Soal Tematik Kelas 6 Sd Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan Dan Kunci Balasan
4/ 5 stars - "Soal Tematik Kelas 6 Sd Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan Dan Kunci Balasan" SOAL TEMATIK  KELAS 2 SD  KURIKULUM 2013 ( K13 ) Tema : 2 – Persatuan Dalam Perbedaan Subtema  : 1 – Rukun Dalam Perbedaan Ketera...

Soal Tematik Kelas 6 Sd Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan Dan Kunci Balasan



SOAL TEMATIK KELAS 2 SD KURIKULUM 2013 ( K13 )
Tema : 2 – Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema  : 1 – Rukun Dalam Perbedaan

Keterangan soal :
Jumlah soal pilihan ganda : 25
Jumlah soal isian singkat : 10
Jumlah soal uraian : 5

 Rukun Dalam Perbedaan dan Kunci Jawaban  Soal Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan dan Kunci Jawaban

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dikumandangkan pada tanggal ....
a. 8 Oktober 1928
b. 28 Oktober 1945
c. 17 Agustus 1945    
d. 20 Nopember 1945

2. Penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Moh Roem
b. Ir. Soekarno, Sayuti Melik dan Drs. Moh. Hatta
c. Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara dan Sukarni
d. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo

3. Teks proklamasi dibacakan di jalan ....
a. Merdeka Selatan No. 45
b. Pegangsaan Timur No. 56
c. Panglima Soedirman No. 46
d. Ahmad Yani No. 27

4. Dua kota di Jepang yang di bom atom oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945 ialah kota ....
a. Tokyo dan Hisorhima   
b. Hisroshima dan Nagasaki
c. Tokyo dan Kyoto
d. Nagasaki dan Kyoto

5. Pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno disambut rakyat dengan ....
a. Gelisah dan khawatir
b. Gembira dan sukacita
c. Gembira namun takut
d. Sedih dan marah

6. Sikap para pejuang kemerdekaan yang perlu kita teladani diantaranya ialah ....
a. Mengunggulkan tempat masing-masing
b. Berdebat menentukan pemimpin Indonesia
c. Mengutamakan pendapat generasi tua
d. Bersatu dalam semua perbedaan

7. Ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungannya dinamakan ....
a. Fotosintesis
b. Respirasi
c. Adaptasi
d. Aspirasi

8. Contoh ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai ialah ....
a. Akar menjulang tinggi
b. Memiliki batang berongga
c. Memiliki daun yang runcing
d. Mempunyai bunga yang berbau busuk

9. Contoh tumbuhan yang memiki ciri khusu berupa batang yang berduri ialah ....
a. Ketela pohon, salak dan mangga
b. Salak, mawar dan kaktus
c. Mawar, melati dan anggrek
d. Kaktus, jati dan bambu

10. Tumbuhan yang hidup di tempat gurun dinamakan tumbuhan .... 
a. Higrofit
b. Xerofit
c. Aerofit
d. Hidrofit

11. Contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah ialah ....
a. Kerja bakti membangun jalan desa
b. Gotong royong membangun jembatan
c. Saling membantu dalam kerja piket kelas
d. Kerja sama dalam ujian sekolah

12. Manfaat adanya persatuan di lingkungan sekolah ialah ....
a. Belajar menjadi nyaman
b. Belajar menjadi terganggu
c. Bisa bermain terus di kelas
d. Sekolah menjadi cepat selesai

13. Kerukunan sanggup menjadi penguat bangsa, hal itu ibarat peribahasa ....
a. Bhineka tunggal ika
b. Tut wuri handayani
c. Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian
d. Bersatu kita teguh bercerai ktia runtuh

14. Menjaga kerukunan di kelas merupakan pola perilaku yang mencerminkan sila Pancasila yang ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

15. Sikap ketika di sekolah yang mencerminkan menghargai perbedaan ialah ....
a. Berteman dengan semua siswa di kelas
b. Memilih sahabat yang seagama saja
c. Mencari sahabat yang kaya-kaya  saja
d. Tidak mau bermain dengan yang lain daerah

16. Ahmad memiliki 1/2 m tali dan Budi memiliki 1/5 m tali. Hal itu berarti tali yang dipunyai Budi ialah ....
a. Lebih panjang dari tali punya Ahmad
b. Lebih luas dari tali punya Ahmad
c. Sama panjang dengan tali punya Ahmad
d. Lebih pendek dari tali punya Ahmad

