Soal Ulangan Fisika Penggalan Listrik Dinamis Fisika Kelas 9 Smp
4/ 5 stars - "Soal Ulangan Fisika Penggalan Listrik Dinamis Fisika Kelas 9 Smp" Soal ulangan fisika serpihan listrik dinamis kelas 9 - Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika, pada kesempatan kali ini aku membag...

Soal Ulangan Fisika Penggalan Listrik Dinamis Fisika Kelas 9 Smp



Soal ulangan fisika serpihan listrik dinamis kelas 9 - Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika, pada kesempatan kali ini aku membagikan postingan artikel aku khusunya soal fisika Sekolah Menengah Pertama kelas 9. Pada postingan sebelumnya aku sudah membagikan soal latihan listrik statis. silahkan klik disini Soal Listrik Statis.

Materi listrik dinamis biasa dipelajari di kelas 9 semester satu atau semester ganjil. Materi ini masih ada kaitannya dengan bahan listrik statis. Jika pada listrik statis anda diminta untuk menghitung muatan listrik, gaya coulomb dan medan listrik, maka pada serpihan listrik dinamis anda diminta untuk menghitung besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian listrik, beda potensial listrik, kendala listrik, perjuangan dan daya listrik. 

Soal ulangan fisika serpihan listrik dinamis kelas  SOAL ULANGAN FISIKA BAB LISTRIK DINAMIS FISIKA KELAS 9 SMP

Sebelum anda memulai untuk mengerjakan soal listrik statis maka alangkah baiknya anda juga sedikit mereview bahan ini dengan membaca kembali buku anda khusunya serpihan listrik dinamis.Jika sudah, silahkan mencoba soal latihan ini. Selamat mencoba!

Latihan Soal Listrik Dinamis Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Semester 1


Agar anda dapat memahami isi soal ulangan listrik dinamis dan mengetahui cara mengerjakan soal tersebut. Coba anda pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal ulangan kemudian mulailah mengerjakan tahap demi tahap.

A. Petunjuk Pengerjaan Soal

1. Soal Terdiri dari 14 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh tanggapan yang berdasarkan anda paling sempurna dan benar
4. Apabila ada soal atau goresan pena yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan tanggapan anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 90 menit
7. Teliti dan periksa kembali tanggapan anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas

8. kumpulkan lembar tanggapan beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas

B. Soal Essay LIstrik Statis

1.   Besar kendala dalam sebuah elemen 0,8 Ω, kedua kutub elemen dihubungkan dengan penghantar yang hambatannya 7,2 Ω. Besar berpengaruh arus yang mengalir pada penghantar itu 750 mA. Hitung besar ggl elemen tersebut!

2.  Sebuah sumber tegangan mempunyai ggl 2,4 volt dan kendala dalam 1,6 Ω. Berapakah besar kendala kawat penghantar yang harus dihubungkan pada kedua kutub sumber tegangan tersebut semoga menghasilkan berpengaruh arus yang mengalir pada penghantar sebesar 0,15 A!

3.    Elemen dengan ggl 1,8 volt dan kendala dalam 0,6 Ω, kedua kutubnya dihubungkan dengan penghantar. Kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar itu 500 mA. Hitung besar tegangan jepit elemen tersebut/?

4.  Sebuah baterai mempunyai ggl 12 volt dipakai untuk menyalakan lampu yang hambatannya 13,5 Ω. Tegangan jepit elemen tersebut 10,8 volt.
a.       Berapakah besar berpengaruh arus listrik yang mengalir pada lampu?
b.      Hitung besar kendala dalam baterai!
 


5.       Perhatikan rangkaian berikut!
       Hitung :

a.       Hambatan total rangkaian!
b.      Besar berpengaruh arus yang mengalir!
c.       Besar tegangan jepit!




6.   Sebuah elemen dengan ggl 3,2 volt dan kendala dalam 1 Ω, kedua kutub elemen dihubungkan dengan penghantar yang panjangnya 28 m dengan penampang 0,42 mm2 dan kendala jenis penghantar 0,225 Ω mm2/m. Hitunglah :
a.       besar kendala kawat penghantar!
b.      Kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar!
c.       Besar tegangan jepit elemen!

