Faktor Penyebab Sebuah Lokasi Menjadi Sentra Pertumbuhan
4/ 5 stars - "Faktor Penyebab Sebuah Lokasi Menjadi Sentra Pertumbuhan" Tidak semua lokasi sanggup berevolusi menjadi kutub pertumbuhan dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Coba kau lihat daerah...

Faktor Penyebab Sebuah Lokasi Menjadi Sentra Pertumbuhan



Tidak semua lokasi sanggup berevolusi menjadi kutub pertumbuhan dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Coba kau lihat daerah-daerah di Indonesia, tidak semua tumbuh jadi wilayah dengan kekuatan ekonomi super ibarat Jabodetabek atau Makassar dan lainnya. Berikut ini penjelasannya.

a. Kondisi Fisik Wilayah
Kondisi fisik suatu wilayah yakni salah satu faktor yang menciptakan kawasan sanggup berubah menjadi sentra pertumbuhan. Daerah dengan morfologi datara akan lebih cepat berkembang dibandingkan kawasan yang berbukit-bukit atau curam. Pembangunan infrastruktur di kawasan yang datar tentu akan lebih gampang dan murah dibandingkan kawasan yang berbukit dan curam. Selain itu kondisi tanah juga menghipnotis terhadap cepat tidaknya suatu kawasan berkembang.

b. Potensi Sumber Daya Alam
Daerah yang punya sumber daya alam melimpah sanggup menjadi sentra pertumbuhan sebab sanggup menjadi penggagas ekonomi. Contohnya dulu Bontang yakni seuah kawasan tak bertuan, namun sehabis ada kilang minyak sekarang menjadi kota metropolitan. Banyak orang tiba ke Bontang untuk mengais rezeki dan lambat laun kota semakin tumbuh pesat. Makin banyak migrasi insan maka banyak sekali macam kebutuhan semakin meningkat sehingga menjadi peluang bisnis di bidang lain.
Tidak semua lokasi sanggup berevolusi menjadi kutub pertumbuhan dikarenakan ada faktor Faktor Penyebab Sebuah Lokasi Menjadi Pusat Pertumbuhan
Kota Bontang semakin pesat
c. Infrastruktur Transportasi
Ketersediaan saranan prasaranan transportasi sangat penting dalam mendukung lahirnya suatu sentra pertumbuhan. Kota-kota yang dihubungkan dengan jalan dan sarana transportasi yang baik akan terus berkembang pesat sebab memudahkan transfer barang dan jasa.

d. Industri
Industri pendorong yakni salah satu faktor penarik bagi insan untuk mendapat pekerjaan. Keberadaan industri ini sanggup memperlihatkan peluang acara ekonomi dan selanjutnya akan menghasilkan imbas penyebaran ke kawasan pinggiran. Contohnya dulu Cikarang yakni kawasan rawa kemudian sekarang disulap menjadi kota modern sebab banyaknya industri besar berdiri disana.

e. Kondisi Masyarakat
Pola pikir, kebiasaan dan sosial masyarakat sanggup menghipnotis terhadap cepat tidaknya suatu kawasan berkembang. Masyarakat yang terbuka akan hal-hal gres cenderung lebih cepat berkembang dibandingkan masyarakat yang tertutup.

f. Kebijakan Ekonomi
Ada kalanya pemerintah menetapkan suatu kawasan dibangun menjadi suatu sentra pertumbuhan dikarenakan faktor ekonomi ibarat Batam. Batam secara lokasi yakni gerbang menuju Singapura dan Malaysia sehingga oleh pemerintah ditetapkan sebagai wilayah sentra pertumbuhan.

Gambar: disini