Tekanan Hidrostatis: Rumus Dan Pengertian
4/ 5 stars - "Tekanan Hidrostatis: Rumus Dan Pengertian" Tekanan Hidrostatis : Rumus dan Pengertian. Hidrostatis mempunyai arti yang sama dengan fluida diam, sedangkan fluida sendiri berarti zat y...

Tekanan Hidrostatis: Rumus Dan Pengertian



Tekanan Hidrostatis: Rumus dan Pengertian. Hidrostatis mempunyai arti yang sama dengan fluida diam, sedangkan fluida sendiri berarti zat yang sanggup mengalir. Contoh fluida ialah air, minyak, dan gas. Tekanan hidrostatis disebabkan oleh fluida tak bergerak. Tekanan hidrostatis yang dialami oleh suatu titik di dalam fluida. Fluida yang mempunyai keadaan membisu (hidrostatis) ternyata menyimpan banyak belakang layar sifat-sifat fisik. Salah satu sifat fisik fluida yang membisu ialah fluida itu sanggup menjadikan tekanan. Tekanan fluida yang membisu ini dinamakan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis ini dipengaruhi oleh kedalaman, jenis fluida, dan percepatan gravitasi. 

Pengertian Tekanan Hidrostatis

 Hidrostatis mempunyai arti yang sama dengan fluida membisu Tekanan Hidrostatis: Rumus dan Pengertian

Tekanan Hidrostatis ialah tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang membisu pada suatu kedalaman tertentu. Besarnya tekanan hidrostatis tergantung dari ketinggian zat cair, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi bumi. Tekanan hidrostatis disebabkan oleh berat zat cair. Besar tekanan hidrostatis bergantung pada:
  • Massa jenis zat cair (ρ)
  • Percepatan gravitasi (g = 10 m/s2)
  • Kedalaman zat cair (h)
Dalam tekanan pada zat cair, bila dikaitkan dengan kedalaman zat cair dalam suatu tempat, semakin dalah suatu daerah dalam zat cair, tekanan pada daerah tersebut akan semakin besar. Tekanan hidrostatis akan sama di semua daerah yang kedalamannya sama.

Rumus Tekanan Hidrostatis

 Hidrostatis mempunyai arti yang sama dengan fluida membisu Tekanan Hidrostatis: Rumus dan Pengertian

Jika besarnya tekanan pada dasar ialah p, berdasarkan konsep tekanan, besarnya p sanggup dihitung dari perbandingan antara gaya berat fluida (F) dan luas permukaan (A).

p = FA
 
Gaya berat fluida ialah perkalian antara massa fluida dengan percepatan gravitasi Bumi, ditulis:

p = mfluida . g /A

Oleh lantaran m = ρ . V, , persamaan tekanan oleh fluida dituliskan sebagai:

p = ρ .V.g /A

Volume fluida ialah hasil perkalian antara luas permukaan (A) dan tinggi fluida (h). Oleh lantaran itu, persamaan tekanan akhir fluida setinggi (h) sanggup dituliskan menjadi:

p = ρ .(Ah).g /A

Jika tekanan hidrostatis dilambangkan dengan ph , rumus tekanan hidrostatis sanggup dituliskan sebagai berikut:

ph = ρ .g.h

 dengan:
  • ph = tekanan hidrostatis (Nm2)
  • ρ  = massa jenis fluida  (Kgm3)
  • g = percepatan gravitas   (ms2)
  • h = kedalaman zat cair (m)
Demikianlah uraian ihwal Tekanan Hidrostatis: Rumus dan Pengertian, agar bermanfaat.

Sumber http://ilmusiana.blogspot.com/