Contoh Soal Pemuaian Panjang Luas Dan Volume Kelas 7 Smp Kurikulum 2013
4/ 5 stars - "Contoh Soal Pemuaian Panjang Luas Dan Volume Kelas 7 Smp Kurikulum 2013" Contoh Soal Pemuaian Panjang Luas dan Volume Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 -  Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisik...

Contoh Soal Pemuaian Panjang Luas Dan Volume Kelas 7 Smp Kurikulum 2013



Contoh Soal Pemuaian Panjang Luas dan Volume Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika, pada kesempatan kali ini aku membagikan postingan artikel Contoh Soal Pemuaian Panjang, Luas dan Volume Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama dna pembahasannya. Sebelum berguru wacana Pemuaian panjang, pemuaian panjang dan pemuaian volume terlebih dahulu biasanya berguru wacana suhu dan kalor. untuk mereview kemabli soal suhu dan kalor silahkan [klik disini
Contoh Soal Pemuaian Panjang Luas dan Volume Kelas  CONTOH SOAL PEMUAIAN PANJANG LUAS DAN VOLUME KELAS 7 Sekolah Menengah Pertama KURIKULUM 2013
Pemuaian Pada Rel Kereta Api & Kabel di Siang Hari

Dalam postingan ini memuat : contoh soal pemuaian luas, contoh soal pemuaian volume, contoh soal pemuaian zat padat


Latihan Soal Pemuaian Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013

Sebelum memulai untuk mengerjakan latihan soal dan pemuaian. Saya berikan materi dan rumus-rumus penting yang berkaitan dengan pemuaian panjang, luas dan volume.

Pemuaian terjadi sebab suatu benda dikenai kalor dalam jumlah tertentu sehingga menciptakan benda tersebut mengalami baik pemuaian panjang, luas ataupun volume.

coba anda perhatikan benda-benda yang pernah anda jumpai ibarat pemasangan pada beling yang sedikit diberi ruang biar tidak pas dengan kacanya ataupun pemasangan rel kereta api pada sambungannya diberikan space juga. Tujuannya ialah biar ketika terjadi pemuaian pada beling maka beling tidak pecah sebab masih ada space yang sudah dibentuk sebelumnya. sedangkan pada kereta api ketika terjadi pemuaian di siang hari, maka rel kereta api tidak bengkok ketika terjadi pemuaian.

alat untuk mengukur pemuaian dinamakan musschenbroek

Manfaat dari pemuaian antara lain pengelingan pelat logam pada pembuatan tubuh kapal, keping bimetal yang dimanfaatkan pada sakelartermal, termostat bimetal, dan lampu sen mobil.

Rumus Pemuaian Panjang
berikut rumus penting yang dipakai untuk mencari pertambahan panjang dan panjang final dari pemuaian.

   ∆L = αL0(mencari pertambahan panjang)



Note: alpha ialah koefien muai panjang, untuk mencari pemuaian luas dan volume anda tingga ganti menjadi beta untuk pemuaian luas dan gamma untuk pemuaian volume. Perhatikan juga nilai koefisiennya dengan cermat sesuai dengan tabel yang sudah disediakan.



Tabel Koefisien Muai Panjang
Note :
Nilai koefisien mulai luas = 2x koefisien muai panjang
Nilai koefisien muai volume = 3x koefisien muai panjang

Soal Essay Pemuaian Panjang, Luas dan Volume


1. Logam yang panjangnya 1 m pada suhu 20oC dipanaskan sehingga suhu logam menjadi 100oC. Jika koefisien muai panjang logam sebesar 0,00005/ oC. Hitunglah :
a. panjang logam sehabis suhu dinaikan (L1)
b. pertambahan panjang logam 

2. Logam yang dipanaskan dengan suhu mula-mula 20oC panjangnya 2 m dan ketika mencapai suhu 100oC panjangnya menjadi 2,008 m. Berapakah koefisien muai panjang logam?

3. Pelat baja dengan luas 500 cm2 pada suhu 20oC diapanaskan sehingga suhunya menjadi 120oC. Jika koefisien muai panjang baja sebesar 11 x 10-6/oC. Hitung luas final pelat baja!

4. Bejana alumunium dengan volume dua liter diisi penuh dengan air. Jika suhu awal ember dan air sebesar 20 derajat celcius , lalu dipanaskan sehingga suhu ember dan air menjadi 80oC. Berapakah volume air yang tumpah kalau air = 2,1 x 10-4/derajat celcius, koefisien muai aluminium = 2,4 x 10-5/derajat celcius?

5. Perhatikan gambar berikut!
Jika koefisien muai panjang A lebih besar daripada koefisien muai panjang logam B. Berikan klarifikasi pada gambar a, b dan c!

6. Berikan masing-masing 3 rujukan dari :
a. manfaat pemuaian
b. kerugian pemuaian

7. Tulis dan jelaskan faktor-faktor yang mensugesti besar pemuaian dari suatu benda!

8. Koefisien muai panjang ialah ….

9. Suatu kawat logam memuai sepanjang 1,9 mm ketika suhunya mencapai 32C. Jika koefisien muai panjang kawat 0,000019/C, maka pada suhu 295 K panjang kawat menjadi …

10. Volum gas pada suhu 91 C ialah 20 liter. Jika gas tersebut didinginkan pada tekanan tetap, volumenya pada suhu 0 C ialah sebesar ….

Note: Pembahasan ketika ini belum tersedia. Terimakasih

Penutup

Demikian postingan aku mengenai Soal Latihan Pemuaian Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 213. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda. Jika ada soal yang tidak sesuai atau pilihan tanggapan yang tidak tepat. Silahkan berkomentar dibawah. Admin akan segera memperbaiki soal-soal dan pilihan tanggapan yang kurang tepat