17+ Bab Serpihan Mata, Fungsi, Dan Gambar (Terlengkap)
4/ 5 stars - "17+ Bab Serpihan Mata, Fungsi, Dan Gambar (Terlengkap)" Bagian-bagian mata yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini terdiri dari 17 serpihan penting yang sanggup ditemukan pada mata manusia...

17+ Bab Serpihan Mata, Fungsi, Dan Gambar (Terlengkap)



Bagian-bagian mata yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini terdiri dari 17 serpihan penting yang sanggup ditemukan pada mata manusia. Sebagaimana yang kita ketahui, mata yaitu organ yang memegang peranan utama dalam sistem indera manusia, yaitu indera penglihatan. Benda-benda yang ada disekitar sanggup dilihat dengan terang sebab adanya mata. Tidak hanya itu, indahnya dunia yang berwarna-warni sanggup kita nikmati bersama atas proteksi mata sebab mata juga sanggup berfungsi untuk membedakan warna, terang atau gelap, dan masih banyak lagi fungsi dari mata. 

Mata dalam menjalankan fungsinya sebagai organ penglihatan merupakan hasil kerja sama dari 17 serpihan penting mata yang masing-masing serpihan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Tahukah Anda semua bagian-bagian itu? Nah, berikut ini kami berikan pembahasan lengkap perihal bagian-bagian mata dan fungsinya. Kami juga akan melengkapinya dengan gambar supaya Anda sanggup memahaminya dengan lebih jelas. 

17 Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Seperti yang bisa kita baca pada judul pembahasan kali ini, sekurang-kurangnya terdapat 17 serpihan pada mata yang memegang peranan penting dalam sistem penglihatan manusia. Bagian-bagian tersebut, yaitu kornea, iris, pupil, retina, lensa mata, bintik kuning, kemudahan otot, syaraf optik, bintik buta, aqueous humor, vitreous humor, sklera, kelopak mata, alis, bulu mata, dan kelenjar lakrima.

Fungsi Bagian-Bagian Mata

Nah, berikut ini klarifikasi dari masing-masing serpihan tersebut:

1. Kornea

Bagian pertama dari mata insan yaitu kornea atau korneos. Bagian ini terletak pada lapisan paling luar dari mata. Jika diperhatikan secara seksama, kornea yaitu selaput bening yang mempunyai sifat transparan (tembus pandang). Sel-sel peserta cahaya yang terletak di serpihan dalam mata sanggup mendapatkan cahaya dengan baik sebab struktur dari kornea ini yang mempunyai sifat tembus pandang. Kornea mempunyai dua fungsi utama, yaitu melindungi mata dari luar terhadap benda absurd dan untuk melaksanakan acara refraksi di lensa mata.

2. Pupil

Bagian kedua dari mata yaitu pupil. Pupil terdiri dari sebuah celah atau lubang kecil yang terdapat pada mata. Pupil mata berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata. Pupil ini bersifat fleksibel, yaitu bisa mengecil dan membesar. Pupil akan mengecil kalau cahaya yang tiba intensitasnya terlalu besar. Sedangkan ketika intensitas cahaya yang masuk ke mata redup maka pupil akan membesar. Jadi, pupil ini akan mengatur berapa cahaya yang diharapkan mata secara tepat.

3. Iris

Bagian mata yang ketiga yaitu iris. Bagian ini mempunyai kaitan erat dengan pupil sebab fungsinya untuk mengatur besar kecilnya pupil. Bagian ini pula yang bertanggung jawab untuk memperlihatkan warna pada mata. Misalnya, orang Eropa mempunyai mata yang berwarna biru atau hijau, orang Asia yang mempunyai mata yang berwarna hitam atau coklat, dan lain sebagainya.

4. Retina

Bagian mata yang keempat yaitu retina. Bagian ini terletak pada serpihan belakang bola mata yang terdiri dari lapisan tipis sel. Fungsi dari retina yaitu untuk menangkap dan mengubah bayangan yang terbentuk oleh lensa mata menjadi sinyal saraf untuk dikirimkan ke otak. Retina yaitu serpihan mata yang sangat peka cahaya sebagai jawaban dari terdapatnya 2 sel foto reseptor, yaitu cones dan rods.

