Tema 6 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 14, 16, 17, 21 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan cita citaku Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revsi 2018 (K13)
Buku siswa tema 6 kelas 4 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum 2013 yang di pelajarai siswa pada semsester 2
Untuk itu admin telelah meringkas dan menjawab soal latihan yang ada pada buku siswa tema 6 kelas 4, dengan tujuan semoga siswa siswi sanggup berguru dengan baik.pada kesempatan yang baik ini admin telah meulis kunci jawaban berserta materi yang berdasarkan pengetahuan admin sudah benar, berikut kami paparkan dengan rapi berserta halamannya
Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan ihwal tumbuhan dan hewan. Banyak buku ihwal binatang dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat binatang peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermai bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang mengakibatkan udara sejuk. Siti bahagia menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tumbuhan dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya,sebutkan jenis binatang yang ada di halaman belakang rumah Siti! Apakah kau melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu ihwal kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu di bawah ini gotong royong dengan temanmu.
Bagaimana kau menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?
Apakah kau menyanyikan dengan cepat?
Apakah kau menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu kalau lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap binatang dan tumbuhan membutuhkan air. Air sanggup berasal dari air hujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu.Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Istilah atu tanda tempo sebagai berikut.
Jawaban soal Tema 6 Kelas 4 Halaman 14
Ayo Mengamati
Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian,cocokkan dengan keterangan atau istilah yang digunakan pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut. untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
1.Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?
Jawaban
Tempo yang terdapat pada notasi lagu kupu-kupu yang lucu dan tik tik suara hujan ialah Andante
2.Tahukah kau perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?
Jawaban
Perbedaan tempo lagu kupu-kupu yang lucu dan tik tik suara hujan ialah pada lagu kupu-kupu yang lucu mengunakan tempo Lento sedangkan tik tik suara hujan mengunakan tempo andante
3.Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Jawaban
Notasi lagu yang digunakan pada balonku ialah memakai tempo andante
Ayo Membaca
Simaklah puisi berikut!
Cita-Citaku
Ciptaan: Angelica
Suara indah alat musik
Alunannya hening mendayu
Seakan selalu berbisik
Aku selalu ada untukmu
Aku suka alat musik itu
Karena itu saya ingin menjadi pemainnya
Inilah cita-citaku
Menjadi pemain biola
Langkah-langkah kujalani
Semua cobaan kulewati
Untuk mendapat apa yang kuinginkan
Semua akan kuperjuangkan
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 16
Ayo Berlatih
Setelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.Apakah judul puisi tersebut?
Jawaban
Judul puisi di atas ialah Cita-citaku
2.Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
Jawaban
Judul lain yang sesuai ialah Alat musik
3.Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
Jawaban
Jumlah bait pada puisi di atas ialah 3 bait
4.Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
Jawaban
Jumlah baris pada setiap abit puisi ialah 4 baris
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah suara vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Perhatikan pola berikut!
Suara indah alat musik ---------------------------- i
Alunannya hening mendayu ----------------------- u
Seakan selalu berbisik ----------------------------- i
Aku selalu ada untukmu --------------------------- u
Aku suka alat musik itu ---------------------------- u
Karena itu saya ingin menjadi pemainnya ---------- a
Inilah cita-citaku ----------------------------------- u
Menjadi pemain biola ------------------------------ a
Langkah-langkah kujalani ------------------------- i
Semua cobaan kulewati ---------------------------- i
Untuk mendapat apa yang kuinginkan --------- a
Semua akan kuperjuangkan ------------------------ a
Kunci Jawaban Buku siswa tema 6 kelas 4 Halaman 17
Apakah kesimpulanmu sehabis mengamati suara simpulan baris-baris pada setiap bait puisi di atas?
Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Jawaban
Selesai memperhatikan suara simpulan pada baris-baris setiap bait puisi di atas saya menjadi lebih paham puisi di atas mempunyai rima yang teratur diantaranya abab
Ayo Membaca
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar
Sungguh indah warna sayapmu yang menari
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar
Bagaimanakah suara simpulan baris-baris pada bait puisi tersebut?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Jawaban
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari ------------ ...i
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar ------------ ...a
Sungguh indah warna sayapmu yang menari ------------ ...i
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar ------------ ...a
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Kita sudah mengetahui daur hidup binatang peliharaan, menyerupai ayam, kelinci,dan kucing. Kupu-kupu mempunyai daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.
Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
1.Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tumbuhan yang cocok untuk meletakkan telurnya.
2.Telur kupu-kupu.
3.Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).
4.Larva bermetamorfosis pupa (kepompong).
5.Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.
Berikut ini metamorfosis pada belalang.
1.Belalang arif balig cukup akal siap bertelur
2.Telur belalang
3.Nimfa tak bersayap
4.Nimfa bersayap
Kunci Jawaban tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 21
Ayo Berdiskusi
1.Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3.Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4.Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang sebagai berikut.
Jawaban
Kupu-kupu dan belalang perbedaan daur hidup ya ialah Kupu-kupu sebagi sampel binatang yang mengalamai metamorfosis yang sempurna, sedangkan belalang sebagi binatang yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya.tidak semua tahap Sementara itu,dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna.Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Dapatkah kau menemukan pola binatang lain yang mengalami metamorfosis tepat dan tidak sempurna?
Contoh binatang yang mengalami metamorfosis sempurna:
Jawaban
1.Kumbang
2.Lalat
3.Katak
4.Lebah
5.Nyamuk
Contoh binatang yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
Jawaban
1.Capung
2.Jangkrik
3.Kecoak
4.Rayap
5.Kutu daun
Artikel yang sedang anda baca ialah Kunci Jawaban Buku siswa tema 6 kelas 4 pembelajaran 2 kurikulum 2013 revisi terbaru
Terima kasih sudah membaca goresan pena ini semoga bermanfaat untuk kita semua dimnapun kalian berada dan kalau ada pertayaan silkan komen d kolom komentar di bawah ini. Sumber https://likfanen.blogspot.com/