Kelas 4 Tema 6 Kunci Tanggapan Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126
4/ 5 stars - "Kelas 4 Tema 6 Kunci Tanggapan Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126" Jawaban soal buku siswa tema 6 kelas 4 kurikulum 2013 - Kunci Jawaban soal buku tematik kelas 4 tema 6 subtema 3  Giat Berusaha Meraih C...

Kelas 4 Tema 6 Kunci Tanggapan Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126



 ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester  Kelas 4 Tema 6 Kunci jawaban Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126

Jawaban soal buku siswa tema 6 kelas 4 kurikulum 2013 - Kunci Jawaban soal buku tematik kelas 4 tema 6 subtema 3  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita pembelajaran 2 Aku sarjana pemulung halaman 121, 122, 125, 126

Pembelajaran 2 kelas 4 tema 6 subtema 3 ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester 2

Oleh karnaya, admin telah meringkas materi dan kunci jawaban yang ada pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 guna untuk bandingan siswa dalam proses belajar. Berikut admin tuliskan kunci jawaban lengkap berserta halamannya.

Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Pembelajaran 2  


Perhatikan gambar di atas!

Pernahkah kau menemui belum dewasa yang bekerja menjadi pemulung menyerupai di atas? Pernahkah kau berpikir mengapa mereka bekerja di usia muda mereka? Apakah yang dilakukan mereka? Apakah tugas mereka di masyarakat?

Tahukah kamu, bahwa beberapa anak pemulung tetap bersekolah. Mereka mempunyai impian juga menyerupai kamu. Bahkan ada beberapa pemulung yang ,telah mencapai cita-citanya dengan gemilang.

Simaklah bacaan berikut dengan saksama!

Ayo Membaca

Aku, Sarjana Pemulung

 ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester  Kelas 4 Tema 6 Kunci jawaban Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126
Namaku Wahyudin, biasa dipanggil Wahyu. Aku anak pasang an buruh tani. Aku tinggal bersama kelima saudara tiriku dan dua adikku, selain orang tuaku. Karena kemiskinan, tidak ada satu pun dari abang tiriku yang sanggup menamatkan sekolah dasarnya. Aku pun terancam demikian, alasannya kami tidak punya uang untuk sekolah.

Tetapi saya bertekad, saya harus sekolah. Saat subuh saya pergi mengumpulkan sampah plastik dan kardus untuk dijual. Pekerjaanku ini disebut memulung. Aku yaitu seorang pemulung. Hasil dari memulung dipakai untuk membayar uang sekolahku. Aku memulung semenjak usia 10 tahun pada dikala saya duduk di kelas IV SD.

Untuk menamatkan sekolah dasar, saya perlu pemanis biaya. Selain memulung, saya pun menggembalakan kambing tetangga. Sewaktu SMP, saya juga berjualan gorengan. Apa pun kulakukan semoga saya sanggup sekolah. Pada dikala Sekolah Menengan Atas saya menjalani tujuh profesi sekaligus semoga saya tetap sekolah. Tetapi meski demikian, saya selalu sanggup menjadi juara di sekolahku.

Pada tahun 2013, saya telah menuntaskan kuliahku di Jakarta dengan tetap menjadi pemulung. Lalu, saya mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah kembali di ITB (Institut Teknologi Bandung), yang kini hampir selesai. Aku besar hati telah mencapai cita-citaku untuk terus sekolah, meskipun dengan usaha yang panjang dan berat.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 121


Ayo Berdiskusi

Lengkapilah diagram berikut ini menurut bacaan tersebut!
Jawaban
 ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester  Kelas 4 Tema 6 Kunci jawaban Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126

Apa saja prestasi yang telah diraih Wahyudin alasannya usaha dan kerja kerasnya?
Jawaban
Prestasi yang di raih yaitu Wahyudin sanggup melajutkan sekolah ya dari Sekolah dasar (SD) samapi Sekolah menega atas ( SMA) sampai 2013 akan selesai kulyanya di ITB.

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Wahyudin untuk meraih cita-citanya?
Jawaban
Usaha yang di lakukan wahyudin untuk merahi cita citanya yaitu Usaha yang patut di tiru, wahyudin penuh kerja keras untuk merahi cita citanya meskipun wahyudin keterbatasan keekonomian keluarganya.

Ayo Membaca

Bacalah puisi berikut di dalam hati!

 ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester  Kelas 4 Tema 6 Kunci jawaban Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126


Ayo Berdiskusi

Setelah membaca puisi tersebut, lakukanlah aktivitas berikut!

