Jangan Foto Bertiga, Dapat Kualat. Benarkah Yang Ditengah Mati Duluan? Ini Penjelasannya...!!!
4/ 5 stars - "Jangan Foto Bertiga, Dapat Kualat. Benarkah Yang Ditengah Mati Duluan? Ini Penjelasannya...!!!" Banyak masyarakat yang meyakini bahwa sangat dihentikan untuk foto bertiga lantaran sanggup menjadikan orang yang di tengah foto akan menda...

Jangan Foto Bertiga, Dapat Kualat. Benarkah Yang Ditengah Mati Duluan? Ini Penjelasannya...!!!



Banyak masyarakat yang meyakini bahwa sangat dihentikan untuk foto bertiga lantaran sanggup menjadikan orang yang di tengah foto akan mendapat kesialan. Bahkan, mereka juga meyakini bahwa foto bertiga itu akan mengakibatkan kematian. Sudah semenjak usang misteri larangan foto bertiga ini beredar di masyarakat. Banyak yang percaya dengan larangan ini, bukan hanya yang muda tetapi juga yang tua, di desa maupun di kota.

Bahkan, mereka yang bertitel pendidikan tinggi pun ikut mempercayainya. Ternyata, misteri yang telah berkembang luas di masyarakat Indonesia yang notabenenya lebih banyak didominasi Islam bukanlah bersumber dari anutan Islam. Kepercayaan ini muncul dan dimulai oleh kalangan non Islam yang percaya dengan keramatnya angka tiga.

Misalnya saja keyakinan ihwal Padma Tiga, Kahyangan Tiga, termasuk juga Sanggah Kemulan yang ber-rong tiga. Para penganut kepercayaan itu meyakini bahwa angka tiga ialah angka suci untuk Tuhan. Kita tidak boleh mengaitkannya dengan insan lantaran akan berakibat buruk. Saat berfoto, blitz yang memunculkan kilatan pada kamera akan mengambil nyawa  salah seorang dari mereka, yaitu orang yang berada di tengah ketika foto bertiga. Kira-kira menyerupai itulah hal yang mereka yakini.

Namun, kalau kita menelaah misteri ini memakai pandangan Islam, maka tidak terdapat kaitan antara meninggalnya seseorang dengan kegiatan foto bertiga. Tidak ada larangan untuk berfoto bersama orang lain tanpa harus memperhatikan jumlah lantaran takut memperoleh kesialan. Islam hanya melarang janganlah berfoto sambil mengumbar aurat, alasannya ialah hal itu melanggar norma-norma anutan Islam. 

Dalam Islam, berfoto sendiri, berdua, maupun bertiga tetapi kalau mengumbar aurat hukumnya ialah tidak boleh. Bagi mereka yang melaksanakan itu akan mendapat dosa dikarenakan telah melanggar anutan Allah SWT yang kelak akan dipertanggungjawabkan di alam abadi nanti.

Keyakinan bahwa foto bertiga mengakibatkan kualat ialah kepercayaan yang bersumber dari anutan non Islam. Maka, menjadi keharusan bagi kita orang yang beragama Islam untuk menolak keyakinan ini. Hal ini penting untuk dilakukan semoga kita tidak termasuk dalam golongan menyerupai yang dicantumkan Allah dalam FirmanNya yang berbunyi:
"Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah," Mereka menjawab, "(Tidak). tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapatkan dari (perbuatan) nenek moyang kami." (Apakah mereka akan mengikut juga), walaupun nenek moyang itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?" (QS. Al-Baqarah: 170)
Nah, kalau kebetulan ada kenalan kita yang pernah foto bertiga lalu meninggal dunia, maka hal itu bukan disebabkan oleh foto tersebut. Tetapi, meninggalnya itu tidak lain lantaran memang ajalnya sudah tiba. Islam mengajarkan bahwa rezeki, Jodoh, dan maut ialah hak perogratif Allah SWT. Kapan pun Allah menghendaki insiden atas hambaNya, maka tidak ada yang bisa menghalangiNya. 

Oleh lantaran itu, sebagai orang Islam janganlah kotori doktrin kita dengan hal-hal yang tidak sejalan dengan anutan Islam. Karena hal tersebut sanggup menjadikan kemusyrikan. Jadikanlah anutan Islam sebagai tuntunan, dan tanamkan kepercayaan bahwa kematian itu ialah urusan Allah SWT semata. Hanya Allah SWT yang bisa mendatangkan mudharat atau manfaat kepada HambaNya. Sikap tauhid ini akan mengantarkan kita menuju kepada keyakinan yang benar. 

Baca Juga:
Jika kita ikut meyakini bahwa foto bertiga sanggup mengakibatkan kesialan dan bencana, maka kita termasuk golongan musyrikin. Naudzubillahimindzalik, sungguh kita telah jatuh ke dalam kesesatan yang nyata. Mari berdoa, semoga kita diselamatkan dari kesyirikan tersebut.

 Banyak masyarakat yang meyakini bahwa sangat dihentikan untuk foto bertiga lantaran sanggup men Jangan Foto Bertiga, Bisa Kualat. Benarkah yang Ditengah Mati Duluan? Ini Penjelasannya...!!!

Sebagai seorang muslim, kita senantiasa berharap hidayah dari Allah SWT. Hidayah tersebut akan tiba kalau kita bisa mentauhidkanNya. Setan tidak akan bisa menarik hati seseorang yang memiliki perilaku tauhid yang kuat, yaitu orang yang meyakini dengan besar lengan berkuasa bahwa mudharat dan manfaat itu hanyalah urusan Allah SWT semata.

Sumber http://ilmusiana.blogspot.com/