Latihan soal tematik kelas 6 SD MI tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Subtema 2 (Rukun dalam Perbedaan) Kurikulum 2013 revisi 2018 beserta kunci jawaban/ pembahasan soal. Pada kesempatan kali ini, sesuai dengan judul artikel, kami akan membagikan salah satu koleksi skaol yang kami miliki, yaitu soal kelas 6 SD MI.
Seperti yang kita ketahui, bahwa Kurikulum 2013 menawarkan perubahan metode mencar ilmu di SD MI, khususnya dalam pembagian materi pembelajaran. Tidak menyerupai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013 menawarkan konsep pembelajaran Tematik.
Anda tidak perlu khawatir wacana latihan soal ini, alasannya yakni kami sudah menyediakan kunci jawaban/ pembahasan soal. Silahkan saja lihat pada final artikel, maka anda akan menemukannya. Meskipun begitu, kami tetap menyarankan kepada anda supaya mencoba menjawab pertanyaan seputar tema 2 kelas 6 ini.
LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan pada final artikel jikalau anda ingin mendownload soal tematik kurikulum 2013 revisi 2018 ini. Silahkan klik saja tombolnya, maka anda akan diarahkan menuju halaman download soal.
Dengan cukup lengkapnya latihan soal ini, kami sangat berharap biar artikel ini sanggup dipakai sebagai materi penyusunan soal Ulangan Harian, UTS, hingga UAS kelas 6 SD MI. Oya, jikalau anda menjumpai ada kunci balasan soal tematik wacana rukun dalam perbedaan ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar. Akan kami revisi secepatnya.
