Latihan Soal Besaran Satuan, Dimensi Dan Vektor Kelas 10 Sma
4/ 5 stars - "Latihan Soal Besaran Satuan, Dimensi Dan Vektor Kelas 10 Sma" Latihan soal Essay Besaran Satuan, Dimensi dan Vektor Kelas 10 - Besaran dan satuan merupakan bahan awal yang dipelajari di semester satu ...

Latihan Soal Besaran Satuan, Dimensi Dan Vektor Kelas 10 Sma



Latihan soal Essay Besaran Satuan, Dimensi dan Vektor Kelas 10 - Besaran dan satuan merupakan bahan awal yang dipelajari di semester satu kelas 7 dan kelas 10. Menjadi bab dari pondasi ilmu Fisika. Besaran dan satuan memegang peranan pening untuk menunjang basik kemampuan anak menyelesaikan Latihan Soal Dimensi dan Vektor  Kelas 10 SMA. Sedangkan, Dimensi ialah bab dari besaran dan satuan yang juga dipelajari di kelas 10 SMA. 

Sebelum kita membahas lebih jauh Contoh Soal Besaran dan Satuan Kelas 10 SMA. Saya berikan sedikit rreview bahan Besaran dan Satuan terlebih dahulu. Mengerjakan Latihan Soal Essay Besaran Satuan dan Dimensi akan menjadi lebih gampang apabila bahan dan konsep dari Besaran dan Satuan terkuasai 100%.
 Besaran dan satuan merupakan bahan awal yang dipelajari di semester satu kelas  LATIHAN SOAL BESARAN SATUAN, DIMENSI DAN VEKTOR KELAS 10 SMA
Baca juga:
Soal dan pembahasan besaran dan satuan kelas 7 SMP
Latihan soal essay Besaran dan Satuan kelas 7 SMP
Soal ulangan Besaran dan Satuan kelas 10 SMA


Latihan Soal Besaran, Satuan, dimensi dan Vektor 

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, sebaiknya kita review sedikit bahan besaran dan satuan. biar konsep dan pemahaman semakin mantap.

#Definisi Besaran

Menurut ilmu fisika. Definisi Besaran ialah segala sesuatu yang sanggup diukur dan dihitung, memiliki nilai dan sanggup dinyatakan dengan satuan.


#Definisi Besaran Pokok 

Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya tetalh ditetapkan terlebih dahulu. Besaran pokok ada 7 yaitu: Jumlah Zat, Waktu, Massa, Panjang, Kuat Arus, Temperature, Intensitas cahaya.

#Definisi Besaran Turunan

Definisi Besaran turunan ialah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Contoh dari besaran turunan ialah kecepatan (v) dengan satuan m/s, Percepatan (a) dengan satuan m/s.s, Usaha (W) dengan satuan Joule (J) dan lain sebagainya.

#Definisi Satuan

Sedangkan, Definisi Satuan ialah suatu pembanding dalam acara pengukuran dari sutau besaran. Satuan ini contohnya meter (m), Kilogram (kg), Amphere (A), Joule (J), Sekon (s) dan lain sebagainya.


#Definisi Dimensi

Definisi Dimensi berdasarkan ilmu fisika adalah sebagai berikut. Dimensi suatu besaran merupakan penggambaran atau cara penulisan suatu besaran dengan memakai simbol (lambang) besaran pokok yang sudah ditetapkan di dunia internasional dan dipekatai bersama pemakaiannya.

Latihan Soal Essay Besaran, Satuan, Dimensi dan Vektor kelas 10 SMA

1. Sebutkan 5 teladan besaran pokok lengkap dengan satuan dan dimensinya!

2. Isilah satuan (dalam SI ) dan dimensi dari besaran turunan berikut 
        a. Energi potensial 
        b. Berat
        c. Kalor jenis
        d. Percepatan gravitasi
        e. Tekanan

3. Sebutkan empat kegunaan dari dimensi!

4. Ubahlah kedalam satuan yang diminta dalam bentuk baku (notasi ilmiah )
       a. 0,5 mm = …………… nm = ……………..mm
       b. 5,0 x 102 Mg = ………….Gg = …………mg  
       c. 13600 kg/m3 = ………… g/cm3
       d. 540 km/jam = …………..m/s
       e. 2,5 N/m2 = ………………dyne/cm2

5. Tentukan banyaknya angka penting dan tuliskan dengan memakai notasi ilmiah dari hasil pengukuran di bawah ini  
      a. 2000
      b. 0,00000005670  m
      c. 7005,00 kg 

6.   Dengan memakai hukum angka penting. Tentukan hasil perhitungan  berikut :
      a. 7,5234 + 25 + 2,512 =
      b. 2.50 x 20 : 0,5 =

7.   Dengan analisis dimensi , apakah persamaan  di bawah ini benar 
        a).  y = v0.t – ½ .g.t2                           b)   f = 1/2p  

      Keterangan:
     y = perpindahan                              f = frekuensi (jumlah getaran per detik)
     g = percepatan gravitasi                   l = panjang
    v0 = kecepatan awal                         g = percepatan gravitasi 
      t = waktu                                          t = waktu 

8. Laju perpindahan kalor secara konveksi (Q/t ) dirumuskan sebagai 
       Q/t = (k.A.DT )/L, tentukan dimensi dari k . 
         Q = energi panas 
           t = waktu , A = luas penampang, DT = selisih suhu , L = panjang logam 

9. Suatu persamaan berat dirumuskan dengan persamaan sebagai berikut w = Xt + Yt2 + Zt3. Dari persamaan tersebut tentukan satuan SI dan dimensi dari A,B, dan C?

10. Dua vektor besarnya sama 10 meter. Tentukan sudut apit terkecil antara kedua vektor ini biar besar vektor resultannya 10  m 

11. Dua vektor besarnya sama. Tentukan sudut apit antara kedua vektor tersebut biar hasil bagi selisih dan resultannya  sama dengan ½   

12. Dua vektor besarnya sama membentuk sudut q. Resultan dari kedua vektor itu adalah   dari masing-masing vektor. Hitunglah  q   ! 

13. Tiga buah vektor a, b dan c, besarnya sama. Dapatkah resultan ketiga vektor itu menghasilkan nol ? jikalau ya, bagaimana caranya, jikalau tidak jelaskan alasannya!

14. Sebuah partikel mengalami pergeseran dalam bidang datar berturut-turut 3 m ke barat daya, 4 m ke timur da 5 m ke utara 
a. Gambarkan pergeseran partikel tersebut dengan skala yang tepat 
b. Tentukan besar dan arah resultannya 

15. Empat buah gaya berturut-turut 3  N arah 45o,  14 N arah 180o, 5N arah 217o dan 5 N arah 307o bekerja pada sebuah benda . Tentukan besar dan arah resultannya  (dengan cara analitis )


Penutup

Demikian postingan mengenai Contoh Soal Besaran, Satuan, Dimensi dan Vektor Kelas 10 SMA. Apabila ada soal yang belum tepat, silahkan menunjukkan saran di kolom komentar dengan bijak dan sopan. Jangan lupa juga baca dan latihan soal fisika kelas 10 yang lainnya. Terimakasih