7.   Sebuah sumber tegangan dengan ggl 4 volt dan kendala dalam 0,8 Ω, kedua kutub elemen dihubungkan dengan kaeat yang panjangnya 27 m dengan penampang 0,48 mm2. Besar tegangan jepit sumber tegangan 3,6 volt. Hitunglah :
a.       besar berpengaruh arus listrik yang mengalir pada penghantar!
b.      berapa besar kendala penghantar!
c.       besar kendala jenis kawat penghantar!

8.    Ggl sebuah baterai 4,8 volt dengan kendala dalam 0,5 Ω. Kedua kutub dihubungkan dengan kawat yang berpenampang 0,21 mm2 dan mempunyai kendala jenis 0,105 Ω.mm2/m. Dalam waktu 4 menit banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui penghantar itu 144 C. Hitung:
a.       kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar!
b.      besar kendala penghantar!
c.       tegangan jepit baterai!
d.      panjang kawat penghantar yang diperlukan!

9.     Delapan buah elemen masing-masing dengan ggl 1,5 volt dan kendala dalam 0,5 Ω disusun seri. Kedua kutub elemen dihubungkan dengan alat yang hambatannya 16 Ω. Tentukan:
a.       Ggl total elemen!
b.      Hambatan dalam total  elemen!
c.       Besar berpengaruh arus listrik yang mengalir!
d.      Tegangan jepit rangkaian!
e.       Besar ggl yang hilang!

10. elemen  masing-masing mempunyai ggl dan kendala dalam yang sama besarnya, elemen-elemen itu dirangkai seri. Jika kedua kutub elemen dihubungkan dengan penghantar yang hambatannya 24 Ω, maka berpengaruh arus yang mengalir besarnya 0,6 A. Tetapi jikalau kedua kutub jikalau kedua kutub elemen tersebut dihubungkan dengan penghantar yang hambatannya 6 Ω, maka berpengaruh arus yang mengalir besarnya 1,5 A. Hitunglah :
a.       besar kendala dalam tiap elemen!
b.      Hambatan dalam total elemen!
c.       Besar ggl tiap elmen!
d.      Ggl total elemen!

11. Elemen masing-masing dengan kendala dalam 0,2 Ω dirangkai seri, rangkaian elemen dipakai untuk menyalakan lamapu yang hambatannya 17,6 Ω. Besar berpengaruh arus listrik yang mengalir pada lampu 1,5 A. Hitung:
a.       Besar ggl tiap elemen!
b.      Ggl total elemen!
c.       Hambatan dalam total elemen!
d.      Besar tegangan jepit rangkain!
e.       Ggl yang hilang!

12. Beberapa elemen masing-masing dengan ggl 2,4 volt dan kendala dalam 0,5 Ω disusun seri, rangkaian elemen dipakai untuk menyalakan lampu yang hambatannya 20 Ω. Kuat arus yang mengalir pada rangkaian 800 mA. Tentukan:

a.       Banyaknya elemen!
b.      Ggl total elemen!
c.       Hambatan dalam total elemen!
d.      Tegangan jepit rangkaian!
e.       Ggl yang hilang! 

13. Sembilan elemen masing-masing dengan ggl 1,5 volt disusun seri, kedua kutub elemen dihubungkan dengan kawat yang panjangnya 27 m dengan penampang 0,72 mm2. Besar kendala jenis kawat 0,288 Ω mm2/m dan berpengaruh arus listrik yang mengalir pada rangkaian sebesar 0,75 A. Tentukan :

a.       Besar kendala kawat!
b.      Hambatan dalam tiap elemen!
c.       Ggl total elemen!
d.      Besar kendala daam total elemen!
e.       Tegangan jepit rangkaian!
f.       Ggl yang hilang!

14. 2 buah elemen masing-masing dengan ggl 1,2 volt dan kendala dalam 1,25 Ω disusun seri, rangkaian elemen dipakai untuk radio. Kuat arus yang diharapkan besarnya 360 mA. Hitung:
a.       Besar kendala radio!
b.      Tegangan jepit rangkaian!
c.       Ggl yang hilang!
    

C. Penutup

      Demikian postingan latihan soal fisika listrik dinamis, mudah-mudahan artikel soal essay listrik dinamis dapat memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal fisika lainnya. Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya. 


      Jika anda suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke teman-teman anda. Jika anda mempunyai sudut pandang lain mengenai artikel di atas silahkan komentar di bawah dan mari kita diskusikan dengan baik.