak pada papan catur yang berwarna hitam dan putih menyerupai pada gambar di atas (Gambar 4.7).Dapatkah kalian membantu Beni untuk menghitung seluruh petak pada papan catur? Tulis ulang bacaan di atas!Gunakan kalimat sendiri.Kerjakan di buku tulismu.
Ayo Menaya
Berikut yaitu pola pertanyaan wacana luas berdiri persegi:
1.Bagaimana cara menghitung luas berdiri persegi?
2.Bagaimana cara menghitung panjang sisi persegi yang diketahui luasnya?
Ayo Menalar
Berikut ini klarifikasi lebih rinci dari bacaan di atas.
Pada pengamatan papan catur berbentuk persegi.
Beni mulai mencacah banyaknya petak secara mendatar.Perhitungan dimulai dari baris pertama, kedua, ketiga,sampai pada baris terakhir.
Terdapat 8 petak pada baris pertama,8 petak pada baris kedua,8 petak pada baris ketiga,8 petak pada baris keempat,8 petak pada baris kelima,8 petak pada baris keenam,8 petak pada baris ketujuh,dan 8 petak pada baris kedelapan.
Kunci Jawaban Buku Senang Belajar Matematika Kelas 4 Halaman 131, 132
Ayo Mencoba
1.Tentukan luas persegi berikut ini!
2.Tentukan panjang sisi persegi berikut!
3.Jika diketahui keliling sebuah persegi 100 cm, berapakah luas persegi tersebut?
4.Dua buah persegi memiliki panjang sisi masingmasing 16 cm dan 26 cm, berapakah selisih luas kedua buah persegi tersebut?
5.Beni ingin menciptakan taplak meja berbentuk persegi dari kain batik.Sisi pada taplak meja tersebut yaitu 150 cm.Harga 1 m 2 kain batik Rp50.000,00.Berapakah luas kain batik yang diharapkan oleh Beni?Jika Beni membawa uang Rp150.000,00,berapakah uang kembalian Beni?
Jawaban
Persegi Panjang
Ayo Mengamati
Pengamatan
Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!
Edo sedang bermain puzzle tetris menyerupai pada gambar di atas (Gambar 4.8). Edo ingin mengetahui berapa banyak petak pada puzzle tetris yang berbentuk persegi panjang.
Dapatkah kalian membantu Edo untuk menghitung seluruh petak pada puzzle tetris persegi panjang?
Tulis ulang bacaan di atas! Gunakan kalimat sendiri.Kerjakan di buku tulismu.
Ayo Menaya
Berikut yaitu pola pertanyaan wacana luas berdiri persegi panjang:
1.Bagaimana cara menghitung luas berdiri persegi panjang?
2.Bagaimana cara menghitung salah satu sisi persegi panjang, bila diketahui luas dan sisi yang lainnya?
Ayo Menalar
Berikut ini klarifikasi lebih rinci dari bacaan pada pengamatan.
Edo mulai mencacah banyaknya petak secara mendatar.Perhitungan dimulai dari baris pertama, kedua, ketiga,sampai pada baris kelima. Banyak petak dalam satu baris mendatar yaitu 8 petak.
Terdapat 8 petak pada baris pertama,8 petak pada baris kedua,8 petak pada baris ketiga,8 petak pada baris keempat, dan 8 petak pada baris kelima.Kemudian Edo menghitung baris pertama, baris kedua,
ketiga hingga baris terakhir yaitu baris kelima.Edo menambahkan semua petak dalam lima baris dengan cara berikut.
Gambar
Kunci Jawaban Matematik Kelas 4 Halaman 137, 138
Ayo Mencoba
1.Tentukan luas berdiri datar berikut ini!
2.Tentukan panjang atau lebar persegi panjang berikut!
3.Jika diketahui keliling sebuah persegi panjang 110 cm dan lebarnya 25 cm, berapakah panjang dan luas persegi panjang tersebut?
4.Persegi panjang A memiliki panjang 13 cm dan lebar 7 cm, sedangkan persegi panjang B memiliki panjang 23 cm dan lebar 10 cm, berapakah selisih luas kedua buah persegi panjang tersebut?
5.Salah satu tetangga Udin seorang petani. Ia mempunyaitanah berbentuk persegi panjang seluas 416 m². Lebar tanah tersebut 16 m. Berapakah panjang tanah petani? Jika petani hendak menjual tanahnya dengan harga Rp 400.000,00 per m², berapakah uang yang didapat petani?
Jawaban
Kunci Jawaban Senang Belajar Matematika Halaman 143, 144
Segitiga
Pengamatan 1
Pada Gambar 4.9, bab papan yang berwarna cokelat berbentuk segitiga. Edo akan mengecat papan yang berbentuk segitiga berwarna cokelat tersebut. Dapatkah kalian membantu Edo memilih luas segitiga berwarna cokelat tersebut?
Pengamatan 2
Edo membagi papan berbentuk persegi panjang menjadi dua bab sama besar.Bagian pertama diberi warna biru dan bab kedua diberi warna oranye.Kedua bab berbentuk segitiga. Jika panjang sisi PQ yaitu 8 cm sedangkan lebar sisi QR yaitu 4 cm, maka berapa luas segitiga berwarna oranye? Bantulah Edo untuk menghitung luas kawasan yang berbentuk segitiga!
Ayo Mencoba
1.Tentukan luas segitiga berikut ini!
2.Tentukan bantalan atau tinggi segitiga berikut!
3.Ayah Edo akan menanam rumput gajah mini pada taman belakang rumahnya yang berbentuk segitiga. Pada taman tersebut sisi terpanjangnya 10 m, sedangkan sisi terpendeknya 6 m. Misalkan harga rumput gajah mini Rp15.000,00 per m², berapakah yang diharapkan Ayah Edo untuk menanam rumput gajah mini pada tamannya?
4.Jika satu batang korek api panjangnya 4 cm, berapakah luas kawasan yang dibatasi oleh korek api pada Gambar berikut?
Jawaban
Terimaksih sudah membaca goresan pena kunci tanggapan buku siswa matematika kelas 4 Kurikulum 2013 revisi 2018 ( k13), Semoga goresan pena ini bermanfaat untuk siswa siswi yang khususnya yang lagi mencar ilmu di kelas 4. Sumber https://likfanen.blogspot.com/