Pembelajaran 1 Tema 6 Kelas 4 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Ayo Mengamati
Sungai Pesanggrahan dulu dan sekarang
Amatilah gambar di atas dengan saksama!
Ceritakan pendapatmu perihal kondisi kedua sungai tersebut kepada sahabat sebangkumu.Gambar itu memperlihatkan kondisi sungai di Jakarta dan sekarang.Menurutmu, siapakah yang berperan untuk mengubah sungai tersebut? Ternyata semuanya berasal dari satu orang yang peduli dan bertekad baja!
Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut ini.
Si Pendekar Kali Pesanggrahan
Keinginan untuk kembali melihat Kali Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, menciptakan H. Chaerudin atau yang dikenal dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut.Kali Pesanggrahan yang dulunya daerah ia bermain air bersama temantemannya telah berkembang menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu untuk melihat tingkat kerusakannya.
Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya alasannya yaitu dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya.
Akan tetapi, ia tidak marah. Baginya, untuk menyadarkan oran lain tidak perlu membalasnya dengan kekerasan. Ia melaksanakan aneka macam cara untuk menciptakan masyarakat sekitar sungai sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.
Akhirnya, berkat kesabaran dan tekad kuat, lambat laun, kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Bang Idin kemudian juga mengajak temantemannya sesama petani penggarap untuk mengikuti langkahnya. Kini, mereka berhasil menanam 40 ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran kali.
Burung-burung yang dulunya pergi karenanya kembali. Mata air yang dulu tertutup sampah, kembali hidup. Air kali Pesanggrahan kini sudah normal kembali. Ikan-ikan sanggup hidup dan berkembang biak. Sepanjang tepian Kali Pesanggrahan menjadi hijau.
Burung-burung berkicau setiap hari. Bahkan burung Cakakak yang bersarang di tanah dan sudah jarang ditemui di wilayah lain di Jakarta, kini juga sanggup ditemukan.Pohon-pohon yang mulai langka di Jakarta sanggup dijumpai di sini. Belum lagi tumbuhan obat yang jumlahnya mencapai 142 jenis.
Di balik perilaku kerasnya, laki-laki kelahiran 13 April 1956 ini ingin membuktikan, hanya orang yang benarbenar memahami alam yang sanggup menyelamatkannya.Di tangan Bang Idin, Kali Pesanggrahan yang kotor dengan bantaran yang tak terurus berkembang menjadi lahan produktif dan alami.
Halaman 114 Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah acara berikut ini!
Lengkapilah diagram berikut ini menurut bacaan tersebut!
Jawaban
Apa kesimpulanmu terhadap perjuangan Bang Idin untuk meraih cita-citanya?
Jawaban
Prinsip bang din patut kita pola dan kita terapkan dalam kehidupan sehari hari
Cita-cita Bang Idin sungguhlah mulia. Usaha dan kerja keras telah dilakukan untuk mewujudkan mimpinya yang sanggup memperlihatkan manfaat yang besar kepada masyarakat di sekitarnya. Ada banyak orang menyerupai Bang Idin yang bercita-cita untuk selalu menjaga dan melestarikan alam sekitarnya.
Ayo Membaca
Berikut ini yaitu sebuah puisi untuk para pelestari lingkungan Indonesia.
Kunci Jawaban Buku Paket Tema 6 Kelas 4 Halaman 115
Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berkisah perihal apakah puisi tersebut?
Jawaban
Alam mempunyai jasa menyerupai orang bau tanah ( Ibu )
2. Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam?
Jawaban
Tidak menebang hutan semabarangan, tidak mencemari lingkungan sekitar,dan tidak membuang sampah sembarangan.
3. Mengapa alam dalam puisi di atas disebut sebagai ibu?
Jawaban
Karena alam telah menyediakan segala sesuatu untuk kebutuhan hidup kita oleh alasannya yaitu itu alam di sebut sebagi ibu
Tahukah Kamu
Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa memakai teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu. Membaca puisi memerlukan pelafalan yang terang dan intonasi yang tepat.
Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan lezat didengar dan gampang dipahami isinya. Contoh menentukan jeda:Kau // yaitu / para penyelamat negeri // Catatan:
1. / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris
.
2. // berhenti agak lama/biasanya koma di selesai baris yang masih berafiliasi dengan baris berikutnya.
3. /// berhenti usang sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada selesai puisi.
Ayo Mencoba
Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.
Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.Latihkan kembali cara membacanya dengan memakai tanda jeda yang kau buat.
Jika kurang sempurna kau sanggup memindahkan tanda jeda tersebut.
Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta sahabat sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada ketika kau mendeklamasikannya.
Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.
Tahukah Kamu
Indonesia mempunyai aneka macam sumber daya alam yang sanggup memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam aneka macam rupa tersedia melimpah di Indonesia.Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu sanggup dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia
Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat usang dalam pembentukannya.Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu dipakai untuk kebutuhan hidup manusia.
Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan materi tambang. Batuan sanggup berupa pasir, tanah liat dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, watu bara, dan minyak bumi.
Sumber daya alam hayati berupa flora dan binatang yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, flora dan binatang berperan untuk menjaga keseimbangan alam.Bencana alam yang terjadi salah satunya alasannya yaitu keseimbangan alam terganggu.
Banjir di Jakarta alasannya yaitu sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan daerah pembuangan sampah.Hal ini menjadikan kerugian yang sangat besar. Baik bagi insan maupun bagi makhluk hidup lainnya.
Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga biar lestari. Semua orang sanggup melaksanakan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya.Jika alam rusak, insan dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan daerah tinggal dan sumber kehidupan.
Oleh karenanya, insan harus berusaha menjaganya. Salah satunya yaitu dengan mengampanyekan perjuangan sederhana memelihara lingkungan melalui poster.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 117
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah poster dengan menentukan satu dari dua tema berikut.
1. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)
Jawaban
2. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)
Jawaban
Bersama dengan sahabat sekelompokmu, lakukanlah acara berikut!
1. Pilihlah salah satu tema yang tersedia.
2. Carilah beberapa isu perihal pentingnya sumber daya alam tersebut dengan memakai beberapa pertanyaan berikut.
a. Bagaimana insan dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?
Jawaban
Mencari sumber daya alam yang lain biar tidak tertuju dengan sumber daya alam itu saja.
b. Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?
Jawaban
Supaya sumber daya alam tidak rusak dan tidak cepat habis dalam jangaka waktu tertentu.
c. Akibat apa sajakah yang akan timbul bila sumber daya alam tersebut tidak dilestarikan?
Jawaban
Sumber daya alam kita akan cepat musna dan akan timbul bencana.
3. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.
4. Rancanglah sebuah poster untuk memberikan pesanmu pada buku tulismu. Tuliskan kalimat yang mewakili pesan yang hendak kau sampaikan. Rancanglah sebuah gambar yang akan mendukung isi pesanmu.
5. Gunakan kertas ukuran A3 untuk mulai memindahkan gagasanmu dari buku tulis ke kertas poster tersebut. Gunakan pensil warna untuk mempertegas pesan yang disampaikan. Bermainlah dengan paduan warna yang baik untuk memperkuat pesanmu. Lihatlah pola poster di bawah ini untuk membantumu.
Gambar
6. Tunjukkan hasil karya postermu di depan kelas dengan percaya diri.
7. Tempelkan postermu di gedung sekitar sekolahmu.
Tulisan yang sedang anda baca ketika ini yaitu Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 Revisi terbaru
Terima kasih sudah membaca goresan pena ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dan apa bila ada pertayaan silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Sumber https://likfanen.blogspot.com/