17. Deni membeli 1/2 Kg buah apel, Rani membeli 1/4 Kg buah jeruk, Bayu membeli 3/4 Kg buah pir dan Ratna membeli 1 1/2 Kg buah salak. Dari keempat orang tersebut  yang membeli  buah dengan jumlah paling ringan ialah ....
a. Deni
b. Rani
c. Bayu
d. Ratna

18.  1/2  ,  1/3  ,  2/5 ,  3/4  , 1/10
Pecahan-pecahan di atas kalau diurutkan dari yang terkecil menjadi ....
a. 1/10  ,  1/3  ,  2/5 ,  1/2  , 3/4
b. 1/3  ,  1/2  ,  2/5 ,  1/10  , 3/4
c. 1/3  ,  1/10  ,  2/5 ,  1/2  , 3/4
d. 1/10  ,  1/3  ,  1/2 ,  2/5  , 3/4

19. 1 1/2  ,  4/8  ,  2/3 ,  4/2  , 8/10
Pecahan-pecahan di atas kalau diurutkan dari yang terbesar menjadi ....
a.  4/8  ,  1 1/2  ,  8/10 ,  2/3  , 4/2
b.  1  1/2  ,  4/2  ,  8/10 ,  2/3  , 4/8
c.  4/2  ,  8/10  ,  1  1/2 ,  2/3  , 4/8
d.  4/2  ,  1 1/2  ,  8/10 ,  2/3  , 4/8

20. Teks proklmasi kemerdekaan Indonesia diketik oleh .....
a. Mr. Achmad Soebardjo
b. Sayuti Melik
c. Sukarni
d. Drs. Moh. Hatta

21. Abdul Latief Hendraningrat ialah salah satu sosok yang berkiprah dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia, ia ialah salah satu orang yang .....
a. Menulis teks proklamasi
b. Mengetik teks proklamasi
c. Memimpin upacara proklamasi
d. Mengibarkan Sang Saka Merah Putih

22. Di dalam lingkungan masyarakat terdapat banyak perbedaan, maka kita harus menjunjung tinggi perilaku ....
a. Toleransi
b. Egois
c. Tanggung Jawab
d. Percaya diri

23. Indonesia merdeka ialah alasannya ....
a. Hadiah dari negara-negara sekutu
b. Pemberian dari pemerintah jepang
c. Perjuangan rakyat Indonesia sendiri
d. Tidak ada yang berani menjajah

24. Negara Indonesia memiliki berbagai perbedaan, antara lain memiliki perbedaan seni dan budaya. Sikap kita sebaiknya terkait hal tersebut ialah ....
a. Hanya menyukai budaya tempat sendiri
b. Bangga alasannya merupakan kekayaan bangsa
c. Selalu pamer terhadap negara lain
d. Mengejek budaya yang tidak terkenal

25. Upacara bendera yang dilakukan di sekolah salah satunya bertujuan untuk ....
a. Mengenang jasa para pahlawan
b. Melatih siswa biar besar lengan berkuasa di lapangan
c. Melatih siswa untuk baris berbaris
d. Menjadikan semua murid jadi pahlawan

Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan pribadi ternilai secara online, silahkan dicoba :

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ditulis di rumah .... 
2. Teks proklamasi kemerdekan Indonesia ditandatangi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta atas nama .... 
3. Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air dinamakan tumbuhan .... 
4. Tumbuhan xerofit ialah tumbuhan yang hidupnya di tempat yang .... 
5. Teratai dan enceng gondok ialah tumbuhan yang hidupnya di .... 
6. Orang yang menjahit bendera sang Saka Merah Putih yang dikibarkan ketika proklmasi kemerdekaan ialah .... 
7. Arti semboyan Bhineka Tunggal Ika ialah .... 
8. Orang yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ialah .... 
9. 3/4  ...... 3/10
Tanda yang sempurna untuk mengisi  titik-titik di atas ialah .... 

10. 1/8  ,  1/2  ,  2/6 ,  3/4  , 1/10
 Urutan yang sempurna dari pecahan-pecahan di atas dari yang paling kecil ialah .... 

