Ki Kd Manajemen Infrastruktur Jaringan Smk Tkj K13 Revisi
4/ 5 stars - "Ki Kd Manajemen Infrastruktur Jaringan Smk Tkj K13 Revisi" KI KD Administrasi Infrastruktur jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ Kurikulum 2013 (K13) revisi 2017 201 8. Melanjutkan pembahasan kami,...

Ki Kd Manajemen Infrastruktur Jaringan Smk Tkj K13 Revisi



KI KD Administrasi Infrastruktur jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ Kurikulum 2013 (K13) revisi 2017 2018. Melanjutkan pembahasan kami, jadi pada kali ini kami akan membagikan KI KD salah satu kompetensi Sekolah Menengah kejuruan (Teknik Komputer dan Jaringan/ TKJ), ialah mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Namun, sebalum kami sampaikan KI KD dari mata pelajaran tersebut, perlu kita ketahui wacana apa itu manajemen infrastrukur jaringan.

Jadi, administrasi infrastruktur jaringan yaitu sebuah pekerjaan dari para direktur jaringan untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar. Secara umum, pekerjaan ini dikerjakan oleh seoarang direktur yang bertugas untuk : instalasi dan konfigurasi server dan aplication software, menciptakan dan mengelolah user, back up dan restore file, mengkonfigurasi keamanan sistem, memakai tool untuk memonitor keamanan jaringan.

Seorang siswa Sekolah Menengah kejuruan kompetensi keahlian TKJ minimal harus menguasai beberapa keterampilan tersebut. Apa lagi, perkembangan teknologi yang super cepat ini harus diadaptasi dengan pendidikan di Indonesia, oleh alasannya itu pemerintah melalui kementrian pendidikan mengeluarkan Surat Keputusan wacana spektrum SMK.

Dasar Hukum KI KD mapel Administrasi Infrastruktur Jaringan K13 Sekolah Menengah kejuruan TKJ

Surat Keputusan Pemerintah wacana spektrum Sekolah Menengah kejuruan dinyakakan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi isu wacana Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Surat Keputusan tersebut kalau kita baca mulai berlaku mulai tanggal 9 Juni 2017, dan menggantikan peraturan yang sebelumnya. Jika kalian ingin tau dengan isi peraturan pemerintah tersebut, kami sudah melampirkan salinan Surat Keputusan tersebut, di selesai artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda sanggup mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, ialah https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ

Ada yang menarik terkait dengan isi dari spektrum Sekolah Menengah kejuruan dalam SK terbaru tersebut. Dalam kurikulum 2013 revisi, dikenal adanya istilah baru, ialah KI yang merupakan kependekan dari Kompetensi Inti. KI sendiri pada awal K13 diberlakukan, terdiri dari 4 KI, ialah KI 1 hingga KI 4. Masing-masing KI memiliki tujuan yang berbeda-beda, antara lain KI 1 lebih menekankan pada aspek perilaku spiritual, KI 2 aspek perilaku sosial, KI 3 aspek pengetahuan, dan KI 4 aspek keterampilan.

Adanya KI ini merupakan salah satu implementasi pemerintah dalam pendidikan karakter. Namun, dikarenakan adanya suatu hal, maka kini untuk K13 revisi ini hanya memiliki 2 KI saja, ialah KI 3 dan KI 4. Untuk KI 1 dan KI 2 diberikan kepada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

Selanjutnya ialah KD atau lebih kita kenal dengan sebutan Kompetensi Dasar. Tentang pengertian kompetensi dasar ini tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP 2006). Namun, isi dari KD yang ditentukan oleh pemerintah ini banyak direvisi untuk mempersiapkan SDM yang siap menghadapi Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI)

KI Administrasi Infrastruktur Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ

KI mata pelajaran yang ada pada C3 TKJ ini memiliki 2 KI, ialah KI 3 (kode = 3), dan KI 4 (kode = 4). KI ini merupakan citra secara umum wacana keinginan dari lulusan siswa TKJ. Berikut ini KI Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

4. Melaksanakan kiprah spesifik, dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta menuntaskan problem sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja berdikari dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, mengakibatkan gerak alami, hingga dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung.
Administrasi Infrastruktur jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ Kurikulum  KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ K13 Revisi

KD Administrasi Infrastruktur Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ

Untuk KD mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ Sekolah Menengah kejuruan terdiri dari 17 KD yang dipelajari selama 2 tahun, ialah kelas XI dan kelas XII. Makara tidak problem kalau jumlah KD ada banyak. Selain itu, jumlah jam pelajaran tiap ahad juga tidak mengecewakan banyak, ialah 6 jam untuk kelas XI, dan 9 jam untuk kelas XII.

KD dalam kurikulum 2013 revisi ini terbagi menjadi 2 jenis KD, ialah KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Nah, antara KD 3 dan KD 4 tidak ada perbedaan materi, namun terdapat perbedaan “kata depan”. Contohnya KD 3.1 dan KD 4.1, terdapat kata “mengevaluasi” dan “mengkonfigurasi”. Dikarenakan 2 kata ini memiliki makna yang berbeda, tentu penerapannya juga berbeda. Jika masih ingin tau dengan KD mapel Administrasi Infrastruktur Jaringan, berikut ini KD yang ditetapkan pemerintah.

3.1 Mengevaluasi VLAN pada jaringan
4.1 Mengkonfigurasi VLAN
3.2 Mengevaluasi permasalahan VLAN
4.2 Melakukan perbaikan konfigurasi VLAN
3.3 Memahami proses routing
4.3 Mengkaji jenis-jenis routing
3.4 Mengevaluasi routing statis
4.4 Mengkonfigurasi routing statis
3.5 Menganalisis permasalahan routing statis
4.5 Memperbaiki konfigurasi routing statis
3.6 Mengevaluasi routing dinamis
4.6 Mengkonfigurasi routing dinamis
3.7 Mengevaluasi permasalahan routing dinamis
4.7 Memperbaiki konfigurasi routing dinamis
3.8 Mengevaluasi internet gateway
4.8 Mengkonfigurasi NAT
3.9 Menganalisis permasalahan internet gateway
4.9 Memperbaiki konfigurasi NAT
3.10 Mengevaluasi firewall jaringan
4.10 Mengkonfigurasi firewall jaringan
3.11 Menganalisis permasalahan firewall
4.11 Memperbaiki konfigurasi firewall
3.12 Mengevaluasi manajemen bandwidth
4.12 Mengkonfigurasi manajemen bandwidth
3.13 Menganalisis permasalahan manajemen bandwidth
4.13 Memperbaiki konfigurasi manajemen bandwidth
3.14 Mengevaluasi load balancing
4.14 Mengkonfigurasi load balancing
3.15 Mengevaluasi permasalahan load balancing
4.15 Memperbaiki konfigurasi load balancing
3.16 Mengevaluasi Proxy Server
4.16 Mengkonfigurasi Proxy Server
3.17 Menganalisis permasalahan Proxy Server
4.17 Memperbaiki konfigurasi Proxy Server

Orang lain juga membuka :
1. Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan (TKJ SMK) K13 Revisi
2. KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen terbaru, ialah Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen wacana KI KD kompetenti keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ SMK

Demikian artikel wacana KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ SMK K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia apabila anda ingin mengamankan artikel ini.
Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/