1. Baca lagi puisi "Sahabatku Seorang Pemulung" di dalam hati.

2. Tentukan tanda jeda untuk memilih waktu berhenti usang dan berhenti sejenak.

3. Bacakan puisimu kepada sahabat sebangkumu. Minta temanmu untuk menyimak cara membacamu dengan penempatan tanda jeda yang sesuai.

4. Diskusikan pendapat kalian. Lakukan secara bergantian.

5. Bacakan puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang terang dan jeda yang sesuai.


Ayo Berkreasi

Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk menciptakan karya seni rupa.

Membuat karya seni rupa dengan memakai barang bekas yaitu hal yang paling gampang untuk dilakukan. Kali ini kau akan menciptakan karya kolase dengan memakai materi kertas koran bekas.

Tahukah kau wacana kolase? Kolase yaitu teknik untuk menciptakan karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang dipakai terdiri atas aneka macam bahan, menyerupai kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai menciptakan kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.

1. Selembar kertas, sanggup kertas karton atau kertas sketsa/gambar.

2. Lem.

3. Gunting.

4. Koran bekas.

5. Gambar.


Langkah-langkah menciptakan kolase sebagai berikut

1. Siapkan gambar contoh pada selembar kertas.

2. Buatlah potongan-potongan materi (koran bekas, kardus, plastik).

3. Tempelkan potongan-potongan tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.


 ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester  Kelas 4 Tema 6 Kunci jawaban Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126
  ialah buku paket tematik yang di pelajari di semester  Kelas 4 Tema 6 Kunci jawaban Soal Buku Siswa Halaman 121, 122, 125, 126


Tahukah Kamu

Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi duduk masalah lingkungan yang semakin sulit diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa samudra dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak binatang maritim mati alasannya memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat kini yaitu dengan menggalakkan gerakan daur ulang sampah plastik. Tujuan mendaur ulang sampah plastik untuk memperpanjang usia pemakaian barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu.

Dengan demikian, jumlah sampah sanggup dikurangi jumlahnya. Dengan melaksanakan penghematan penggunaan barang dari alam, kita telah melaksanakan usaha pelestarian makhluk hidup di sekitar kita.


Ayo Membaca

Keanekaragaman makhluk hidup telah memperlihatkan manfaat bagi kehidupan insan atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya insan berusaha dan bertindak untuk memelihara, berbagi dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, semoga senantiasa sanggup memperoleh manfaatnya.

Masyarakat dunia kini harus segera bertindak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Dampak jelek yang diakibatkan kepunahan makhluk hidup telah merugikan bagi insan itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis binatang dan tumbuhan orisinil Indonesia berada di ambang kepunahan.Bahkan, beberapa sudah punah.

Pelestarian makhluk hidup sanggup dilakukan melalui cara-cara di antaranya berikut.

 

1. Upaya Pelestarian Tumbuh-tumbuhan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

a. Kebun koleksi, biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.

b. Kebun plasma nutfah, merupakan perkembangan kebun koleksi Contoh: Kebun plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti, talas, dan suweg

c. Kebun botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor, populer dengan nama Kebun Raya Bogor.

2. Upaya Pelestarian Hewan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

a. Menangkar binatang langka dengan cara mengisolasi binatang tersebut.

b. Mengambil telur-telur binatang untuk dibantu menetaskannya.

c. Memindahkan binatang langka ke daerah yang lebih cocok.

d. Membuat undang-undang perburuan.

e. Menindak tegas para pelanggar dengan memperlihatkan hukuman aturan sesuai aturan yang berlaku.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 6 Halaman 125, 126


 Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas dan dengan memakai aneka macam sumber informasi, lakukanlah aktivitas berikut!

1. Bersama dengan sahabat sekelompokmu carilah warta sebanyakbanyaknya terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.

2. Cari warta apakah ada pelestarian makhluk hidup baik binatang maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu.
Jawaban
Usaha untuk melestarikan mahluk hidup ialah kita terus melestarikan binatang yang jarang kita temui atau binatang langka, menanam pohon untuk pinjaman mahluk hidup,dan tidak menebang hutan sembarangan.

3. Cari tahu aktivitas pelestarian apa sajakah yang telah dilakukan, jenis binatang dan tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.

4. Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.

5. Presentasikan balasannya di depan kelas.

Artikel yang sedang kalian baca yaitu Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Terima kasih Telah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk kita semua di manapun kalian berada, dan apa jikalau artikel ini bermanfaat silakan bagikan ke sahabat sahabat lainnya.
Sumber https://likfanen.blogspot.com/