40 Soal Kelas 6 Sd Mi Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)
4/ 5 stars - "40 Soal Kelas 6 Sd Mi Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)" Soal tematik kelas 6 SD MI tema 2 (persatuan dalam perbedaan) subtema 2 (bekerja sama mencapai tujuan) kurikulum 2013 revisi dan kunci jawab...

40 Soal Kelas 6 Sd Mi Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)



Soal tematik kelas 6 SD MI tema 2 (persatuan dalam perbedaan) subtema 2 (bekerja sama mencapai tujuan) kurikulum 2013 revisi dan kunci jawaban/ pembahasan. Pada kali ini akan kami sampaikan salah satu latihan soal SD MI yang kami miliki, yaitu soal kelas 6 SD MI.

Dalam pembelajaran di kelas 6 SD MI, terdapat beberapa kompetensi atau materi yang disampaikan. Nah beberapa kompetensi tersebut dituangkan dalam beberapa tema. Setidaknya ada 9 tema yang akan dipelajari oleh siswa kelas 6 SD MI. Untuk yang kami sampaikan ini yaitu tema 2. Jika anda tertarik dengan latihan soal tema 1, silahkan buka : 40 Soal Tematik Kelas 6 Tema 1 Semester 1 Kurikulum 2013 & Jawaban

Soal Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Subtema 2 dan Jawaban 

Dalam pembelajaran tema 2 kelas 6 SD MI ini, ada beberapa mata pelajaran yang dipelajari, mulai dari IPA, PPKn, Bahasa Indonesia, IPS, SBdP. Kami pikir pembaca sudah tidak kaget dengan adanya beberapa mata pelajaran yang dipelajari dalam satu tema. Yak arena menyerupai ini lah pembelajaran tematik.

Kami membagi latihan soal tematik kelas 6 SD MI ini menjadi beberapa jenis soal, antara lain soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian. Setidaknya ada 40 soal yang sudah kami siapkan untuk membantu pembaca menuntaskan kompetensi yang ada pada tema 2.

Selain jenis soal yang bermacam-macam dan banyak, kami juga sudah menyediakan kunci jawaban/ pembahasan soal. Jika anda mencari kunci jawaban/ pembahasan soal, anda sanggup dengan gampang melihatnya pada final artikel. Sudah kami bagi kok, mana yang kunci tanggapan pilihan ganda, esai, dan uraian.

LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan jikalau ada merasa cocok dan sesuai dengan soal ini, Klik saja tombol LINK DOWNLOAD yang tersedia pada final artikel, maka anda akan diarahkan menuju halaman download. Oya, jikalau anda menjumpai ada kunci tanggapan atau pembahasan soal yang tidak sesuai, mohon masukkan nomor soal yang salah pada kolom komentar. Secepatnya akan kami perbaiki.

Nah, demikian pengantar kami terkait soal tematik kelas 6 SD MI tema 2 (persatuan dalam perbedaan) subtema 2 beserta kunci jawaban. Semoga latihan soal tematik kurikulum 2013 revisi ini menunjukkan manfaat kepada pada pembaca semua khususnya menuntaskan kompetensi yang ada pada tema 2.

Soal Pilihan Ganda Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)

Perhatikan penggalan kisah di bawah ini!
Ngungg… terdengar memecah kelenggangan suasana di ladang milik Pak Umar. Sinar matahari yang terasa aben kulit tidak mempengaruhi para betina lebah dalam bekerja. Dengan naluri yang dimiliki oleh lebah, mereka bisa bekerja sama menjalankan setiap kiprah mereka.

Kita semua tahu, bahwa sebagian betina lebah pekerja mencari cairan nektar dari bunga-bunga yang ada di sekitar ladang pak Umar untuk dibawa kembali ke sarang mereka. Adapun sebagian betina yang lain mempunyai kiprah yaitu merawat sarang semua anggota koloni. Lebah juga mempunyai sengat di serpihan ekornya, yang berfungsi untuk mempertahankan diri jikalau diserang oleh musuhnya.

Dalam kehidupan lebah, ada beberapa anggota, yang pertama yaitu ratu lebah. Satu sarang lebah hanya terdapat satu ratu lebah yang hanya mempunyai satu tugas, yaitu bertelur untuk menghasilkan lebah-lebah baru. Ratu lebah cukup gampang dikenali sebab ukuran tubuhnya yang paling besar di antara semua lebah yang ada di dalam sarang. Anggota lebah yang kedua yaitu lebah pekerja. Lebah pekerja sebagian mempunyai kiprah menciptakan sarang dan sebagian lainnya mencari makan. Sedangkan anggota lebah yang ketiga yaitu lebah jantan. Tugas lebah jantan yakni mengawini si ratu lebah. Adapun jumlah lebah jantan jauh lebih sedikit dibanding lebah pekerja betina. 

