Syarat Menciptakan Paspor Online Di Bekasi
4/ 5 stars - "Syarat Menciptakan Paspor Online Di Bekasi" Di kesempatan ini aku akan coba tulis pengalaman aku ketika menciptakan paspor di kota Bekasi. Kaprikornus ceritanya gini, awalnya aku ingi...

Syarat Menciptakan Paspor Online Di Bekasi



Di kesempatan ini aku akan coba tulis pengalaman aku ketika menciptakan paspor di kota Bekasi. Kaprikornus ceritanya gini, awalnya aku ingin buat paspor alasannya yakni niat untuk pergi ke luar negeri terutama umroh, naik haji dan traveling tentunya. Meskipun belum punya modal yang penting niat dulu punya paspor, mumpung waktu masih senggang. Saya cek dulu di web imigrasi kota Bekasi mengenai tata cara pembuatan paspornya. Web nya disini.

Jadi langkah pertama ketika buat paspor yakni daftar online dulu di web imigrasi kota bekasi. Nanti kau akan mendapat barcode antrian dan harus diprint ya!. Nah aku kebagian aktivitas tanggal 19 Oktober jam 13.00. Syarat-syarat yang wajib dibawah adalah

1. KTP orisinil dan fotokopi
2. KK orisinil dan fotokopi
3. Akte orisinil dan fotokopi
4. Materai
5. Pulpen
6. Surat keterangan domisli atau kerja perusahaan bagi KTP non Bekasi (saya pakai surat keterangan kerja)
 
Nah sesudah amunisi siap aku kemudian ijin dulu keluar sekolah untuk pergi ke imigrasi bekasi yang ada di belakang stadion Patriot. Setelah sholat Jumat, pribadi aku ke kantor imigrasi dan memarkor motor di luar, cuaca ketika itu panas banget bro. Lalu aku masuk ke gerbang dan menyerahkan barcode antrian online.

Di kesempatan ini aku akan coba tulis pengalaman aku ketika menciptakan paspor di kota Bekasi Syarat Membuat Paspor Online Di Bekasi
Foto di kantor imigrasi
Setelah itu aku masuk ke kantor dan ternyata sudah penuh oleh para pencari paspor. Ternyata orang Indonesia sudah kaya-kaya, dapat pergi ke luar negeri. Saya kemudian mengisi formulir registrasi dan menunggu antrian pemberkasan. Tak usang jam 13.00 nomor antrian aku dipanggil pemberkasan dan menyerahkan persyaratan diatas tadi. Setelah dicek kemudian tandatangan permohonan pakai materai, ingat bawa dari rumah ya biar ga cape bolak balik di sana ke tukang fotokopi.

Setelah itu aku menunggu untuk wawancara dan foto. Nah inilah antrian yang lama, aku menunggu hampir 2 jam untuk foto dan wawancara. Kaprikornus saran aku jikalau mau lebih cepat, kau daftar antrian yang paling pagi jam 7 atau 8 dan jangan siang. Setelah 2 jam kesannya aku dipanggil untuk foto, cap jari dan wawancara. Wawancara cuma ditannya "buat paspor mau kemana?", aku jawab "mau jalan-jalan ke negara A". Udah gitu aja, gak ada lagi pertanyaan lain.

Nah sesudah beres wawancara, kemudian tinggal bayar ke depan di kendaraan beroda empat online. Biaya pembuatan paspor biasa 355.000, tidak mengecewakan lah. Di Bekasi belum dapat buat e-paspor ya jadi hanya paspor biasa saja. Kalau mau upgrade e-paspor harus ke Jakarta ke kantor Imigrasi kelas I. Setelah bayar, paspor akan diambil maksimal 5 hari, jadi harus ke kantor imigrasi lagi ahad depan dan gak dapat satu hari jadi. Itulah pengalaman aku menciptakan paspor di Bekasi, jadi bagi yang mau buat paspor baca dulu persyaratannya biar disiapkan dari rumah dengan baik.