1. Utami yakni anak yang ada di Kampung Cempaka yang berasal dari …
A. Semarang
B. Banyuwani
C. Jawa Barat
D. Jawa Tengah
2. Warga Kampung Cempaka terdiri dari …
A. beberapa suku yang berbeda
B. satu suku saja
C. penduduk orisinil saja
D. etnis local
3. Anak Kampung Cempaka yang berasal dari etnis Tionghoa yakni …
A. Wande
B. Utami
C. Asnah
D. Toni
4. Warga Kampung Cempaka berkumpul setiap final ahad di …
A. balai utama kampung
B. mesjid
C. kantor desa
D. lapangan desa
5. Nilai moral yang sanggup kita ambil dalam kisah di atas yakni …
A. transmigrasi itu menyenangkan
B. persatuan sesama etnis
C. persatuan dalam perbedaan
D. saling memberi makanan
6. Buah nangka muda melindungi diri dari gangguan dengan cara …
A. mengeluarkan getah
B. memiliki duri beracun
C. menghasilkan gas beracun
D. mengakibatkan bacin tidak enak
7. Bambu melindungi dirinya memakai …
A. duri
B. getah
C. rambut halus
D. daun beracun
8. Bentuk dukungan diri berupa getah terdapat pada batang tumbuhan, yaitu untuk …
A. menjaga keseimbangan
B. memudahkan terjadinya penguapan
C. menghindari kekeringan
D. mengapung di air
9. Jika ada sobat yang berbeda agama sedang beribadah, maka perilaku yang kau lakukan yakni …
A. mengganggunya
B. menghargainya
C. mengikutinya
D. mencemoohnya
10. Ide-ide dasar yang dicita-citakan disebut …
A. demokrasi
B. idiom
C. ideologi
D. proklamasi
11. Pahlawan yang berasal dari kawasan Jawa Tengah yakni …
A. Sultan Hasanudin
B. Pangeran Diponegoro
C. Imam Bonjol
D. Cut Nyak Dien
12. Kedua ruas garis saling tegak lurus dan bertemu pada pangkalnya membentuk sudut …
A. lancip
B. tumpul
C. siku-siku
D. vertical
13. Sudut yang besarnya kurang dari 90 disebut sudut …
A. lancip
B. vertikal
C. siku-siku
D. tumpul
14. Sudut yang besarnya lebih dari 90° disebut sudut …
A. lancip
B. vertikal
C. siku-siku
D. tumpul
15. Sudut siku-siku sanggup kita jumpai dalam benda-benda berikut ini, kecuali …
A. lemari baju
B. meja belajar
C. kulkas
D. panci
16. Kemerdekaan Indonesia diraih atas … seluruh rakyat Indonesia.
A. pengakuan
B. pengesahan
C. perjuangan
D. keteguhan
17. Berjuang gotong royong mengusir penjajah sesuai dengan makna Pancasila sila ke …
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
18. Proklamasi kemerdekaan dibacakan pada …
A. 17 agustus 1945
B. 18 agustus 1945
C. 19 agustus 1945
D. 16 agustus 1945
19. Jika tidak ada … antara hero dan seluruh rakyat Indonesia, maka kemerdekaan akan susah diraih.
A. pengakuan
B. kerja sama
C. keteguhan
D. pengalaman
20. Ide-ide dasar yang dicita-citakan disebut …
A. demokrasi
B. idiom
C. ideologi
D. proklamasi
21. Pahlawan yang berasal dari kawasan Jawa Barat yakni …
A. Sultan Hasanudin
B. Zainal Mustafa
C. Imam Bonjol
D. Cut Nyak Dien
22. Kemerdekaan Indonesia terwujud alasannya yakni … Rakyat Indonesia
A. persatuan
B. perpecahan
C. perbedaan
D. pangkhianatan
23. Sebagai penghargaan para pahlawan, seorang siswa sanggup mengisi kemerdekan dengan cara …
A. latihan berperang
B. membeli baju TNI
C. menghafal lagu pahlawan
D. mencar ilmu dengan baik
24. Sudut dibagi menjadi tiga yaitu sudut ….
A. Tumpul, lancip dan siku-siku
B. Siku-siku, lancip dan kotak
C. Tumpul, bulat dan lancip
D. Siku-siku, tumpul dan lurus
25. Pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke ....
A. Rumah laksamana Maeda
B. Rengasdengklok
C. Istana merdeka
D. Jalan Pegangsaaan Timur No. 56
2. Bersatu kita teguh, bercerai kita …
3. Ciri-ciri khusus pada flora merupakan bentuk … terhadap lingkungannya.
4. Bunga mawar melindungi dirinya dengan tumbuh … pada batangnya.
5. Belanda menerapkan politik untuk memecah belah masyarakat …
6. Formasi barisan di samping membentuk sudut …
7. Besar Sudut siku-siku yakni ... derajat.
8. Penjajah menerapkan politik memecah-belah untuk ... rakyat Indonesia.
9. Lambang sila ke-3 adalah?
10. Bendera merah putih yang dikibarkan pada ketika pembacaan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dijahit oleh …
2. Sebutkan 3 flora yang melindungi batangnya dengan duri!
3. Sebutkan faktor yang menghipnotis terbentuknya Negara kesatuan RI!
4. Gambarlah sudut lancip, tumpul dan siku-siku!
5. Berikan pola benda di sekitarmu yang berbentuk sudut siku-siku!
6. Sebutkan pola perilaku yang kau lakukan untuk menghargai usaha para pahlawan!
1. Meskipun
2. Runtuh
3. Adaptasi
4. Duri
5. Adu domba
6. Lancip
7. 90
8. Memecah belah
9. Pohon Beringin
10. Fatmawati
Jawaban Soal Uraian
1. Contoh : nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang maha esa”. Nilai-nilai tersebut antara lain takwa terhadap dewa yang maha esa, toleransi, penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain, dan kerukunan antar umat beragama (kebijakan masing-masing penilai)
2. Salak, mawar, putri malu
3. a) adanya keinginan Bersama untuk merdeka dan melepaskan diri dari belenggu penjajahan, b) adanya harapan Bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan sebagai suatu bangsa, c) adanya persamaan nasib, yaitu penderitaan Bersama di bawah penjajahan bangsa absurd selama kurang lebih 350 tahun, d) adanya kesatuan tempat tinggal, yaitu wilayah nusantara yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.