Seluruh lebah yang ada pada sarang menjalankan kiprah mereka dengan baik, sehingga terciptalah suatu kolaborasi untuk mencapai tujuan, yaitu hidup mempunyai sarang yang penuh dengan makanan dan bersama dalam kedamaian.

Sebagai manusia, kita sanggup mencontoh kehidupan lebah. Di dalam kelas, kita sanggup bekerja sama dengan guru untuk menciptakan suasana mencar ilmu menjadi tertib dan nyaman, atau kita juga sanggup bekerja sama menyebarkan kiprah bersama sobat untuk menjaga  kebersihan kelas. Di lingkungan keluarga, kita sanggup bekerja sama dalam menuntaskan banyak sekali pekerjaan rumah, jadi rumah kita akan selalu higienis dan nyaman. Intinya adalah, jikalau kita bekerja sama, maka tujuan kita akan lebih gampang tercapai.

1. Lebah yang bertugas mencari materi baku madu yaitu …
A. semua lebah
B. lebah betina
C. lebah jantan
D. ratu lebah

2. Pemilik peternakan lebah dalam kisah di atas yaitu …
A. Pak Toni
B. Pak Umar
C. Pak Amir
D. Pemerintah

3. Tugas lebah jantan yaitu …
A. menciptakan sarang
B. mencari sari bunga
C. beberapa suku yang berbeda
D. mengawini ratu lebah

4. Nilai moral yang bisa kita ambil dalam kisah di atas yaitu ...
A. peluang menjadi pengusaha madu menjanjikan
B. Pak umar pengusaha madu
C. madu baik untuk kesehatan
D. kerjasama menghasilkan hasil yang maksimal

5. Tugas ratu lebah yaitu …
A. menjaga madu
B. memimpin perang
C. bertelur
D. mecetak madu

6. Berikut ini yang bukan pola binatang yang hidup berkelompok yaitu …
A. cicak
B. berang-berang
C. lebah
D. semut

7. Cara cicak melindungi diri dari terkaman kucing yaitu dengan cara …
A. memutus ekornya
B. mengeluarkan anyir menyengat
C. mengubah warna tubuhnya
D. mengeluarkan cairan tinta

8. Hewan yang melindungi dirinya dengan mengeluarkan anyir busuk yakni …
A. landak
B. belalang daun
C. walang sangit
D. cumi-cumi

9. Kelinci merupakan binatang yang cara hidupnya …
A. berbaur dengan binatang lain
B. berkelompok
C. menyendiri
D. berkoloni

10. Cara binatang bunglon menghindari musuhnya yaitu dengan cara …
A. mengeluarkan cairan tinta
B. mengeluarkan anyir busuk
C. mengubah warna kulitnya
D. tetapkan ekornya

 Pada kali ini akan kami sampaikan salah satu latihan soal SD MI yang kami miliki 40 Soal Kelas 6 SD MI Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)

11. Lebah, Kalajengking, dan Kelabang mempunyai alat proteksi diri berupa …
A. gigi dan cakar yang tajam
B. zat beracun dalam sengatnya
C. gerakan lari yang cepat
D. mengubah warna tubuh

12. Gambar berikut ini merupakan sudut …
 Pada kali ini akan kami sampaikan salah satu latihan soal SD MI yang kami miliki 40 Soal Kelas 6 SD MI Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)
A. sudut nol
B. setengah putaran
C. satu putaran
D. refleks

13. Gambar berikut ini merupakan sudut …
 Pada kali ini akan kami sampaikan salah satu latihan soal SD MI yang kami miliki 40 Soal Kelas 6 SD MI Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)
A. lancip
B. lurus
C. siku-siku
D. refleks

Untuk No 14 dan 15
 Pada kali ini akan kami sampaikan salah satu latihan soal SD MI yang kami miliki 40 Soal Kelas 6 SD MI Tema 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)

14. Pasangan sudut yang besarnya sama yaitu …
A. a dan h
B. c dan h
C. e dan a
D. a dan d

15. Pasangan Ze dan Zf disebut pasangan sudut …
A. bertolak belakang
B. dalam bersebrangan
C. berhadapan
D. luar bersebrangan

Perhatikan serpihan dari pidato di bawah ini!
Merdeka !!!
Saudara-saudara rakyat jelata di seluruh Indonesia,

Kita semuanya telah mengetahui bahwa hari ini, tentara Inggris telah menyebarkan pamflet-pamflet yang menunjukkan suatu bahaya kepada kita semua.
…………….

Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang sanggup membikin secarik kain putih menjadi merah & putih, maka selama itu tidak akan kita mau mengalah kepada siapapun juga!
…………….

Dan untuk kita, saudara-saudara, lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Semboyan kita tetap: MERDEKA atau MATI. 


