Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan
4/ 5 stars - "Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan" Lokasi geologis yaitu lokasi yang didasarkan pada lempeng tektonik dunia. Indonesia berada diantara tiga lemepng tektonik aktif yaitu Euras...

Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan



Lokasi geologis yaitu lokasi yang didasarkan pada lempeng tektonik dunia. Indonesia berada diantara tiga lemepng tektonik aktif yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik. Kondisi ini menimbulkan Indonesia berada di cincin api pasifik. Deretan gunung api berjejer dari ujung Sumatera hingga Nusa Tenggara dan di utara Sulawesi dan Maluku. Menurut statusnya gunung api di Indonesia terbagi ke dalam tiga tipe yaitu Gunung Api A, B dan C. Gunung api tipe A yaitu gunung api yang tercatat meletus minimal satu kali semenjak 1600. Gunung api tipe B yaitu gunung api yang tidak tercatat meletus semenjak tahun 1600. Gunung api tipe C yaitu gunung api  yang tidak diketahui catatannya namun masih memperlihatkan tanda-tanda vulkanis menyerupai solfatar, fumarol. Saat ini gunung api yang sedang aktif tinggi di Indonesia yaitu Sinabung dan Agung.

Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Indonesia, dikala ini ada 127 gunung api aktif dan sebanyak 69 gunung diantaranya terus menerima pantauan intensif alasannya yaitu kegiatan magma di dalamnya. Aktivitas lempeng tektonik dan magma juga menimbulkan terbentuknya bijih-bijih mineral berharga menyerupai minyak, gas, emas, perak, tembaga hingga intan. Bahan galian tersebut merupakan modal pembangunan yang sangat berharga.
Lokasi geologis yaitu lokasi yang didasarkan pada lempeng tektonik dunia Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan
Keindahan Gunung Rinjani di Lombok
Pergerakan aktif subduksi lempeng di Indonesia juga sering memicu gempa tektonik yang sanggup berbahaya bagi kehidupan. Gempa di Aceh tahun 2004 yang memicu tsunami dan gempa di Yogyakarta tahun 2006 yaitu pola gempa tektonik yang memakan banyak korban jiwa. Mitigasi peristiwa geologi harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat alasannya yaitu kodrat Indonesia yang berada di kawasan jalur rawan peristiwa geologi.

Jadi kondisi geologi Indonesia sangat besar lengan berkuasa bagi keberlangsungan kehidupan peradaban di atasnya. Kita sebagai masyarakat harus berguru memahami kondisi tersebut supaya tidak kaget dengan fenomena yang terjadi. Desain rumah contohnya harus dibentuk untuk meredam getaran gempa menyerupai rumah panggung. Rumah panggung yaitu wujud kearifan lokal masyarakat di Indonesia ihwal pengetahuan akan potensi gempa. Struktur panggung akan meminimalisir energi getaran gempa.