4. Gambar sudut
5. Meja belajar, lemari, kulkas
6. Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa Indonesia.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 B 6 A 11 B 16 C 21 B
2 A 7 C 12 C 17 D 22 A
3 D 8 B 13 A 18 A 23 D
4 A 9 B 14 D 19 B 24 A
5 C 10 C 15 D 20 C 25 B
Demikian latihan soal tematik kelas 6 tema 2 (persatuan dalam perbedaan) subtema 1 (rukun dalam perbedaan) kurikulum 2013 revisi 2018 beserta kunci jawaban. Semoga latihan soal ini minimal sanggup dipakai sebagai materi Ulangan Harian Kelas 6 Tema 2. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jikalau anda tertarik dan ingin menyimpan soal tematik SD MI di atas. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/
Seperti yang kita ketahui, bahwa Kurikulum 2013 menawarkan perubahan metode mencar ilmu di SD MI, khususnya dalam pembagian materi pembelajaran. Tidak menyerupai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013 menawarkan konsep pembelajaran Tematik.
Soal Tematik Kelas 6 Tema 2 Revisi 2018
Secara sederhana, pembelajaran tematik sanggup diartikan sebagai pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu atas suatu peristiwa. Beberapa mata pelajaran yang ada pada pembelajaran ini antara lain : Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, PPKn, dan IPS. Kami menyediakan 3 jenis soal terkait ranah pengetahuan, yang terdiri dari : Soal Pilihan Ganda/ Pilgan, Soal essay, dan Soal Uraian. Ada sekitar 40 soal yang siap anda gunakan sebagai materi rujukan terkait pengukuran aspek pengetahuan siswa wacana Tema 2 wacana Persatuan dalam Perbedaan.Anda tidak perlu khawatir wacana latihan soal ini, alasannya yakni kami sudah menyediakan kunci jawaban/ pembahasan soal. Silahkan saja lihat pada final artikel, maka anda akan menemukannya. Meskipun begitu, kami tetap menyarankan kepada anda supaya mencoba menjawab pertanyaan seputar tema 2 kelas 6 ini.
LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan pada final artikel jikalau anda ingin mendownload soal tematik kurikulum 2013 revisi 2018 ini. Silahkan klik saja tombolnya, maka anda akan diarahkan menuju halaman download soal.
Dengan cukup lengkapnya latihan soal ini, kami sangat berharap biar artikel ini sanggup dipakai sebagai materi penyusunan soal Ulangan Harian, UTS, hingga UAS kelas 6 SD MI. Oya, jikalau anda menjumpai ada kunci balasan soal tematik wacana rukun dalam perbedaan ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar. Akan kami revisi secepatnya.
Soal Pilihan Ganda Kelas 6 Tema 2 Subtema dan Kunci Jawaban
Perbedaan Yang Menguatkan
Kampung Cempaka yakni sebuah kampung transmigran. Warga kampung tersebut berasal dari banyak sekali kawasan padat di Pulau Jawa. Hal itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama. Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat, antara lain : Utami dari Banyuwangi, Asnah yang berdarah Sunda, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo, dan Toni seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang. Rumah mereka berlima bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itulah yang menjadikan salah satu alasan mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.
Walaupun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Mereka setiap final ahad berkumpul bersama bawah umur lain di Kampung Cempaka di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melaksanakan apa saja yang diperlukan warga. Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekedar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang bau tanah yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.
Dari Toni, mereka mencar ilmu menari Barongsai. Kemudian mereka ajarkan tarian itu kepada bawah umur sekampung. Ketika datang waktu panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga menciptakan Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari kawasan Tengger yang dibentuk untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.
