Kunci Tanggapan Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8
4/ 5 stars - "Kunci Tanggapan Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8" Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum 2013 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 - Kunci Jawaban soal buku...

Kunci Tanggapan Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8



Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum 2013 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 - Kunci Jawaban soal buku tematik siswa kelas 4 tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 revsi 2018

Pada kesempatan kali ini adamin ingin menyebarkan fasilitas dalam menjawab soal latihan pada buku tematik kelas 4 tema 7 melalaui goresan pena ini, berikut admin samapikan kunci balasan berserta halamannya.

Kelas 4 tema 7 pembelajaran 1 kurikulum 2013


Ayo Membaca

Bacalah dalam hati teks berikut!

Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua sanggup hidup rukun berdampingan.

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar yaitu Suku Jawa yang mencakup 40,2 persen dari penduduk Indonesia.

Suku Jawa ini merupakan adonan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya yaitu Suku Nias  dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8


Kunci Jawaban soal buku tematik Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3


Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Suku Bangsa di Indonesia”.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada,tuliskan kemudian carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel menyerupai berikut.
Jawaban
 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

2. Ada berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Pokok pikiran paragraf 1:
Jawaban
Walaupun beraneka ragam kehidupan warga negara indonesia tetapi mereka tetap hidup rukun menyerupai yang tertera pada bineka tunggal ika.

Pokok pikiran paragraf 2:
Jawaban
Indonesia meliki 1331 suku bangsa itu artinya indonesia mempunyai beraneka ragaman suku bangsa.

Cara memilih pokok pikiran pada paragraf sebagai berikut.

1. Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.

2. Menandai kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan kalimat tamat paragraf.

3. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan tamat pada paragraf.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 4, 5


Ayo Bercerita

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?

Dari acara sebelumnya, kau mengetahui bahwa di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa. Setiap suku bangsa kemungkinan mempunyai kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah satu pola perbedaan cara hidup yaitu transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi memakai tenaga binatang menyerupai gambar-gambar berikut.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi menyerupai pada gambar di atas? Coba, ceritakan kepada teman-temanmu. Apakah teman-temanmu juga menjumpai jenis alat transportasi menyerupai yang kau sebutkan?

Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kau melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya yaitu ketiga alat transportasi tersebut memakai binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Apa yang terjadi dikala kuda menarik bendi?
Jawaban
Yang terjadi yaitu Bandi akan ikut bergerak mengikuti arah berjalannya kuda.

Apa yang terjadi dikala kerbau atau kuda menarik pedati?
Jawaban
Yang terjadi yaitu Pedati akan bergerak mengikuti arah kerbau atau kuda.


Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.

1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, kemudian tarik ke posisi semula.

2. Angkat tas sekolahmu, kemudian letakkan lagi ke posisi semula.

3. Ambil selembar kertas tak terpakai, kemudian lipat atau remaslah kertas tersebut.

Dari acara tersebut, isilah tabel berikut.
Jawaban
 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

Aktivitas yang telah kau lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya.

Aktivitas yang kau lakukan terhadap tas sekolah yang kau angkat disebut gaya.

Aktivitas yang kau lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.

Gaya yaitu dorongan atau tarikan yang sanggup menimbulkan benda bergerak atau berubah bentuk.

Tugas

Tuliskan pada buku catatanmu, gaya apa yang telah kau lakukan atau kau lihat dari pagi hingga dikala ini. Tulislah dengan memakai ejaan yang tepat. Kemudian, bacakan catatanmu di depan teman-teman dan gurumu.

Kunci Jawaban buku siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 6, 7


Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambargambar berikut.

Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar.
Jawaban
 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

Keterang balasan pada gambar halaman 6 dan 7
Jawaban
Gambar 1 menyatakan bahwa gaya sanggup menyatakan bahwa benda membisu menjadi bergerak.

Gambar 2 Sebab ada aliran listrik sehingga lampu tersebut menyala.

Gamabr 3 Karena jarum terbuat dari besi sehingga magnet sanggup menarik  jarum tersebut.

Gambar 4 Karena ada gaya grapitasi bumi sehingaa buah tersebut jatuh.

Gambar 5  Adanya penggeseran pada permukan lantai sehinga dingklik tersebut bergeser.


Gaya mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang melaksanakan gaya. Macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek.


Ayo Mengamati

Perhatikan pola acara memakai gaya otot berikut.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

Kunci Jawaban tema 7 kelas 4 Halaman 8


Ayo Mengamati

Perhatikan pola acara memakai gaya otot berikut.