16. Penjajah yang dimaksud dalam pidato tersebut yaitu…
A. Portugis
B. Belanda
C. Inggris
D. Jepang

17. Kondisi kota Surabaya pada ketika itų sedang dalam keadaan …
A. genting
B. kondusif
C. aman
D. damai

18. Latar pidato tersebut yaitu di kota ...
A. Bali
B. Surabaya
C. Maluku
D. Sulawesi

19. "Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah" maksud dari banteng-banteng Indonesia yaitu ….
A. tentara Indonesia
B. benteng kota Surabaya
C. tembok pertahanan Indonesia
D. pemuda-pemuda Indonesia

20. Pidato diatas akan menjadikan rasa bagi pendengarnya …
A. sedih
B. ketakutan
C. semangat dan percaya diri
D. emosi yang tinggi

21. "Membawa Bendera Putih" mempunyai makna …
A. menyerah
B. semangat
C. suci
D. berani

22. Nilai moral yang bisa kita ambil dari pidato di atas yaitu ….
A. semua rakyat Indonesia harus menjadi tentara
B. jangan pernah mengalah untuk meraih sesuatu
C. kita harus mati untuk kemerdekaan
D. kerjasama tidak menghasilkan hasil yang maksimal

23. Tujuan kerjasama menjadi anggota koperasi di sekolah yaitu untuk …
A. siswa tidak membeli barang dari luar
B. meningkatkan kesejahteraan siswa
C. semoga siswa sanggup uang jajan tambahan
D. melatih siswa dalam berorganisasi

24. Kuda yang ditunggangi dalam tari Kuda Lumping yaitu …
A. keledai
B. kuda poni
C. kuda tiruan
D. kuda zebra

25. Kuda Lumping merupakan seni tari yang berasal dari …
A. Sumatera Barat
B. Jawa Timur
C. Jawa Barat
D. Jawa Tengah

Soal Essay Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)

1. Tujuan dari kolaborasi para pejuang yakni …
2. Naskah pidato harus dibentuk dengan Bahasa …
3. Tari Kuda Lumping menggambarkan semangat ...
4. Kita harus mempunyai perilaku ... atas usaha para pahlawan
5. Nilai konkret yang bisa kita ambil dari cara hidup lebah yakni …
6. Kuda dalam tarian Kuda Lumping biasanya terbuat dari …
7. Hewan yang mengeluarkan cairan hitam untuk melindungi tubuhnya yakni …
8. Semut dan lebah yakni binatang yang cara hidupnya …
9. Sudut yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360° disebut sudut …
10. Perubahan warna kulit bunglon ketika diserang musuh disebut …

Soal Uraian Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Subtema 2

1. Tulis sebuah pidato dalam salu paragraf singkat yang bertemakan "Upaya mengisi kemerdekaan untuk menghargai jasa para pahlawan"!
2. Tuliskan pola kolaborasi dengan sobat sebaya sehari-hari!
3. Uraikan sejarah lahirnya tarian Kuda Lumping!
4. Sebutkan 3 pola binatang yang mempunyai sengat!
5. Sebutkan 3 pola binatang yang mempertahankan dirinya dengan berpura-pura mati!
6. Gambarlah 2 pola sudut refleks!

Kunci Jawaban Soal Kelas 6 SD MI Tema 2 Subtema 2 Kurikulum 2013

Jawaban Soal Essay/ Esai
1. Meraih kemerdekaan
2. Bahasa resmi atau baku
3. Kepahlawanan
4. Bangga
5. Bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama
6. Anyaman baku
7. Cumi-cumi
8. Berkelompok
9. Refleks
10. Mimikri

Jawaban Soal Uraian
1. Jawaban ada pada kebijakan guru. Contohnya mari isi kemerdekaan ini dengan mencar ilmu yang rajin dan semangat
2. Jawaban ada pada kebijakan guru. Contohnya piket kelas, bermain sepak bola bersama-sama
3. Konon ceritanya, tarian kuda lumping yakni salah satu bentuk penghargaan dan proteksi rakyat kepada pasukan berkuda Pangeran Diponegoro, dan menggambarkan kisah usaha Sunan Kalijaga dan Raden Patah melawan penjajah Belanda. Namun, ada versi lain juga yang menyebutkan bahwa tarian kuda lumping yakni latihan perang pasukan Mataram yang dipimpin oleh Raja Mataram Sultan Hamengkububono I melawan pasukan Belanda.
4. Kelabang, kalajengking, lebah
5. Kumbang, musang, kecoa
6. Contoh sudut refleks


Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 B 6 A 11 B 16 C 21 B
2 B 7 A 12 C 17 A 22 B
3 D 8 C 13 D 18 B 23 D
4 D 9 C 14 A 19 D 24 C
5 C 10 C 15 D 20 C 25 D

Demikian soal kelas 6 SD MI dan kunci tanggapan tema 2 (persatuan dalam perbedaan) subtema 2 (bekerja sama dalam mencapai tujuan) kurikulum 2013 revisi, mulai dari soal pilihan ganda, esai, dan uraian. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jikalau anda ingin mendownload soal tematik SD MI kelas 6.
Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/