Latihan Soal Essay Aturan 1 2 3 Newton Kelas 8 Smp
4/ 5 stars - "Latihan Soal Essay Aturan 1 2 3 Newton Kelas 8 Smp" Latihan soal Essay Hukum 1 2 3 Newton Kelas 8 SMP - Semangat pagi!. Hallo teman semua. Pada kesempatan kali ini aku update kembali  soal da...

Latihan Soal Essay Aturan 1 2 3 Newton Kelas 8 Smp



Latihan soal Essay Hukum 1 2 3 Newton Kelas 8 SMP- Semangat pagi!. Hallo teman semua. Pada kesempatan kali ini aku update kembali soal dan pembahasan hukum newton satu dua dan tiga. Contoh soal yang aku berikan pada artikel ini merupakan edsisi khusus soal essay aturan newton kelas 8 SMP.

Jika sebelumnya teman sudah pernah mengerjakan contoh soal gaya smp kelas 8, maka tentu akan mempermudah untuk mengerjakan soal essay aturan newton yang aku bagikan hari ini.

Latihan Soal Hukum 1 2 3 Newton Kelas 8 SMP

Hukum 1 Newton

Hukum satu newton berbicara tentang kelembaman suatu benda. artinya, setiap benda tetap pada keadaan membisu atau bergerak dengan kecepatan kosntan. Jadi, benda yang membisu maka akan cenderung membisu mempertahankan kedudukannya dan benda yang bergerak maka akan bergerak dengan kecepatan konstan. artinya tidak mempunyai percepatan benda. atau percepatan benda nilainya nol.

 Pada kesempatan kali ini aku update kembali LATIHAN SOAL ESSAY HUKUM 1 2 3 NEWTON KELAS 8 SMP

Hukum satu newton sering disebut hukum Inersia benda atau kelembaman benda.
Secara matematis sanggup ditulis

Total Gaya F = 0


Hukum 2 Newton

Hukum dua newton berbicara mengenai percepatan suatu benda dipengaruhi oleh besarnya total gaya yang bekerja pada benda tersebut dan massa benda tersebut. Percepatan benda akan sebanding dengan total gaya yang bekerja pada benda, dan berbanding terbalik dengan massa benda tersebut.
secara matematis sanggup kita tuliskan

a = F/m

dimana : 
a = percepatan benda (m/s.s)
m = kilogram (Kg)
F = gaya benda (Newton)

Hukum 3 Newton

Hukum tiga newton berbicara perihal suatu benda yang diberikan sebuah gaya agresi (F aksi) maka benda tersebut memberikan gaya reaksi (-F reaksi) yang arahnya berlawanan dengan gaya aksi.

Secara matematis sanggup kita tuliskan:

F agresi = -F reaksi

note: tanda minus memperlihatkan arahnya berlawan arah dengan gaya aksi
Baik, itu sedikit review bahan yang aku tuliskan. silahkan lanjutkan untuk latihan soal di bawah ini.

Soal Essay Hukum 1 2 3 Newton

1. Sebuah lokomotif bermassa 100 ton melaju dengan resultan gaya 250.000 N. berapakah percepatan yang dialami lokomotif tersebut?

2. Sebuah kendaraan beroda empat sport bermassa 800 kg bergerak dipercepat pada 3,5 m/s2 menjauhi lampu kemudian lintas. Berapakah resultan gaya yang diharapkan untuk memperlihatkan percepatan ini?

3. Seekor sapi bermassa 500 kg sanggup menarik gerobak bermassa 2500 kg dengan percepatan tetap 1,5 m/s2. Jika sapi tersebut menarik gerobak bermassa 1500 kg, berapakah percepatan yang dihasilkannya? Abaikan gaya gesekan!

4. Sebuah truk kosong bermassa 2 ton mempunyai percepatan maksimum 1,2 m/s2. Berapa percepatan maksimumnya ketika truk itu membawa beban 1000 kg?

5. Sebuah gaya 20 N mengakibatkan suatu benda mengalami percepatan 4,0 m/s2. 
    a. Berapa gaya yang diharapkan untuk memperlihatkan benda yang sama percepatan 1,0 m/s2?
    b. Berapa gaya yang diharapkan untuk memperlihatkan percepatan 6,0 m/s2?

6. Sebuah gaya 15 N dipakai untuk menggerakkan sebuah kotak bermassa 20 kg sepanjang tanah. Jika ada gaya ukiran 15 N gerak bekerja pada benda itu, hitung:
    a. Resultan gaya pada benda
    b. Percepatan benda

7. Sebuah lori dengan massa 1200 kg sedang bergerak pada kelajuan 15 m/s. tiba-tiba kendaraan beroda empat itu menabrak suatu dinding pejal sehingga berhenti dalam waktu 0,4 s. hitung gaya rata-rata yang dikerjakan dinding pada lori?

8. Sebuah lempengan beton berukuran 1,0 m x 0,5 m x 0,1 m mempunyai massa jenis 2400 kg/m3. Tentukan:
   a. Massa lempengan beton
   b. Berat lempengan beton



9. Tentukan berat dari 4 L bensin (massa jenis 750 kg/m3). 

10. Jika sebuah buku mempunyai massa 1,2 kg, berapa berat buku itu:
   a. Pada permukaan bumi
   b. Pada permukaan bulan
Note: Ambil percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan percepatan gravitasi bulan 1/6 percepatan gravitasi bumi. 

11. Jika berat Yenni di bumi 550 N, berapakah berat Yenni pada planet Jupiter, yang mempunyai percepatan gravitasi 26 m/s2?

12. Sebuah roket mempunyai massa 600 kg. 
    a. Berapa berat roket di bumi?
    b. Pada dikala terangkat, mesin roket mengerjakan gaya keatas 14.000 N. Berapa resultan gaya pada roket? Berapa percepatan awal roket?

13. Pada suatu permukaan mendatar, suatu benda bermassa 5 kg bergerak dengan kecepatan tetap 3 m/s ketika gaya 5 N dikerjakan pada benda. Berapakah percepatannya ketika gaya diperbesar menjadi 14 N?

14. Sebuah sepeda dan pengendaranya mempunyai massa 80 kg. kalau kelajuan sepeda 6,0 m/s, berapa besar gaya yang diharapkan untuk menghentikannya dalam 5,0 s?

15. Sebuah kendaraan beroda empat bermassa 600 kg dipercepat oleh mesinnya dari keadaan membisu hingga mencapai 50 m/s dalam waktu 20 s. kalau semua ukiran diabaikan, berapa besar gaya mesin yang menghasilkan percepatan ini?

Penutup

Demikian artikel aku mengenai Soal Essay Latihan Hukum Newton. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya. Jangan lupa baca dan kerjakan soal latihan lainnya semoga semakin terasah kemampuan fisikanya. Jika teman menemukan ada soal yang salah, silahkan komen di bawah. terimakasih