1. Apa yang dimaksud gaya otot?
Jawaban
Gaya otot yaitu gaya yang dilakukan oleh otot-otot badan kita.

2. Perhatikan gambar contoh-contoh gaya otot di depan. Apa imbas gaya otot terhadap benda yang dikenai gaya pada setiap gambar?
Jawaban
Gaya otot yang di lakukan oleh insan dan hewan

Pada gambar 1 Pemain tarik tambang yang sedang berlomba untuk menarik tali sekuat-kuatnya sehingga menimbulkan adanya gaya otot.

Pada gamabar 2 Seorang perajin geraba untuk membentuk keingiannya sehingga menimbulkan gaya otot.

Pada gamabar 3 Terliaht seorang ibu yang sedang mengendong anaknya sehingga menimbulkan gaya otot.

Pada gamabar 4 kerbau yang sedang menarik pedati, pedati bergerak mengikuti arah kerbau.


Tuliskan hasil diskusi kelompokmu, bacakan di depan kelompok lain, kemudian serahkan kepada Bapak/Ibu guru.

Kamu telah mengetahui salah satu jenis gaya, yaitu gaya otot. Salah satu pola penggunaan gaya otot yaitu pada pembuatan gerabah. Tahukah kau bahwa seni menciptakan gerabah tersebar di Indonesia?


Ayo Membaca

Seni Gerabah di Indonesia

Tahukah kamu, apa yang disebut gerabah? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerabah yaitu  alat-alat dapur (untuk masakmemasak dan sebagainya) yang dibentuk dari tanah liat yang kemudian dibakar (misalnya kendi, belanga).

Memang, awalnya pembuatan gerabah untuk memenuhi kebutuhan alat-alat dapur. Namun, dalam perkembangannya seni kerajinan gerabah meluas dan menghasilkan beraneka macam benda.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

Pembuatan gerabah secara tradisional tersebar di wilayah Nusantara. Di Jawa, tempat yang populer dengan pembuatan gerabah yaitu Kasongan, Yogyakarta. Kasonan adalah  nama  tempat di Kecamatan Kasihan, Bantul.

Letak Kasongan kurang lebih 8 km di sebelah barat daya Yogyakarta. Gerabah Kasongan awalnya biasa saja. Perajin Kasongan dahulu hanya menciptakan barang-barang rumah tangga, menyerupai anglo, cobek, atau kendi. Namun, pada tahun 1970-an, Bapak Sapto Hudoyo, seorang seniman Yogyakarta  mendidik perajin di sana.

Mereka diajari cara menciptakan karya seni dari tanah liat. Sejak dikala itu, seni gerabah semakin bermunculan. Para perajin menciptakan kendi yang lebih unik. Mereka juga menciptakan vas yang dilengkapi aneka hiasan.

Semakin hari, pengetahuan dan keahlian perajin makin berkembang. Hasilnya, menyerupai yang kita lihat hari ini. Gerabah Kasongan menjadi populer dan banyak dicari.

Di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ada sebuah tempat yang populer dengan seni pembuatan gerabah, yaitu di Banyumulek. Ada satu karya unik dari seni kerajinan gerabah dari Banyumulek ini, yaitu “kendi maling”.

Umumnya, kendi (wadah air) mempunyai lubang di pecahan atas untuk mengisi air. Namun, kendi dari Banyumulek ini mempunyai lubang untuk mengisi air pada pecahan bawah. Konon, pada zaman dahulu, kendi ini dibentuk untuk raja sebagai pengaman supaya “maling” yang berniat meracuni raja kebingungan mencari lubang di pecahan atas kendi.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8Masyarakat Pulau Ouw di Maluku Tengah juga menciptakan gerabah yang disebut sempeh. Mereka kebanyakan menciptakan sempeh untuk keperluan rumah tangga. Ada sempeh yang dipakai sebagai kompor, tempat memasak makanan, dan menciptakan obat-obatan tradisional.  Ada pula sempeh yang dipakai sebagai wadah suguhan dan berfungsi menyerupai piring.


Di Papua, dikala ini tradisi pembuatan gerabah ditemukan di pesisir utara Papua, tepatnya di Kampung Abar. Kampung Abar yaitu salah satu kampung di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Umumnya, pembuatan gerabah di Kampung Abar dilakukan wanita.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8Konsumen gerabah dari Kampung Abar yaitu para wisatawan yang tiba ke Danau Sentani. Bagi para wisatawan, gerabah Papua itu menarik alasannya yaitu dibentuk dengan tangan kosong tanpa mengandalkan teknologi alat pemutar. Bentuknya yang tidak halus dengan motif-motif khas Sentani juga merupakan daya tarik gerabah Papua.

 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kurikulum  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3,  4, 5,  6, 7, 8


Artikel yang sedang anda baca yaitu kunci balasan soal buku siswa tematik kelas 4 tema 7 halaman Kurikulum 2013


Terima kasih sudah membaca artikel ini agar bermanfaat untuk kita semua di manapun kalian berada.
Sumber https://likfanen.blogspot.com/