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Sebutkan kiprah bagi seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : ................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Sebutkan makna penting dari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : ................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


3. Sebutkan manfaat-manfaat dari adanya kerukunan dalam lingkungan masayarakat!
Jawab : ...............................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Bu Yani menciptakan 8 camilan manis coklat untuk perayaan ulang tahun anaknya yang berjulukan Sinta. Setiap camilan manis coklat tersebut dipotong menjadi 10 bagian. Saat perayaan ulang tahun tersebut ada 36 sahabat Sinta yang datang. Setiap sahabat Sinta diberi 2 potong kue. Berapa bagiankah jumlah sisa camilan manis yang dibentuk Bu Yani?
Jawab : ................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5. Sebutkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga persatuan dalam perbedaan yang ada di lingkungan sekolah!
Jawab : ................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan pribadi ternilai secara online, silahkan dicoba :

KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 6 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 RUKUN DALAM PERBEDAAN

A. JAWABAN

1. c. 17 Agustus 1945
2. d. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo
3. b. Pegangsaan Timur No. 56
4. b. Hisroshima dan Nagasaki
5. b. Gembira dan sukacita
6. d. Bersatu dalam semua perbedaan
7. c. Adaptasi
8. b. Memiliki batang berongga
9. b. Salak, mawar dan kaktus
10. a. Higrofit
11. c. Saling membantu dalam kerja piket kelas
12. a. Belajar menjadi nyaman
13. d. Bersatu kita teguh bercerai ktia runtuh
14. c. Ketiga
15. a. Berteman dengan semua siswa di kelas
16. d. Lebih pendek dari tali punya Ahmad
17. b. Rani
18. a. 1/10  ,  1/3  ,  2/5 ,  1/2  , 3/4
19. d.  4/2  ,  1 1/2  ,  8/10 ,  2/3  , 4/8
20. b. Sayuti Melik
21. d. Mengibarkan Sang Saka Merah Putih
22. a. Toleransi
23. c. Perjuangan rakyat Indonesia sendiri
24. b. Bangga alasannya merupakan kekayaan bangsa
25. a. Mengenang jasa para pahlawan

B. JAWABAN

1. Laksamana Tadashi Maeda
2. Bangsa Indonesia
3. Hidrofit
4. Kering
5. Air
6. Fatmawati
7. Berbeda-beda namun tetap satu jua
8. Ir. Soekarno
9. >
10. 1/10  ,  1/8  ,  2/6 ,  1/2  , 3/4

C. JAWABAN
1. Tugas bagi seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut :
 Belajar dengan rajin dan giat
 Menjaga persatuan dalam kelas dan sekolah
 Berlatih mengembangkan dan talenta yang dimiliki
 Berusaha mengukir prestasi untuk menciptakan harum nama bangsa 
 Menghindari perkelahian dan tawuran antar siswa dan sekolah

2. Makna-makna penting dari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut :
 Sebagai puncak usaha bangsa Indonesia
 Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan
 Membuat Indonesia menjadi negara gres yang diakui dunia
 Meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia

3. Manfaat-manfaat dari adanya kerukunan dalam lingkungan masayarakat antara lain sebagai berikut :
 Hidup menjadi nyaman
 Hidup menjadi tenang
 Antar masyarakat sanggup saling membantu dan tolong menolong
 Masyarakat menjadi kuat
 Keadaan menjadi damai

4. Diketahui :
 Jumlah camilan manis yang dibentuk Bu Yani = 8 camilan manis coklat
 Jumlah potongan setiap camilan manis coklat = 10 bagian
 Jumlah sahabat Sinta yang tiba = 36 orang
 Jumlah camilan manis yang di sanggup setiap sahabat Sinta = 2 potong kue

Ditanya :
 Berapa bagiankah jumlah sisa camilan manis yang dibentuk Bu Yani?

Jawab = ( 8 x 10 ) – ( 36 x 2 ) = 80 – 72 = 8 potong bagian
8 potong bab = 8/10 kue

5. Contoh-contoh perilaku dalam menjaga persatuan dalam perbedaan yang ada di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut  :
 Berteman dengan semua siswa di sekolah walau berbeda agama, tempat maupun hobi
 Menjaga toleransi ketika sahabat sedang beribadah
 Saling menghormati perbedaan yang dipunyai antar teman
 Tidak mengejek sahabat yang berbeda tempat atau berbeda agama
 Menghargai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki teman