Cara Cepat Pintar Berhitung untuk Anak
4/ 5 stars - "Cara Cepat Pintar Berhitung untuk Anak" Mengajarkan cara berhitung cepat untuk anak, apakah penting? Jika hanya sekedar mampu berhitung cepat dengan suatu pola yang dihapal tanpa...

Cara Cepat Pintar Berhitung untuk Anak



Mengajarkan cara berhitung cepat untuk anak, apakah penting? Jika hanya sekedar mampu berhitung cepat dengan suatu pola yang dihapal tanpa memahami mengapa trik berhitung tersebut didapatkan. Kita harus mengajarkan kepada anak bagaimana proses berhitung matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan fokus pada pemahaman konsep berhitung, kemudian memberi trik berhitung cepat sebagai hadiah.

Ada banyak trik berhitung cepat, sampai yang paling cepat adalah menggunakan kalkulator. Itu lebih bermanfaat ketika digunakan dalam melakukan perhitungan dengan angka yang relatif besar. Tetapi, jika hanya sekedar mencari 12+13 maka lebih tepat menggunakan kemampuan otak untuk berhitung.

Jika Anda mencari trik berhitung cepat, misalnya dengan jari, maka ini bagus untuk anak-anak usia dini. Tetapi, tidak akan cocok lagi untuk yang telah memasuki usia remaja. Oleh karena itu, tidak ada metode berhitung cepat yang bisa digunakan pada setiap keadaan.

 Mengajarkan cara berhitung cepat untuk anak Cara Cepat Pintar Berhitung untuk Anak

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, ada banyak trik perkalian cepat, seperti trik perkalian dengan angka 5, dengan angka 11, dengan angka 9, perkalian dua digit $ba×ca$ dengan syarat b+a=10, dan trik lainnya. Tapi, pada kesempatan ini, saya ingin memberikan sebuah trik, Trik Perkalian: Kali Ditambah Kali yang sering saya gunakan. 

Keunggulan dari trik yang satu ini adalah tanpa syarat, berhitung cepat dan tanpa istilah menyimpan. Saya tertarik dengan trik berhitung yang satu ini karena tidak mengharuskan syarat penggunaan dan bebas bilangan apa saja, serta bisa dikembangkan dari 2 digit dan 3 digit. 

Di sini, saya hanya akan membahas perkalian dua digit dengan dua digit. Perhatikan contoh berikut ini! 

Contoh: 13 × 24=...??? 

Penyelesaian: 
Kali_Tambah_Kali
= (1.2)_(1.4+3.2)_(3.4) 
= (2)_(10)_(12) 
= (2)_(11)_(2)
=  (3)_(1)_(2)
= 312
Jadi 13×24=312. 

Untuk lebih memahami bagaimana proses perhitungannya, diberikan ilustrasinya sebagai berikut. 
✔Kali angka 1 dengan 2 sehingga diperoleh: 
(1.2)_
✔Kali angka 1 dengan 4 dan angka 3 dengan 2 sehingga diperoleh:
(1.2)_(1.4+3.2)_
✔Terakhir, kali angka 3 dengan 4 sehingga diperoleh:
(1.2)_(1.4+3.2)_(3.4)
= (2)_(4+6)_(12)
= (2)_(10)_(12)
= (2)_(10+1)_(2)
= (2)_(11)_(2)
= (2+1)_(1)_(2)
= (3)_(1)_(2)
= 312

Perhatikan di atas, kita menggeser angka dari kanan ke kiri sesuai dengan tempat  angka yang seharusnya, yaitu angka puluhan berada di sebelah kiri angka satuan, angka ratusan berada di sebelah kiri angka puluhan, dst.  sehingga jika terdapat angka yang letaknya tidak sesuai, kita geser ke kiri dari kanan. 

Saya telah menulis secara lengkap cara berhitung ini di dalam ebook Metode Berhitung Alif: Ajarkan Anak Berhitung tanpa Meminta, dimana tidak digunakan metode pinjam meminjam dengan cara yang salah, dimana pembahasannya tidak hanya pada operasi perkalian, tetapi juga pada semua operasi dasar matematika dan di berbagai basis bilangan bulat. Bukan hanya pada basis desimal, tetapi juga pada basis biner, atau basis non-desimal lainnya.

Sumber https://www.matematikakubisa.biz.id/