Pengertian, Pola Kalender Akademik Jawa Barat 2018/2019
4/ 5 stars - "Pengertian, Pola Kalender Akademik Jawa Barat 2018/2019" Kalender pendidikan merupakan sebuah pengaturan waktu untuk aktivitas pembelajaran peserta didik selama satu tahun aliran yang mencakup pe...

Pengertian, Pola Kalender Akademik Jawa Barat 2018/2019



Kalender pendidikan merupakan sebuah pengaturan waktu
untuk aktivitas pembelajaran peserta didik selama satu tahun aliran yang mencakup permulaan tahun ajar, ahad efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Setiap guru niscaya akan membutuhkan kalender akademik untuk menyusun aktivitas pembelajaran dan aktivitas sekolah lainnya.

Kalender akademik memuat hal-hal berikut:
1. Permulaan tahun pelajaran yaitu waktu dimulainya aktivitas pembelajaran pada awal tahun aliran pada setiap satuan pendidikan.
2. Minggu efektif mencar ilmu yaitu jumlah ahad aktivitas pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada satuan pendidikan.
3. Waktu pembelajaran efektif yaitu jumlah jam pembelajaran setiap ahad mencakup jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mapel termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk aktivitas pengembangan diri.
4. Waktu libur yaitu waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan aktivitas pembelajaran berkala pada satuan pendidikan yang dimaksud.
Kalender pendidikan merupakan sebuah pengaturan waktu Pengertian, Contoh Kalender Akademik Jawa Barat 2018/2019
Contoh Kalender Akademik

Nah, jadi Kalender Akademik punya peranan penting terutama ketika guru akan menyusun Program Tahunan dan Program Semester. Kalender pendidikan ini biasa akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama Propinsi. Bagi sekolah yang akan menyusun Kalender Akademik 2018/2019 maka yang perlu diperhatikan adalah:
1. Jadwal libur nasional dan cuti bersama
2. Jadwal penerimaan peserta didik gres dan masa pengenalan peserta didik
3. Jadwal aktivitas evaluasi tengah semester, selesai semester dan prakiraan UN
4. Jadwal libur semester 1, semester 2 dan jadwal Ramadhan dan Idul Fitri

Berikut ini teladan Kalender Pendidikan Jawa Barat 2018/2019 yang aku peroleh dari salah satu sobat saya. Silahkan cek di link bawah. Jangan lupa share ya!.
LINK DOWNLOAD KALENDER AKADEMIK 2018/2019