Tema 6 Kelas 4 Dan Kunci Balasan Buku Siswa Halaman 14, 16, 17, 21
4/ 5 stars - "Tema 6 Kelas 4 Dan Kunci Balasan Buku Siswa Halaman 14, 16, 17, 21" Tema 6 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 14, 16, 17, 21 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan cita cita...

Tema 6 Kelas 4 Dan Kunci Balasan Buku Siswa Halaman 14, 16, 17, 21



 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21

Tema 6 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 14, 16, 17, 21 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan cita citaku Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revsi 2018 (K13)

Buku siswa tema 6 kelas 4 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum 2013 yang di pelajarai siswa pada semsester 2

Untuk itu admin telelah meringkas dan menjawab soal latihan yang ada pada buku siswa tema 6 kelas 4, dengan tujuan semoga siswa siswi sanggup berguru dengan baik.pada kesempatan yang baik ini admin telah meulis kunci jawaban  berserta materi yang berdasarkan pengetahuan admin sudah benar, berikut kami paparkan dengan rapi berserta halamannya

Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2


Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan ihwal tumbuhan dan hewan. Banyak buku ihwal binatang dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat  binatang peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.

Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya.  Kelinci-kelinci itu bermai bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang mengakibatkan udara sejuk. Siti bahagia menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tumbuhan dan memberi makan kelincinya.

Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21

Selanjutnya,sebutkan jenis binatang yang ada di halaman belakang rumah Siti! Apakah kau melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu ihwal kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu di bawah ini gotong royong dengan temanmu.

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21

Bagaimana kau menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?

Apakah kau menyanyikan dengan cepat?

Apakah kau menyanyikan dengan lambat?

Bagaimana perasaanmu kalau lagu itu dinyanyikan dengan cepat?

Setiap binatang dan tumbuhan membutuhkan air. Air  sanggup berasal dari air hujan atau sumber air.

Coba bandingkan dengan lagu berikut!

Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu.Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.

Istilah atu tanda tempo sebagai berikut.

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21

Jawaban soal Tema 6 Kelas 4 Halaman 14


Ayo Mengamati

Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian,cocokkan dengan keterangan atau istilah yang digunakan pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut. untuk menunjukkan tempo lagu berikut.

1.Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?

Jawaban

Tempo yang terdapat pada notasi lagu kupu-kupu yang lucu dan tik tik suara hujan ialah Andante 

2.Tahukah kau perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?

Jawaban

Perbedaan tempo lagu kupu-kupu yang lucu dan tik tik suara hujan ialah pada lagu kupu-kupu yang lucu mengunakan tempo Lento sedangkan tik tik suara hujan mengunakan tempo andante

3.Carilah notasi lagu yang lain.  Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!

Jawaban

Notasi lagu yang digunakan pada balonku ialah memakai tempo andante


Ayo Membaca

Simaklah puisi berikut!

Cita-Citaku

Ciptaan: Angelica


Suara indah alat musik

Alunannya hening mendayu

Seakan selalu berbisik

Aku selalu ada untukmu

Aku suka alat musik itu

Karena itu saya ingin menjadi pemainnya
  
Inilah cita-citaku
  
Menjadi pemain biola
  
Langkah-langkah kujalani

Semua cobaan kulewati

Untuk mendapat apa yang kuinginkan

Semua akan kuperjuangkan

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 16



Ayo Berlatih

Setelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.Apakah judul puisi tersebut?

Jawaban

Judul puisi di atas ialah Cita-citaku

2.Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!

Jawaban

Judul lain yang sesuai ialah Alat musik


3.Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?

Jawaban

Jumlah bait pada puisi di atas ialah 3 bait


4.Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?

Jawaban

Jumlah baris pada setiap abit puisi ialah 4 baris


Ayo Mengamati

Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama.  Amatilah suara vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!

Perhatikan pola berikut!

Suara indah alat musik  ----------------------------   i

Alunannya hening mendayu  -----------------------   u

Seakan selalu berbisik  -----------------------------  i

Aku selalu ada untukmu  ---------------------------   u

Aku suka alat musik itu  ----------------------------   u

Karena itu saya ingin menjadi pemainnya   ----------    a

Inilah cita-citaku  -----------------------------------   u

Menjadi pemain biola  ------------------------------  a

Langkah-langkah kujalani  -------------------------   i

Semua cobaan kulewati  ----------------------------   i

Untuk mendapat apa yang kuinginkan  ---------   a

Semua akan kuperjuangkan ------------------------   a


Kunci Jawaban Buku siswa tema 6 kelas 4 Halaman 17



Apakah kesimpulanmu sehabis mengamati suara simpulan baris-baris pada setiap bait puisi di atas?

Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!

Jawaban

Selesai memperhatikan suara simpulan pada baris-baris setiap bait puisi di atas saya menjadi lebih paham puisi di atas mempunyai rima yang teratur diantaranya abab



Ayo Membaca

Kupu-kupu terbang ke sana ke mari

Mencari bunga-bunga yang sedang mekar

Sungguh indah warna sayapmu yang menari

Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar


Bagaimanakah suara simpulan baris-baris pada bait puisi tersebut?


Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

Jawaban

Kupu-kupu terbang ke sana ke mari ------------ ...i

Mencari bunga-bunga yang sedang mekar ------------ ...a

Sungguh indah warna sayapmu yang menari ------------ ...i

Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar  ------------ ...a


Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini!

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21
Kepompong merupakan penggalan dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu.Di dalam kepompong itu ulat akan bermetamorfosis kupu-kupu.Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas sampai arif balig cukup akal disebut siklus hidup atau daur hidup.

Kita sudah mengetahui daur hidup binatang peliharaan, menyerupai ayam, kelinci,dan kucing. Kupu-kupu mempunyai daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.


Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.

1.Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tumbuhan yang cocok untuk meletakkan telurnya.

2.Telur kupu-kupu.

3.Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).

4.Larva bermetamorfosis pupa (kepompong).

5.Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21


Berikut ini metamorfosis pada belalang.

1.Belalang arif balig cukup akal siap bertelur

2.Telur belalang

3.Nimfa tak bersayap

4.Nimfa bersayap

 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum  Tema 6 Kelas 4 dan Kunci Jawaban buku siswa Halaman 14, 16, 17, 21



Kunci Jawaban tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 21



Ayo Berdiskusi

1.Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.

2.Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.

3.Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.

4.Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!

Perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang sebagai berikut.

Jawaban

Kupu-kupu dan belalang perbedaan daur hidup ya ialah Kupu-kupu sebagi sampel binatang yang mengalamai metamorfosis yang sempurna, sedangkan belalang sebagi binatang yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.


Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya.tidak semua tahap Sementara itu,dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna.Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Dapatkah kau menemukan pola binatang lain yang mengalami metamorfosis tepat dan tidak sempurna?

Contoh binatang yang mengalami metamorfosis sempurna:

Jawaban

1.Kumbang

2.Lalat

3.Katak

4.Lebah

5.Nyamuk


Contoh binatang yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:

Jawaban

1.Capung

2.Jangkrik

3.Kecoak

4.Rayap

5.Kutu daun


Artikel yang sedang anda baca ialah Kunci Jawaban Buku siswa tema 6 kelas 4 pembelajaran 2 kurikulum 2013 revisi terbaru


Terima kasih sudah membaca goresan pena ini semoga bermanfaat untuk kita semua dimnapun kalian berada dan kalau ada pertayaan silkan komen d kolom komentar di bawah ini.  
Sumber https://likfanen.blogspot.com/