Soal Ulangan Fisika Smp Belahan Listrik Statis Kelas 9 Smp
4/ 5 stars - "Soal Ulangan Fisika Smp Belahan Listrik Statis Kelas 9 Smp" Soal ulangan fisika penggalan listrik statis kelas 9 -  Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika. Selamat tiba kembali ke situs saya. K...

Soal Ulangan Fisika Smp Belahan Listrik Statis Kelas 9 Smp



Soal ulangan fisika penggalan listrik statis kelas 9 - Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika. Selamat tiba kembali ke situs saya. Kembali lagi bersama aku untuk berlatih soal fisika dan  cara mencar ilmu materi-materi fisika di SMP. Saya juga membagikan latihan soal listrik dinamis. Silahkah cek disini [soal listrik dinamis]

Soal ulangan fisika penggalan listrik statis kelas  SOAL ULANGAN FISIKA Sekolah Menengah Pertama BAB LISTRIK STATIS KELAS 9 SMP

Khusus untuk postingan ini aku menciptakan artikel latihan soal listrik statis yang biasa anda pelajari di kelas 9 SMP. Materi listrik statis dan listrik dinamis juga akan anda pelajari di jenjang Sekolah Menengan Atas ya. Makara silahkan berlatih soal-soal fisika Sekolah Menengah Pertama yang aku sajikan dalam postingan ini semoga nanti ketika Sekolah Menengan Atas sudah lancar dan menguasai sepenuhnya.

Latihan Soal Listrik Statis Kelas 9 SMP

Agar anda dapat memahami isi soal ulangan lisrik statis dan bagaimana cara mengerjakan soal IPA tersebut. Coba anda pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal ulangan kemudian mulailah mengerjakan tahap demi tahap.

A. Petunjuk Pengerjaan Soal

1. Soal Terdiri dari 17 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh tanggapan yang berdasarkan anda paling sempurna dan benar
4. Apabila ada soal atau goresan pena yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan tanggapan anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 60 menit
7. Teliti dan periksa kembali tanggapan anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas
8. kumpulkan lembar tanggapan beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas

B. Soal Essay Listrik Statis

1.   Dua buah muatan listrik sejenis masing-masing besarnya 1,28 C dan 144 stc berada diudara pada jarak 96 cm. Hitung besar gaya tolak kedua muatan tersebut! ( dalam MKS)

2.   Dua buah muatan listrik sejenis berada diudara pada jarak 2,7 m, saling tarik menarik dengan gaya 3 N. Jika besar salah satu muatan itu 3,15 x 105 stc, maka berapa stc besar muatan yang lain?

3.  Dua buah muatan listrik sejenis berada diudara pada jarak 1,8 m, saling tolak menolak dengan gaya 1,75 N. Jika besar salah satu muatan itu 3,15 x 105 stc, maka berapa stc besar muatan yang lain?

3.    Muatan listrik masing-masing besarnya 2,10 x 10-4 C dan 750 mC berada diudara saling tarik menarik gaya 3,15 x 107 dyne. Hitung jarak kedua muatan tersebut!

4.  Muatan listrik masing-masing besarnya 1,05 x 10-4 C dan 750 mC berada diudara saling menolak dengan gaya 3,15 x 107 dyne. Hitung jarak kedua muatan tersebut!

5.   Dua buah muatan listrik berada diudara pada jarak 4,8 m saling menolak dengan gaya 6,75 x 109 N. Jika besar muatan listrik kedua 12 kali muatan listrik pertama, maka hitung besar masing-masing muatan tersebut!

6. Dua buah muatan listrik berada diudara pada jarak 6,0 m saling tarik menarik dengan  gaya 9,0 x 109 N. Jika besar muatan listrik kedua 9 kali muatan listrik pertama, maka hitung besar masing-masing muatan tersebut!
  
7.    Dua buah muatan listrik diudara berada pada jarak 75 cm dan saling menolak dengan gaya 392 N. Jika jarak kedua muatan listrik tersebut diubah menjadi 1,05 m, maka hitung besar gaya tolak menolak kedua muatan itu sekarang!

8.  Tentukan besar dan arah besar lengan berkuasa medan listrik di titik M yang berjarak 45 cm terhadap muatan listrik Q yang berada diudara dan besar muatan listrik Q yaitu 1,08 mC!

9. Tentukan besar dan arah besar lengan berkuasa medan listrik di titik M yang berjarak 90 cm terhadap muatan listrik Q yang berada diudara dan besar muatan listrik Q yaitu 1,5 mC!

10.  Kuat medan listrik di titik M terhadap muatan listrik P yaitu 7,2 x 107 N/C. Jika jarak titik M muatan listrik P 2,5 m, maka tentukan besar muatan dan jenis muatan listrik tersebut!  

11.   Dua buah muatan listrik sejenis masing-masing besarnya 1,44 C dan 162 stc berada di udara pada jarak 1,08 m Hitung besar gaya tolak kedua muatan tersebut ! (dalam MKS)

12.  Dua buah muatan listrik sejenis berada diudara pada jarak 3,6 m, saling tolak menolak dengan gaya 2,45 N. Jika besar salah satu muatan itu 2,45 N. Jika besar salah satu muatan itu 2,52 x 105 stc, maka berapa stc besara muatan yang lain?

13.  Muatan listrik masing-masing besarnya 1,12 x 10-4 C dan 480 mC berada diudara saling menolak dengan gaya 8,4 x 106 dyne. Hitung jarak kedua muatan tersebut!

14.  Dua buah muatan listrik berada pada jarak 4,5 m saling menolak dengan gaya 4,48 x 109 N. Jika besar muatan listrik kedua 7 kali muatan listrik pertama, maka hitung besar masing-masing muatan tersebut!

15.  Dua buah muatan listrik diudara berada pada jarak 72 cm dan saling menolak dengan gaya 405 N. Jika jarak kedua muatan listrik tersebut diubah menjadi 1,08 m, maka hitung besar gaya tolak menolak kedua muatan itu sekarang!

16. Tentukan besar dan arah besar lengan berkuasa medan listrik di titik K yang berjarak 125 cm terhadap muatan listrik Q yang berada di udara, dan besar muatan listrik listrik Q yaitu 3,75 mC!

17.  Kuat medan listrik di titik M terhadap muatan listrik P yaitu 2,5 x 107 N/C. Jika jarak M  terhadap muatan listrik P 2,4 m, maka tentukan besar muatan dan jenis muatan listrik tersebut!

C. Penutup

Sekian artikel soal listrik statis kelas 9, mudah-mudahan artikel listrik statis memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal IPA kelas 9 lainnya. 
Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke teman-teman anda. Jika anda mempunyai sudut pandang lain mengenai artikel di atas silahkan komentar di bawah dan mari kita diskusikan dengan baik.