Latihan Soal Essay Gerak Lurus Beraturan (Glb) Smp Kelas 7
4/ 5 stars - "Latihan Soal Essay Gerak Lurus Beraturan (Glb) Smp Kelas 7" Soal Essay Gerak Lurus Beraturan Kelas 7 SMP - Semangat pagi shobat windows fisika. Kembali lagi bersama saya, p ada kesempatan kali ini a...

Latihan Soal Essay Gerak Lurus Beraturan (Glb) Smp Kelas 7



Soal Essay Gerak Lurus Beraturan Kelas 7 SMP - Semangat pagi shobat windows fisika. Kembali lagi bersama saya, pada kesempatan kali ini aku update kembali artikel mengenai Soal Essay Gerak Lurus Beraturan (GLB) 20 soal. Sebelum kita mulai mengerjakan soal-soal latihan gerak lurus beraturan (GLB). Saya akan review sedikit mengenai bahan Gerak lurus.
ada kesempatan kali ini aku update kembali artikel mengenai  LATIHAN SOAL ESSAY GERAK LURUS BERATURAN (GLB) Sekolah Menengah Pertama KELAS 7
simulasi kereta bergerak lurus beraturan
Belajar gerak lurus beraturan tidak akan lepas dari besaran-besaran fisika menyerupai Jarak, Waktu dan Kecepatan. Ketiga besaran fisika ini yang akan kita cari dari sebuah soal yang biasa ditanyakan dalam bahan gerak lurus beraturan. Lalu, Kemana besaran fisika yang lain menyerupai Percepatan benda. Ingat! bahwa gerak lurus beraturan dari suatu benda tidak mempunyai percepatan. So, percepatan suatu benda tidak dihitung disini melainkan nanti akan di bahas pada bahan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan Gerak Vertikal (GV).


Soal Essay Gerak Lurus Beraturan Kelas 7 SMP


Gerak Lurus ialah gerak pada lintasan lurus. Gerak lurus biasa dipelajari dikelas 7 dan kelas 10. Gerak lurus dibagi menjadi 2 yaitu Gerak Lurus Berarturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). 

Gerak Lurus Beraturan adalah gerak suatu benda pada suatu lintasan lurus dimana benda mempunyai kecepatan yang konstan (tetap), arti dari kecepatan konstan artinya selama benda bergera, maka benda tidak melaksanakan percepatan benda. Dengan kata lain, nilai percepatannya ialah Nol (0). Gerak lurus beraturan biasanya mencari besaran-besaran yang bekerjasama Jarak (S), Kecepatan (v) dan waktu (t).



Rumus Gerak Lurus Beraturan

Secara matematis, gerak lurus beraturan (GLB) sanggup kita rumuskan sebagai berikut:
S = v . t
Dimana : S = Jarak (meter), v = kecepatan benda 9m/s) dan t = waktu tempuh (detik)

Jadi sanggup kita dapatkan, mencari Jarak: 
S = v . t
mencari Kecepatan:
v = S/t
mencari waktu tempuh:
t = S/v


Petunjuk Pengerjaan Soal

1. Soal Terdiri dari 20 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh balasan yang berdasarkan anda paling sempurna dan benar
4. Apabila ada soal atau goresan pena yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan balasan anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 60 menit
7. Teliti dan periksa kembali balasan anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas
8. kumpulkan lembar balasan beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas

Agar anda bisa memahami isi soal ulangan dan bagaimana cara mengerjakan soal IPA tersebut. Coba anda pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal ulangan kemudian mulailah mengerjakan tahap demi tahap.


Soal Essay Gerak Lurus Beraturan (GLB) 20 Soal


1. Tuliskan masing-masing 1 pola dalam kehidupan sehari-hari :
a. Gerak semu
b. Gerak lurus beraturan dipercepat
c. Gerak lurus beratuaran diperlambat

2. Tambahkan kecepatan tiap detik disebut …

3. Gambarkan grafik kecepatan terhadap waktu untuk …
a. GLB
b. GLBB dipercepat

4. Jono dan joni bergerak searah melalui lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Jono kecepatannya 15 m/s dan Joni 20 m/s. Jono berangkat 40 s lebih dahulu daripada Joni. Kapan dan dimana Jono tersusul?

5. Gambarkan dengan kertas ticker timer untuk GLB menjadi GLBB dipercepat!
6. Kecepatan tetap sebuah kendaraan beroda empat 25 m/s dan bergerak selama 20 detik melalui lintasan lurus. Hitunglah :
a. Jarak tempuh
b. Percepatan tetapnya

7. KA mula-mula berjalan dengan kecepatan 30 m/s dan menerima perlambatan 0,2 m/s2.
Hitunglah : 
a. Waktu pengereman
b. Jarak pengereman

8. Mobil mula-mula membisu dan 10 s kemudian kecepatannya menjadi 25 m/s. Hitunglah:
a. Percepatannya
b. Jarak tempuhnya

9. Dari atas ketinggian sebuah benda dijatuhkan dan hingga tanah memerlukan waktu 2.5 detik.Jika g = 10 m/s, berapakah kecepatan benda sesaat mencapai tanah?


10. Sebuah kereta api menempuh jarak Jakarta-Bandung dalam waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam. Berapakah jarak Jakarta – Bandung?

11. Kecepatan bunyi di udara pada 00C = 331 m/s. Berapakah kecepatan pesawat udara yang terbang dengan kecepata 0,7 kecepatan suara?

12. Gelombang radio merambat dengan kecepatan 1.08 x 109 km/jam. Berapa m/s kecepatan itu?

13. Cepat rambat cahaya 3 x 105 km/s. Jarak matahari dari 1.44 x 108 km. Berapa usang waktu yang diharapkan cahaya untuk merambat dari matahari ke bumi?

14. Sebuah kendaraan beroda empat menempuh jarak 750 m dalam waktu ½ menit. Berapakah kecepatan kendaraan beroda empat itu?

15. Sebuah kendaraan beroda empat berjalan dengan kecepatan 20 m/s. Berapa km/jam kecepatan itu?

16. Sebuah kereta api yang berjalan dengan kecepatan tetap menempuh jarak 250 m dalam waktu 10 detik. Berapa km/jam kecepatan kereta api itu?

17. Sebuah kendaraan beroda empat berjalan dengan kecepatan tetap 75 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuhnya dalam waktu 4 menit?

18. Orang yang naik kendaraan dengan kecepatan tetap menempuh jarak 3 km dalam waktu 2 menit. Berapakah kecepatan kendaraan tersebut?

19. Sebuah kendaraan beroda empat berjalan dengan kecepatan rata-rata 25 m/s. berapakah jarak yang ditempuhnya dalam waktu 2 jam?

20. Orang berjalan kaki dengan kecepatan tetap 1,4 m/s. Berapakah jarak yang ditempuhnya dalam waktu 1 jam?  

Penutup

Demikian artikel aku mengenai Soal Gerak Lurus Beraturan (GLB) Kelas 7 SMP. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya. Jangan lupa baca dan kerjakan soal latihan lainnya biar semakin terasah kemampuan fisikanya. Jika teman menemukan ada soal yang salah, silahkan komen di bawah. terimakasih