Latihan Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Kelas 9 Smp
4/ 5 stars - "Latihan Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Kelas 9 Smp" Latihan Soal Listrik Statis Kelas 9 SMP - Pada pembahasan sebelumnya aku membagikan latihan soal listrik dinamis dan pembahasannya. Pada k...

Latihan Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Kelas 9 Smp



Latihan Soal Listrik Statis Kelas 9 SMP - Pada pembahasan sebelumnya aku membagikan latihan soal listrik dinamis dan pembahasannya. Pada kesempatan ini aku membagikan latihan soal guna melengkapi postingan aku sebelumnya yaitu artikel Latihan Soal Listrik Statis Kelas 9 Pilihan Ganda dan Latihan Soal Essay Listrik Statis Kelas 9.

#Materi Listrik Dinamis kelas 9 sanggup anda simak disini

 Pada pembahasan sebelumnya aku membagikan latihan soal listrik dinamis dan pembahasannya LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN LISTRIK STATIS KELAS 9 SMP
Sebelum anda mulai mengerjakan soal listrik statis, aku berikan kata kunci pertanyaan yang biasa ditanyakan pada soal aturan coulomb ialah mencari jarak kedua muatan, mencari besar gaya colulomb pada dua muatan segaris, mencari besar gaya coulomb pada dua muatan yang tidak segaris, memilih jarak dua muatan yang besar gaya coulombnya nol dan menuntaskan soal Medan Listrik Statis. kurang lebih itu yang biasa ditanyakan oleh guru disekolah ketika ulangan listrik statis. Jadi, saran aku pahami satu per satu materinya.

Latihan Soal Listrik Statis Hukum Coulomb dan Pembahasan kelas 9 SMP

seperti yang aku utarakan sebelumnya, sebelum kita mulai menuntaskan soal-soal listrik statis. Saya berikan latihan soal listrik statis untuk mencari besarnya Gaya Coulomb pada dua muatan. Silahkan simak baik-baik.

Contoh Mencari Besar Gaya Coulomb

Soal : Dua muatan listrik masing-masing -40μC dan – 20μC terpisah sejauh 10 cm di udara, berapa besar gaya coulomb yang dialami muatan dan jenisnya ?

Dua muatan listrik masing-masing -40μC dan – 20μC terpisah sejauh 10 cm di udara, berapa besar gaya coulomb yang dialami muatan dan jenisnya ?


Latihan Soal Essay  listrik Statis Kelas 9 SMP

1. Jelaskan apa yang dimaksud benda:
a. Muatan netral
b. Muatan positif
c. Muatan negative

2. Dua muatan listrik masing-masing Q1 = 5 C dan Q2 = -15 C terpisah sejauh 4 meter, titik p terletak di tengah-tengah kedua muatan tersebut. Tentukan….
a. berpengaruh medan di titik p
b. potensial di titik p

3. Tiga muatan masing-masing Q1 = 50 C, Q2 = 10 C, Q3 = 90 C. Jika Q2 dan Q3 terpisah sejauh 100 cm, tentukan letak posisi Q1 biar resultan gaya coulomb = 0

4. Berapa jarak kedua muatan dibandingkan jarak mula-mula biar gaya tolaknya menjadi 1/9 kali semula?

5. Partikel bermuatan Q = 3,2.10-19 C dan bermassa 6,4.10-27 kg dari keadaan membisu diletakkan dalam medan listrik 8.104 N/C, tentukan….
a. kelajuan partikel sehabis 0,02 detik
b. jarak yang ditempuh partikel selama 0,05 detik

6. Muatan P = -25 µC dan muatan Q = +49 µC terpisah pada jarak 50 cm. Dimanakah letak titik A biar gaya di A nol?

7. Partikel bermuatan Q = 3,2.10-19 C dan bermassa 6,4.10-27 kg dari keadaan membisu diletakkan dalam medan listrik 8.104 N/C, tentukan….
a. kelajuan partikel sehabis 0,02 detik
b. jarak yang ditempuh partikel selama 0,05 detik

8. Dalam penggosokan beling dengan kain sutera, maka kain sutera akan bermuatan ……….. lantaran …...….

9. Jelaskan fatwa muatan pada penggosokan sisir plastik dengan kain wol?10. Ada empat benda bermuatan listrik, yaitu A, B, C, dan D.  A menolak B tetapi menarik C, C menolak D sedangkan D bermuatan positif.  Tentukan jenis muatan benda A, B, dan C ?

10. Dua benda isolator yang semula netral sanggup bermuatan listrik jikalau keduanya saling digosokkan.  Jelaskan mengapa benda yang satu bermuatan kasatmata dan lainnya bermuatan negatif sehabis digosokkan ?

11. Apa yang dimaksud dengan konduktor, semi konduktor, dan isolator? Sebutkan masing-masing minimal 2 contoh?

12. Apa yang dimaksud dengan elektroskop? Dan apa manfaat elektroskop tersebut?

13. Dua muatan titik  yang terpisah sejauh 2 meter saling tolak-menolak dengan gaya 9 newton.  Berapakah gaya tolak menolaknya jikalau kedua muatan terpisah pada jarak 3 meter ?

14. Dua buah muatan yang terpisah sejauh 4 cm, jikalau muatan yang pertama +5 x 10-5 C dan yang satu lagi -1,6 x 10-6 C, maka berapakah gaya tarik-menarik antar kedua muatan tersebut?

15. Jika di udara bebas terdapat 2 muatan yang saling tolak-menolak sebesar -0,5 μC dan -0,2 μC dan gaya tolak antar keduanya ialah 2,25 N, maka berapakah jarak antar kedua muatan tersebut?

16. Terdapat suatu muatan kasatmata di udara, jikalau pada jarak 50 cm dari muatan tersebut terdapat medan listrik sebesar 4,5 x 109 N/C dan k = 9 x 109 Nm2/C2, maka berapakah besar muatan tersebut?

17. Sebutkan 4 alat yang memanfaatkan listrik statis?

18. Dua muatan listrik masing-masing -60μC dan – 40μC terpisah sejauh 10 cm di udara, berapa besar gaya coulomb yang dialami muatan dan jenisnya ?

19. Gaya tarik antara dua muatan listrik F neowton. Tentukan gaya tarik yang dialami kedua muatan, jikalau jarak kedua muatan menjadi :
a. Tiga kali semula
b. setengah kali semula

20. Dua muatan A dan B terpisah sejauh R mengalami gaya Coulomb 20 N. jikalau muatan A dijadikan 3 kali semula dan muatan B dijadikan 4 kali semula dengan jarak keduanya menjadi 2 kali semula, berapa gaya coulomb yang dialami kedua muatan kini ?

Penutup

Demikian artikel mengenai Latihan Soal dan pembahasan listrik statis kelas 9 SMP. Jika ada soal yang salah silahkan berikan saran dengan menulis di kolom komentar dengan dengan bijak dan sopan. Terimakasih