Download Soal Pts/Uts Ipa Kelas 9 Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013
4/ 5 stars - "Download Soal Pts/Uts Ipa Kelas 9 Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013" Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 – Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 aka...

Download Soal Pts/Uts Ipa Kelas 9 Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013



 akan admin bagikan pada final postingan Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013


Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 – Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 akan admin bagikan pada final postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal Perguruan Tinggi Swasta untuk dijadikan materi ujian pada anak didiknya, terutama pada ketika akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester untuk Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal Perguruan Tinggi Swasta Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh alasannya yaitu itu sengaja admin menyebarkan Soal Perguruan Tinggi Swasta dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, baiklah pribadi saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit klarifikasi berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melaksanakan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melaksanakan penilaian hasil pembelajaran sebagai perjuangan terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Salah satu bentuk penilaian tersebut ialah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau sering disebut juga Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester yaitu salah satu bentuk penilaian mencar ilmu yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester dalam hal ini semester 2 (dua).


Penilaian Tengah Semester menjadi salah satu penilaian hasil mencar ilmu selain bentuk penilaian lainnya, menyerupai Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.


Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)

Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik selama setengah semester dan kesudahannya dijadikan sebagai salah satu materi penyusunan laporan kemajuan belajar.


Tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) secara khusus ialah sebagai berikut ini :

Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
Mengetahui kemajuan dan hasil mencar ilmu penerima didik selama setengah semester.
Mendiagnosa kesulitan mencar ilmu penerima didik.
Memotivasi penerima didik dalam melaksanakan perbaikan hasil belajar.
Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan penerima didik.


Fungsi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS).

Sebagai salah satu materi pertimbangan dalam memilih kenaikan kelas.
Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didik.
Sebagai penilaian diri terhadap kinerja penerima didik.


Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013

Berikut ini admin bagikan soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs semester 2 Kurikulum 2013. Latihan soal PTS/UTS IPA ini untuk membantu mencar ilmu penerima didik Kelas 9 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) 2 (dua).


Materi soal Penilaian Tengah Semester IPA ini diambilkan dari setengah materi IPA Kelas 9 SMP/MTs semester 2. Soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 (empat) opsi tanggapan dengan rincian pilihan tanggapan A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 30 soal.

Berikut admin tulis soal no 1 – 15 sebagai teladan saja, dan untuk selengkapnya silahkan download file nya pada final postingan ini :

A. Berilah tanda (x) pada abjad A, B, C atau D pada tanggapan yang paling tepat!

1. Produk berikut yang dibentuk dengan pertolongan basil yaitu ....
  • A. yogurt
  • B. tahu
  • C. sabun
  • D. minyak goreng


2. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi yaitu ....
  • A. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
  • B. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
  • C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
  • D. pemanfaatan basil untuk membuat asam cuka


3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar....
  • A. khamir melaksanakan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
  • B. khamir melaksanakan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
  • C. khamir melaksanakan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
  • D. khamir melaksanakan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen


4. Pemyataan berikut yang sesuai dengan dampak konkret pemanfaatan bioteknologi dalam bidang pangan yaitu ....
  • A. bioremediasi merupakan pemanfaatan mikrobia dalam penanggulangan tumpahan minyak di perairan
  • B. limbah kedelai tempe sangat baik dibuang di sungai untuk masakan biota air
  • C. rekayasa genetik pada tanaman tebu dengan memanfaatkan basil Escherecia coli menghasilkan tanaman tebu tahan lahan kering
  • D. ditemukannya basil Thiobacillus ferrooxidans membantu pemisahan logam besi dari timbal sulfat


5. Pembuatan tempe merupakan teladan bioteknologi konvensional. Tempe dibentuk melalui fermentasi kedelai dengan mengunakan pertolongan jamur Rhizopus sp. Manfaat yang didapat dari penerapan bioteknologi tersebut yaitu ….
  • A. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • B. meningkatkan nilai gizi dari masakan tersebut
  • C. memanfaatkan jumlah kedelai yang berlebihan
  • D. mengubah bentuk materi masakan tersebut


6. Pemanfaatan mikroorganisme Acetobacter xylinum dalam proses pembuatan sari kelapa berfungsi untuk ....
  • A.   mengubah zat gula menjadi selulosa
  • B.   mengubah karbohidrat menjadi glukosa
  • C.   mengubah gula menjadi glukosa
  • D.   mengubah gula menjadi asam asetat


7. Mikroorganisme berikut yang menghasilkan antibiotik yaitu ...
  • A. Lactobacillus bulgaricus
  • B. Salmonella typhosa
  • C. Ascaris lumbricoides
  • D. Penicillin notatum


8. Berikut ini ciri-ciri bioteknogi modern, kecuali ...
  • A. penggunaan teknologi plasmid
  • B. memanfaatkan enzim
  • C. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
  • D. belum mengenal pemanfaatan enzim


9. Reaksi kimia yang terjadi pada kejadian fermentasi, menyerupai pada pembuatan tape yaitu ....
  • A. glukosa + O2 --> CO2 + H2O + energi
  • B. glukosa + O2 --> CO2 + alkohol + energi
  • C. glukosa --> CO2 + alkohol + energi
  • D. glukosa --> CO2 + H2O + energi


10. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang sanggup memenuhi kebutuhan materi pangan dengan kualitas yang tinggi.
Upaya yang sanggup dikembangkan untuk menuntaskan permasalahan tersebut yaitu ....
  • A. pengembangan teknik fermentasi makanan
  • B. pengembangan protein sel tunggal
  • C. pengembangan binatang transgenik
  • D. pengembangan kloning


11. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia.
Berikut ini yang bukan dampak jelek dari bioteknologi yaitu ....
  • A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
  • B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
  • C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan bila dikonsumsi
  • D. membuat hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi


12. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen basil yaitu salah satu teladan aplikasi bioteknologi yang disebut ....
  • A. rekayasa genetika
  • B. kloning
  • C. transplantasi
  • D. mutasi


13. Minuman yoghurt yang terbuat dari air susu sanggup mengobati lambung dan usus yang terluka, proses pembuatan yoghurt tersebut alasannya yaitu hasil kerja dari ....
  • A. Rizhopus oryzae
  • B. Streptococcus thermophilus
  • C. Neurospora sitophila
  • D. Aspergillus wentii


14. Perhatikan data spesies berikut!
K.  Chlorella sp.
L.  Candida utilia
M. Spirulina sp.
N. Sargassum sp
O. Rhizobium sp
Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ....
  • A. K, L, M
  • B. K, M, O
  • C. L, N, O
  • D. M, N, O


15. Arah garis gaya magnet bumi yaitu ....
  • A.  dari kutub utara bumi berakhir di kutub selatan bumi
  • B.  dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi
  • C.  dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara bumi
  • D.  dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara magnet bumi


Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 (DISINI)

Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada teladan soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah acuan dari admin untuk yang membutuhkannya.


Demikian yang sanggup admin sampaikan mengenai Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013, Semoga bermanfaat . . .*)

Sumber https://adeagoess.blogspot.com/