Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3
4/ 5 stars - "Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3" Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 - Kali ini kita akan membahas tentang  Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3. Dala...

Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3



Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 - Kali ini kita akan membahas tentang  Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3. Dalam pembahasan kali ini, kita akan fokus pada :

 Teks diatas merupakan teks nonfiksi yang mengandung isu penting dalam setiap paragr  Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3


Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 101


Teks diatas merupakan teks nonfiksi yang mengandung isu penting dalam setiap paragrafnya. Informasi-informasi penting tersebut didasarkan pada gagasan utama yang ada pada setiap paragraf. Temukan isu penting dalam setiap paragraf menurut gagasan utama yang ada didalamnya. Tuliskan hasil temuanmu pada tabel ibarat berikut.
Jawaban :

  1. Paragraf 1 Gagasan Utama : Dampak pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara Informasi Penting : Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara mempunyai imbas konkret dan negatif.
  2. Paragraf 2 Gagasan Utama : Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara. Informasi Penting : Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dengan melakukan kewajiban membayar pajak.
  3. Paragraf 3 Gagasan Utama : Bentuk tanggung jawab warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Informasi Penting : Bentuk tanggung jawab warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.
  4. Paragraf 4 Gagasan Utama : Bentuk tanggung jawab warga negara ialah menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa. Informasi Penting : Bentuk tanggung jawab warga negara ialah menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa berdampak pada keutuhan kekayaan budaya bangsa.
  5. Paragraf 5 Gagasan Utama : Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak baik. Informasi Penting : Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak baik membawa imbas negatif bagi kesejahteraan masyarakat.
  6. Paragraf 6 Gagasan Utama : Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Informasi Penting : Pelaksanaan tanggung jawab warga negara dengan baik menciptakan masyarakat sejahtera dan negara menjadi kuat.

Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 181


Diskusikan bersama kelompokmu perihal imbas pelaksanaan tanggungjawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan secara rinci perihal pelaksanaan tanggung jawab dan imbas yang ditimbulkan pada tabel berikut! Jawaban :
No Pelaksanaan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara Dampak yang Ditimbulkan
1 Melaksanakan kewajiban membayar pajak Berlangsungnya pembangunan bangsa
2 Saling membina kerukunan diantara warga masyarakat, antarpemeluk agama, suku, ras, dan budaya Tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat
3 Mengembangkan perilaku kekeluargaan dan gotong royong Tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat
4 Memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan Sumber daya alam menjadi terjaga
5 Memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya Sumber daya alam menjadi terjaga