Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi
4/ 5 stars - "Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi" Hai teman-teman sekalian kali ini aku kan bahas lagi mengenai simbol peta. Setiap peta niscaya dibentuk dengan menyisipkan simbol-simbol pet...

Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi



Hai teman-teman sekalian kali ini aku kan bahas lagi mengenai simbol peta. Setiap peta niscaya dibentuk dengan menyisipkan simbol-simbol peta di dalamnya. Simbol peta yaitu sebuah gambar yang mewakili objek bergotong-royong di lapangan. Dengan begitu para pembaca peta akan gampang mengenali objek pada peta dengan melihat simbol pada peta dan mencocokannya di legenda.

Ada beberapa jenis simbol peta yang digunakan dalam pembuatan peta. Menurut bentuk atau dimensinya ada tiga kategori simbol peta yaitu simbol titik, simbol garis dan simbol area. Simbol ini biasa umum dijumpai pada peta yang diedarkan di pasaran.
teman sekalian kali ini aku kan bahas lagi mengenai simbol peta Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi
Simbol titik, garis dan area

1. Simbol Titik
Simbol titik yaitu simbol yang biasa digunakan untuk mewakili suatu lokasi atau tempat. Bentuk simbol ini kadang titik, bulat, persegi panjang atau bentuk lain. Contoh penggunaan simbol titik yaitu untuk gunung api, sekolah, kecamatan, pemukiman, ibukota negara, ibukota propinsi.

2. Simbol Garis
Simbol garis biasanya digunakan untuk menunjukkan fenomena yang berbentuk garis menyerupai sugnai, jalna, rel kereta, batas propinsi, pipa PDAM, jaringan listrik dll. Pengembangan lain dari simbol garis yaitu simbol ajaran yang menunjukan adanya suatu pergerakan. Contohnya digunakan untuk menunjukkan arah migrasi, rute pesawat terbang, kapal maritim dan ekspor-impor.

3. Simbol Area
Simbol area berbentuk fitur poligon yang menunjukkan suatu fitur kenampakan yang luas dan mempunyai batas. Contoh simbol area yaitu untuk danau, rawa, perkebunan, sawah, bak renang dll.

Selain simbol diatas, ada lagi tipe simbol pada peta yaitu simbol piktorial. Simbol piktorial yaitu simbol sederhana yang gampang dikenali dan biasa digunakan untuk anak-anak.