Soal Ulangan Fisika Potongan Optik Geometri Kelas 10 Sma
4/ 5 stars - "Soal Ulangan Fisika Potongan Optik Geometri Kelas 10 Sma" Latihan soal fisika cuilan obtik geometri kelas 10 - Hallo kawan-kawan semua. Masih bersama saya disini untuk membagikan soal-soal latihan ...

Soal Ulangan Fisika Potongan Optik Geometri Kelas 10 Sma



Latihan soal fisika cuilan obtik geometri kelas 10 - Hallo kawan-kawan semua. Masih bersama saya disini untuk membagikan soal-soal latihan fisika kelas 10 SMA. Kali ini saya membagikan latihan Soal Optika Geometri kelas 10 SMA ya. Terus pantengin terus blog ini semoga sanggup update an terbaru seputar soal latihan dan soal ulangan Fisika Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas terbaru.

Sebelum masuk ke soal latihan alangkah lebih baiknya bila kawan-kawan mereview sedikit materi Optika Geometri kelas 10. Silahkan buka bahan di blog ini atau dari buku fisika masing-masing. Optika geometri akan membahas seputar:
1. Cermin datar
2. Cermin cekung
3. Cermin cembung
4. lensa (cekung dan cembung)
5. Alat-alat optik (Mata, beling mata, teropong, lups dll)


Latihan soal fisika cuilan obtik geometri kelas  SOAL ULANGAN FISIKA BAB OPTIK GEOMETRI KELAS 10 SMA

Jadi sebelumnya kawan-kawan semua pastikan sudah membaca materinya ya. Materi fisika sanggup kawan-kawan baca disini.

Baca : Materi Fisika


Soal dan Pembahasan Optika Geometri Kela 10 Semester 2

Optika merupakan Cabang Fisika yang membahas wacana konsep cahaya yang mencakup kajian wacana sifat-sifat cahaya, hakikat cahaya dan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari-hari. cabang ilmu optika terbagi menjadi dua adalah optika fisis dan optika geometeri.

Agar kawan-kawan sanggup memahami isi soal ulangan dan bagaimana cara mengerjakan soal optika geometri tersebut. Coba kawan-kawan pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal ulangan kemudian mulailah mengerjakan tahap demi tahap.


Petunjuk Pengerjaan Soal

1. Soal Terdiri dari 10 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh tanggapan yang berdasarkan anda paling sempurna dan benar
4. Apabila ada soal atau goresan pena yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan tanggapan anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 60 menit
7. Teliti dan periksa kembali tanggapan anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas
8. kumpulkan lembar tanggapan beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas

Soal Essay Optika Geometri Kelas 10

1. Dua buah cermin datar membentuk sudut α. Diantara kedua cermin diletakkan sebuah benda. Kemudian sudut kedua cermin diperkecil 20° dan ternyata jumlah bayngannya bertambah 3. Tentukan besar α?

2. Sebuah paku tingginya 10 cm diletakkan sejajar dengan sumbu utama di depan cermin cembung berjari-jari 20 cm sejauh 5 cm. Tentukan :
a. Panjang bayangannya
b. Perbesaran bayangannya

3. Sebuah prisma (n = 1,5 ) mempunyai sudut pembias 5°. Berapa sudut deviasi minimumnya, bila prisma diletakkan di ;
a. Udara 
b. Air (n=4/3)
4. Suatu akuarium berbentuk bola berjari-jari 30 cm berisi air yang indeks biasnya 4/3. Seekor ikan berada pada jarak 20 cm terhadap dinding akuarium sedang diamati oleh seseorang yang berjarak 60 cm dari dinding akuarium tersebut, tentukan jarak orang ke ikan bila :
a. Yang melihat orang
b. Yang melihat ikan

5. Dua buah lensa diletakkan dengan jarak 12,5 cm satu sama lain dengan sumbu utama berimpit. Lensa pertama berupa lensa konveks dengan jarak fokus 15 cm, sedang kan lensa kedua lensa konkaf dengan jarak fokus 20 cm. Jika di depan lensa 1 pada jarak 45 cm terletak sebuah benda bercahaya, tentukan :
a. Letak bayangan akhir
b. Perbesaran totalnya

6. Sebuah lensa konvergen, saat diudara mempunyai jarak fokus 20 cm. Lensa tersebut terbuat dari gelas yang mempunyai indeks bias 1,6. Jika lensa tersebut diletakan didalam suatu zat cair ternyata jarak fokusnya menjadi 60 cm. Berapakah indeks bias zat cair tersebut?

7. Sebuah kamera dipakai untuk memotret pemandangan alam pegunungan, gambar tampak tajam bila jarak lensa dengan film 10 cm. Kemudian kamera tersebut akan dipakai untuk memotret benda pada jarak 1,1 m dari lensa. Agar diperoleh gambar yang tajam kearah mana lensa kamera tersebut harus digeser?

8. Sebuah mikroskop (fok = 5 cm dan fob = 2 cm) dipakai untuk mengamati sebuah benda yang diletakan pada jarak 2,2 cm dari lensa objektif. Tentukan perbesaran total dari mikroskop tersebut bila :
a. Mata tidak berakomodasi
b. Mata berakomodasi maksimum

9. Sebuah teropong bintang mempunyai jarak fokus objektif 2,4 m dan jarak fokus okuler 6 cm, untuk mengamati benda-benda angkasa dengan mata tidak berakomodasi. Tentukan :
a. Perbesaran anguler teropong
b. Panjang teropong
c. Panjang teropong bila mata berakomodasi maksimum (Sn =30 cm)

10. Seorang tukang arloji bermata normal. Kemudian menggunakan lup yang jarak titik apinya 12,5 cm. Berapa perbesaran angulernya bila :
a. Mata berakomodasi maksimum
b. Mata tidak berakomodasi
c. Mata berakomodasi pada jarak 50 cm

D. Penutup

Demikian postingan Latihan Soal Fisika Bab Optika Geometri Kelas 10 SMA, mudah-mudahan soal latihan ini sanggup memberi manfaat untuk kawan-kawan semua. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal kelas 10 lainnya. Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya. 

Jika kawan-kawan suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke teman-teman ya. Jika kawan-kawan menemukan kesalahan pada soal latihan yang saya bagikan silahkan  komentar di bawah.