3 Potensi Energi Kelautan Indonesia
4/ 5 stars - "3 Potensi Energi Kelautan Indonesia" Indonesia yaitu negara kepulauan yang disatukan oleh laut-laut sempit. Laut-laut tersebut mempunyai potensi sumber daya kelautan yang sanga...

3 Potensi Energi Kelautan Indonesia



Indonesia yaitu negara kepulauan yang disatukan oleh laut-laut sempit. Laut-laut tersebut mempunyai potensi sumber daya kelautan yang sangat masif. Laut-laut Indonesia tersebut dipengaruhi oleh kondisi lautan besar yang ada disekitarnya yaitu Pasifik dan Hindia. Dari mulai perairan dangkal sampai dalam tersimpan jutaan harta karun baik itu biota, energi dan materi galian yang penting bagi kemakmuran bangsa. Hampir 75% wilayah Indonesia yaitu lautan sehingga bangsa kita yaitu bangsa maritim.

Kondisi maritim Indonesia dipengaruhi juga oleh keadaan pasang surut yang merupakan hasil gaya gravitasi bulan dengan imbas rotasi bumi. Ada empat jenis tipe pasang surut yaitu:
1. Pasang surut haruan tunggal atau diurnal tide yaitu satu kali pasang dan satu kali surut dalam satu hari. Periode pasang surut rata-rata 24 jam 50 menit.
2. Tipe pasang surut harian ganda atau semi diurnal tide yaitu dua kali pasang dan dua kali surut dalam satu hari dengan tinggi yang hampir sama. Pasang surut terjadi secara berurutan teratur dengan periode pasang surut rata-rata 12 jam 24 menit.
3. Tipe pasang surut adonan condong ke harian tunggal atau mixed tide prevailing diurnal yaitu satu kali pasang dan satu kali surut, namun ada kalanya terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dengan tinggi dan periode yang sangat berbeda.
4. Tipe pasang surut adonan condong ke ganda atau mixed tide prevailing semidiurnal yaitu dua kali air pasang dan dua kali air surut dalam satu hari, tetapi tinggi dan periodenya berbeda.
Indonesia yaitu negara kepulauan yang disatukan oleh maritim 3 Potensi Energi Kelautan Indonesia
Energi maritim potensial untuk banyak sekali kehidupan
Energi di bidang kelautan Indonesia sangat besar sekali dan mungkin terbesar di dunia. Ada 3 potensi energi kelautan Indonesia yang harus dikembangkan untuk kemashlahatan bangsa yaitu: 
1. Energi gelombang maritim yaitu energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang maritim menuju daratan dan sebaliknya. Wilayah selatan Indonesia dari Jawa sampai Nusa Tengggara punya potensi energi gelombang cukup besar antara 10-20 kW per meter gelombang. Sementara, energi gelombang di beberapa titik di Indonesia dapat mencapai 70 kW/m. Pantai barat sumatera bab selatan dan pantai selatan pulau jawa bab barat juga berpotensi punya energi gelombang maritim sekitar 40 kW/m.
2. Energi pasang surut yaitu energi yang dihasilkan dari pergerakan air maritim alasannya yaitu perbedaan pasang surut. Beberapa kawasan punya potensi energi pasang surut antara lain Bagansiapiapi yang pasang surutnya dapat mencapai 7 m, Teluk Palu, Bima di Sumbawa, Kalimantan Barat, Papua dan pantai selatan Jawa pasang surutnya dapat mencapai 5 m.
3. Energi panas maritim yaitu energi yang dihasilkan dari perbedaan suhu permukaan hangat dengan air maritim dalam yang hambar tanpa menghasilkan gas rumah beling atau limbah lainnya. Potensi listrik dari panas maritim Indonesia dapat mencapai 240.000 megawatt. 
Gambar: disini