Utbk 2020 Dimajukan Ke November-Desember 2019
4/ 5 stars - "Utbk 2020 Dimajukan Ke November-Desember 2019" Menristekdikti Majukan Jadwal UTBK 2020. Tampaknya Menteri Mohamad Nasir tak coba-coba dengan ucapannya perihal seleksi UTBK yang mau di...

Utbk 2020 Dimajukan Ke November-Desember 2019



 Tampaknya Menteri Mohamad Nasir tak main UTBK 2020 DIMAJUKAN KE NOVEMBER-DESEMBER 2019

Menristekdikti Majukan Jadwal UTBK 2020. Tampaknya Menteri Mohamad Nasir tak coba-coba dengan ucapannya perihal seleksi UTBK yang mau dimajukan dan dilaksanakan pada bulan November-Desember 2019.

Untuk info lebih terang perihal aktivitas UTBK yang mau diadakan pada bulan November ini, berikut admin suguhkan info lengkap perihal pemajuan aktivitas UTBK yang sudah di paparkan oleh menteri Moh. Nasir.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir merekomendasikan agar penerimaan mahasiswa baru, utamanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dimajukan menjadi final 2019. Diharapkan pada permulaan 2020, siswa sudah mengenali diterima di sekolah tinggi tinggi dan prodi tertentu.

“Kita ambil sekitar November-Desember, jadi Januari sudah ada kepastian diterima di sekolah tinggi tinggi. Siswa tinggal mengejar-ngejar Ujian Nasional (UN) mereka,” kata Nasir di Jakarta, kemarin.

Menurut Nasir, UTBK dimajukan agar siswa mempunyai waktu yang lebih panjang untuk menyiapkan UN tanpa mesti menimbang-nimbang UTBK yang sudah dijalani pa-da semester lima.

“Dengan begitu, sekolah tinggi tinggi akan mendapat sumber daya insan berkualitas. Contoh, jumlah pendaftar UTBK tahun ini menurun. Artinya, dengan metode UTBK, kandidat mahasiswa menjadi lebih rasional dan lebih terbuka,” jelasnya.

Usulan cobaan masuk sekolah tinggi tinggi ini sudah diajukan sejak tahun 2017. Tahun ini, cobaan akan dievaluasi sarat mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

“Perubahan aktivitas UTBK dirapatkan Agustus-September. Oktober disiapkan. Jadwal SNMPTN masih akan dievaluasi dulu. Tapi mengingat inputnya dari sumber yang sama, ada kemungkinan aktivitas SNMPTN juga akan maju,” terang Nasir.

Rencana pengajuan UTBK pernah diungkapkan Nasir pada permulaan tahun. Memajukan aktivitas penerimaan mahasiswa gres utamanya UTBK, dijalankan salah satunya untuk mengantisipasi agar siswa berprestasi tidak berbondong-bondong ke sekolah tinggi tinggi di luar negeri.

Nasir menuturkan, kandidat mahasiswa gres berprestasi dari Indonesia menjadi incaran para pencari talenta dari sekolah tinggi tinggi di luar negeri. Mereka mengerjakan penjaringan lebih permulaan dari proses penerimaan mahasiswa gres di Indonesia. 

“Inilah yang saya lakukan, seni administrasi ini agar tidak terjadi berbondong-bondong mendaftar ke luar negeri. Kalau umumnya dimulai Januari perlu maju, alasannya penerimaan mahasiswa gres di mancanegara Desember, kita dapat bulan November,” kata Nasir di Jakarta, Selasa 16 April 2019.

Nasir sebelumnya meng-ungkapkan, UTBK 2019 sudah menggunakan kriteria internasional untuk penerimaan mahasiswa gres sehingga setiap siswa nantinya juga dapat mendaftarkan diri mereka untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Demikianlah info perihal pemajuan aktivitas UTBK 2020 ke bulan November 2019. Ayo siapkan dirimu mulai detik ini Adik-adik, pelajari paket materi UTBK yang sudah kami sediakan. Silahkan klik disini "Paket Ebook Materi UTBK". Semoga berhasil dan mudah-mudahan bermanfaat.