Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik
4/ 5 stars - "Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik" Muatan listrik ialah muatan yang mengandung sifat listrik. Ada muatan faktual dan ada juga muatan negatif. Muatan faktual ini disebut proto...

Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik



Muatan listrik ialah muatan yang mengandung sifat listrik. Ada muatan faktual dan ada juga muatan negatif. Muatan faktual ini disebut proton, sedangkan muatan negatif disebut elektron. Jika jumlah muatan faktual dan negatifnya sama, maka benda tersebut dalam keadaan netral. Perbedaan jumlah muatan ini sanggup dipengaruhi oleh alam maupun manusia. Saat jumlah muatan berbeda maka akan timbul fatwa muatan. Aliran muatan inilah yang disebut tanda-tanda kelistrikan.

Muatan Listrik

Dalam tanda-tanda kelistrikan terdapat arus listrik, yaitu pergerakan muatan listrik akhir fatwa elektron. Apa saja yah contoh-contoh tanda-tanda kelistrikan itu? Contohnya yaitu penggaris plastik sanggup menarik kertas kecil. Bagaimana hal ini sanggup terjadi? Awalnya penggaris digosokkan ke rambut, maka terjadilah perpindahan elektron dari rambut ke penggaris plastik. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron. Saat penggaris plastik yang kelebihan elektron didekatkan pada kertas kecil, maka elektronnya berpindah menuju kertas kecil. Karena massa kertas lebih kecil dari massa penggaris, maka kertas kecil tertarik menuju penggaris mengiringi perpindahan elektron dari penggaris menuju kertas kecil.

 Muatan listrik ialah muatan yang mengandung sifat listrik Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik

Contoh selanjutnya yaitu rambut berdiri ketika memegang bola konduktor. Hal ini terjadi alasannya ialah elektron dari bola konduktor mengalir ke badan hingga ke ujung rambut. Adik-adik, badan insan ialah penghantar arus listrik yang baik lho. Contoh lainnya, yaitu terjadinya petir. Petir terjadi sebelum Guntur. Petir ialah loncatan elektron disertai bunyi yang keras. Loncatan elektron ini terjadi akhir pergesekan awan yang berbeda muatan. Loncatan elektron berlangsung dari awan yang mengandung banyak elektron menuju awan yang mengandung sedikit elektron.

Konduktor

Konduktor ialah alat atau materi yang sanggup menghantarkan arus listrik. Konduktor ini biasanya dipakai untuk menyalurkan listrik. Contohnya, tembaga, kabel, aluminium, besi, dan lainnya. Yuk, kita bahas satu per satu pola konduktor ini.

1. Tembaga

Tembaga ialah logam berwarna keemasan merah. Tembaga merupakan konduktor yang baik lho. Simbol kimia tembaga ialah Cu. Tembaga biasa dipakai sebagai materi dasar kabel, kumparan trafo, dan pipa pendingin. Kabel ialah alat yang dipakai untuk meneruskan sinyal dari satu kawasan ke kawasan lain. Kabel terbuat dari tembaga yang dilapisi materi isolator disekelilingnya. Kabel ini dipakai dalam perakitan televisi, menyalurkan energi listrik dari pembangkit menuju perumahan, mengisi muatan hp dan lainnya.

2. Aluminium

Aluminium ialah logam ringan berwarna putih keperakan. Aluminium termasuk konduktor yang baik. Bahan ini sangat berkhasiat dalam penyolderan. Membuat alat-alat rumah tangga, menyerupai panci, wajan, dan lainya. 

3. Besi

Besi ialah loga yang berasal dari biji besi. Simbol besi ini ialah Fe. Besi termasuk konduktor yang baik juga lho. Besi dipakai sebagai materi bangunan, perakitan mobil, perakitan senjatan, dan lain-lain.