Sikap toleransi yang diperlihatkan kelima teman itu, memang sekadar berupa hal-hal kecil. Akan tetapi, hal-hal kecil tersebut itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup tenang berdampingan dan lapang dada saling menjaga.
1. Utami yakni anak yang ada di Kampung Cempaka yang berasal dari …
A. Semarang
B. Banyuwani
C. Jawa Barat
D. Jawa Tengah
2. Warga Kampung Cempaka terdiri dari …
A. beberapa suku yang berbeda
B. satu suku saja
C. penduduk orisinil saja
D. etnis local
3. Anak Kampung Cempaka yang berasal dari etnis Tionghoa yakni …
A. Wande
B. Utami
C. Asnah
D. Toni
4. Warga Kampung Cempaka berkumpul setiap final ahad di …
A. balai utama kampung
B. mesjid
C. kantor desa
D. lapangan desa
5. Nilai moral yang sanggup kita ambil dalam kisah di atas yakni …
A. transmigrasi itu menyenangkan
B. persatuan sesama etnis
C. persatuan dalam perbedaan
D. saling memberi makanan
6. Buah nangka muda melindungi diri dari gangguan dengan cara …
A. mengeluarkan getah
B. memiliki duri beracun
C. menghasilkan gas beracun
D. mengakibatkan bacin tidak enak
7. Bambu melindungi dirinya memakai …
A. duri
B. getah
C. rambut halus
D. daun beracun
8. Bentuk dukungan diri berupa getah terdapat pada batang tumbuhan, yaitu untuk …
A. menjaga keseimbangan
B. memudahkan terjadinya penguapan
C. menghindari kekeringan
D. mengapung di air
9. Jika ada sobat yang berbeda agama sedang beribadah, maka perilaku yang kau lakukan yakni …
A. mengganggunya
B. menghargainya
C. mengikutinya
D. mencemoohnya
10. Ide-ide dasar yang dicita-citakan disebut …
A. demokrasi
B. idiom
C. ideologi
D. proklamasi
11. Pahlawan yang berasal dari kawasan Jawa Tengah yakni …
A. Sultan Hasanudin
B. Pangeran Diponegoro
C. Imam Bonjol
D. Cut Nyak Dien
12. Kedua ruas garis saling tegak lurus dan bertemu pada pangkalnya membentuk sudut …
A. lancip
B. tumpul
C. siku-siku
D. vertical
13. Sudut yang besarnya kurang dari 90 disebut sudut …
A. lancip
B. vertikal
C. siku-siku
D. tumpul
14. Sudut yang besarnya lebih dari 90° disebut sudut …
A. lancip
B. vertikal
C. siku-siku
D. tumpul
15. Sudut siku-siku sanggup kita jumpai dalam benda-benda berikut ini, kecuali …
A. lemari baju
B. meja belajar
C. kulkas
D. panci
16. Kemerdekaan Indonesia diraih atas … seluruh rakyat Indonesia.
A. pengakuan
B. pengesahan
C. perjuangan
D. keteguhan
17. Berjuang gotong royong mengusir penjajah sesuai dengan makna Pancasila sila ke …
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
18. Proklamasi kemerdekaan dibacakan pada …
A. 17 agustus 1945
B. 18 agustus 1945
C. 19 agustus 1945
D. 16 agustus 1945
19. Jika tidak ada … antara hero dan seluruh rakyat Indonesia, maka kemerdekaan akan susah diraih.
A. pengakuan
B. kerja sama
C. keteguhan
D. pengalaman
20. Ide-ide dasar yang dicita-citakan disebut …
A. demokrasi
B. idiom
C. ideologi
D. proklamasi
21. Pahlawan yang berasal dari kawasan Jawa Barat yakni …
A. Sultan Hasanudin
B. Zainal Mustafa
C. Imam Bonjol
D. Cut Nyak Dien
22. Kemerdekaan Indonesia terwujud alasannya yakni … Rakyat Indonesia
A. persatuan
B. perpecahan
C. perbedaan
D. pangkhianatan
23. Sebagai penghargaan para pahlawan, seorang siswa sanggup mengisi kemerdekan dengan cara …
A. latihan berperang
B. membeli baju TNI