5. Bintik Kuning

Bagian mata yang kelima yaitu bintik kuning. Bagian ini menjadi serpihan mata yang paling sensitif terhadap cahaya. Benda akan terlihat sangat terang kalau bayangannya sempurna jatuh pada serpihan ini. Sebaliknya, benda akan terlihat lamur kalau bayangannya tidak sempurna jatuh (sebelum atau sesudah) pada bintik kuning.

6. Bintik Buta

Bagian mata yang keenam yaitu bintik buta. Bagian ini disebut juga dengan blind spot. Berbeda dengan bintik kuning, serpihan ini tidak peka terhadap cahaya. Benda tidak akan terlihat oleh mata kalau bayangannya sempurna jatuh pada bintik buta.

7. Lensa Mata

Bagian mata yang ketujuh yaitu lensa mata. Bagian ini mempunyai fungsi untuk membentuk sebuah gambar dari benda. Gambar itulah yang kemudian diteruskan menuju retina. Lensa mata bersifat fleksibel, yaitu sanggup menebal dan menipis tergantung dari jarak benda yang dilihat oleh mata. Lensa mata akan menipis kalau jarak benda terlalu erat dengan mata. Sebaliknya, lensa mata akan menebal kalau benda terletak pada jarak yang jauh dari mata.

8. Syaraf Optik

 yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini terdiri dari  17+ Bagian Bagian Mata, Fungsi, dan Gambar (Terlengkap)

Bagian mata yang kedelapan yaitu syaraf optik. Bagian ini berfungsi untuk meneruskan bayangan benda yang diproses oleh retina menuju otak. Syaraf ini yang bertanggung jawab terhadap bentuk suatu benda yang dilihat mata. Jika syaraf optik ini mengalami kerusakan, maka mata tidak sanggup melihat atau buta.

9. Akomodasi Otot

Bagian mata yang kesembilan yaitu kemudahan otot. Bagian ini berfungsi untuk mengatur lensa mata (menebal atau menipis) dengan cara menarik atau mendorong lensa mata.

10. Vitreous Humor

Bagian selanjutnya dari mata yaitu Vitreous Humor. Bagian ini disebut juga dengan tubuh vitreous, bentuknya berupa gel yang berfungsi untuk mengisi ruang antara lensa dan retina.

11. Aqueous Humor

Aqueous Humor yaitu serpihan mata yang berbentuk cairan menyerupai plasma transparan berlendir protein rendah. Cairan aqueous humor ini dihasilkan oleh silia tubuh dan mempunyai fungsi untuk mendukung lensa mata.

12. Sklera

Bagian selanjutnya dari mata yaitu sklera. Bagian ini membentuk dinding putih pada mata dengan ketebalan rata-rata 1 - 3 mm sebab adanya otot irensi.

14. Kelopak Mata

 yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini terdiri dari  17+ Bagian Bagian Mata, Fungsi, dan Gambar (Terlengkap)

Bagian mata selanjutnya yaitu kelopak mata. Bagian ini berfungsi untuk menjaga bola mata dari masuknya benda absurd dari luar menyerupai pasir, debu, goresan, atau asap. Selain itu, kelopak mata juga berfungsi untuk menyapu bola mata memakai cairan. Bagian ini juga berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang akan masuk menuju mata. Kelopak mata dilengkapi dengan otot kelopak untuk menunjang prosedur buka tutup (berkedip).

15. Alis 

Alis yaitu serpihan mata yang terdiri dari bulu yang tumbuh di atas mata. Bagian ini berfungsi untuk menahan keringat atau air yang jatuh dari dahi (kening) supaya tidak masuk ke dalam mata. Terkadang ada beberapa orang yang sengaja mencukur alisnya, padahal kegiatan tersebut sebenarnya tidak baik untuk mata.

16. Bulu Mata

Bagian mata yang tidak kalah pentingnya yaitu bulu mata. Bagian ini berfungsi untuk menangkap partikel-partikel absurd berukuran kecil (debu) yang bisa saja masuk ke dalam mata.

17. Kelenjar Lakrima

Kelenjar lakrima yaitu istilah lain dari kelenjar air mata. Pada serpihan inilah air mata dihasilkan. Air mata berfungsi untuk membersihkan mata dari debu, mematikan basil yang masuk ke mata, dan melembabkan mata.

Demikianlah uraian perihal 17+ Bagian Bagian Mata, Fungsi, dan Gambar (Terlengkap), semoga bermanfaat.

Sumber http://ilmusiana.blogspot.com/