Isolator

Isolator ialah materi yang tidak sanggup menghantar arus listrik. Isolator dimanfaatkan untuk melindungi dari sengatan listrik. Contoh isolator antara lain, plastik, karet, kaca, kertas, dan lainnya. Yuk, kita bahas satu per satu pola isolator ini.

1. Plastik

Plastik ialah materi sintetik hasil pengolahan secara kimia. Bersifat gampang terbakar. Plastik termasuk isolator yang baik. Plastik banyak dipakai sebagai materi pembuatan pipa, alat-alat rumah tangga, kresek pembungkus, dan lainnya.

2. Karet

Karet ialah materi polimer hidrokarbon yang terdapat pada beberapa jenis tumbuhan dengan pengolahan secara  sintetik. Karet sanggup dijadikan materi pembuatan ban mobil, pelapis alat-alat kerja, sepatu, dan lainnya. 

3. Kaca

Kaca ialah material bening dan tembus pandang serta gampang rapuh. Kaca merupakan isolator yang baik juga adik-adik. Kaca sangat bermanfaat untuk layar TV dan komputer, beling rumah, beling mobil, dan lainnya.

4. Kertas

Kertas ialah materi tipis dan rata hasil kompresi dari serat. Kertas banyak dipakai sebagai buku, untuk kardus, untuk pembungkus nasi, dan lainnya.

Sumber Energi Listrik

Dari mana saja yah sumber energi listrik itu? Yuk kita simak klarifikasi berikut:

 Muatan listrik ialah muatan yang mengandung sifat listrik Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik

Energi listrik itu sanggup diperoleh dari baterai, aki, pembangkit listrik, dan lainnya. Baterai merupakan salah satu sumber energi listrik. Bahan kimia di dalam baterai sanggup diubah menjadi energi listrik. Baterai ini dipakai untuk menyalakan senter, menghidupkan hp, menggerakkan mainan, dan lain-lain.

Aki termasuk sumber energi listrik yang sering dipakai lho. Di antaranya, untuk sumber tenaga mobil, motor, dan truk.

Pembangkit listrik merupakan sumber energi listrik dalam skala besar. Energi yang dihasilkannya sanggup mencukupi hingga satu desa, bahkan satu kota lho. 

Energi listrik selengkapnya baca materi ini: Energi Listrik: Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik itu apa yah? Rangkaian listrik ialah susunan komponen elektronik yang dirangkai dengan sumber tegangan. Rangkaian listrik itu ada dua macam, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Rangkaian seri ialah rangkaian listrik yang kendala atau lampunya disusun secara sejajar. Rangkaian seri ini selalu menghasilkan arus yang sama besar dalam tiap lampunya. Keuntungannya yaitu semua lampu akan menyala sama terang. Sedangkan, kerugiannya ialah boros energi dan biaya. Selain itu, apabila satu komponen lampunya rusak, maka komponen yang lain akan terganggu juga.
 Muatan listrik ialah muatan yang mengandung sifat listrik Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik

Rangkaian seri selengkapnya baca materi ini: Rangkaian Seri: Pengertian, Ciri, Gambar

Rangkaian paralel ialah rangkaian yang kendala atau lampu-lampunya disusun secara berderet. Rangkaian ini sanggup menghasilkan tegangan yang sama besar pada tiap lampunya. Kerugiannya ialah memerlukan kabel yang lebih panjang. Sedangkan, keutamaannya yaitu apabila salah satu komponennya rusak, maka komponen yang lain tidak terganggu.

 Muatan listrik ialah muatan yang mengandung sifat listrik Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik

Rangkaian seri selengkapnya baca materi ini: Rangkaian Paralel: Pengertian, Ciri, Gambar

Adik-adik, tahu tidak, biasanya rangkaian listrik pada perumahan disusun secara paralel lho. Karena lebih ekonomis energi daripada disusun secara seri.

Demikianlah ulasan perihal Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Energi, Rangkaian Listrik, biar bermanfaat. 

Sumber http://ilmusiana.blogspot.com/