C. menghafal lagu pahlawan
D. mencar ilmu dengan baik
24. Sudut dibagi menjadi tiga yaitu sudut ….
A. Tumpul, lancip dan siku-siku
B. Siku-siku, lancip dan kotak
C. Tumpul, bulat dan lancip
D. Siku-siku, tumpul dan lurus
25. Pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke ....
A. Rumah laksamana Maeda
B. Rengasdengklok
C. Istana merdeka
D. Jalan Pegangsaaan Timur No. 56
Soal Essay Tema 2 Kelas 6 (Rukun dalam Perbedaan)
1. …. berbeda suku, Ari dan Toni merupaka teman karib.2. Bersatu kita teguh, bercerai kita …
3. Ciri-ciri khusus pada flora merupakan bentuk … terhadap lingkungannya.
4. Bunga mawar melindungi dirinya dengan tumbuh … pada batangnya.
5. Belanda menerapkan politik untuk memecah belah masyarakat …
6. Formasi barisan di samping membentuk sudut …
7. Besar Sudut siku-siku yakni ... derajat.
8. Penjajah menerapkan politik memecah-belah untuk ... rakyat Indonesia.
9. Lambang sila ke-3 adalah?
10. Bendera merah putih yang dikibarkan pada ketika pembacaan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dijahit oleh …
Soal Uraian Kelas 6 Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
1. Tulis sebuah paragraf yang menceritakan kerukunan dalam perbedaan!2. Sebutkan 3 flora yang melindungi batangnya dengan duri!
3. Sebutkan faktor yang menghipnotis terbentuknya Negara kesatuan RI!
4. Gambarlah sudut lancip, tumpul dan siku-siku!
5. Berikan pola benda di sekitarmu yang berbentuk sudut siku-siku!
6. Sebutkan pola perilaku yang kau lakukan untuk menghargai usaha para pahlawan!
Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 6 (Rukun dalam Perbedaan)
Jawaban Soal Essay1. Meskipun
2. Runtuh
3. Adaptasi
4. Duri
5. Adu domba
6. Lancip
7. 90
8. Memecah belah
9. Pohon Beringin
10. Fatmawati
Jawaban Soal Uraian
1. Contoh : nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang maha esa”. Nilai-nilai tersebut antara lain takwa terhadap dewa yang maha esa, toleransi, penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain, dan kerukunan antar umat beragama (kebijakan masing-masing penilai)
2. Salak, mawar, putri malu
3. a) adanya keinginan Bersama untuk merdeka dan melepaskan diri dari belenggu penjajahan, b) adanya harapan Bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan sebagai suatu bangsa, c) adanya persamaan nasib, yaitu penderitaan Bersama di bawah penjajahan bangsa absurd selama kurang lebih 350 tahun, d) adanya kesatuan tempat tinggal, yaitu wilayah nusantara yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.
4. Gambar sudut
5. Meja belajar, lemari, kulkas
6. Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa Indonesia.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 B 6 A 11 B 16 C 21 B
2 A 7 C 12 C 17 D 22 A
3 D 8 B 13 A 18 A 23 D
4 A 9 B 14 D 19 B 24 A
5 C 10 C 15 D 20 C 25 B
Demikian latihan soal tematik kelas 6 tema 2 (persatuan dalam perbedaan) subtema 1 (rukun dalam perbedaan) kurikulum 2013 revisi 2018 beserta kunci jawaban. Semoga latihan soal ini minimal sanggup dipakai sebagai materi Ulangan Harian Kelas 6 Tema 2. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jikalau anda tertarik dan ingin menyimpan soal tematik SD MI di atas. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/