Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas Vi 2018
4/ 5 stars - "Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas Vi 2018"  Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018 Sesuai Kisi-Kisi Manfaat Penanaman Mangrove Mangrove merupakan jenis t...

Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas Vi 2018





 Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018

Sesuai Kisi-Kisi


Manfaat Penanaman Mangrove
Mangrove merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat. Mangrove sanggup memerangkap sisa-sisa materi organik dan endapan yang terbawa ke laut. Akar pohon mangrove sanggup menjaga pinggiran pantai dari ancaman erosi. Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak. Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi duduk kasus abrasi.
Hutan mangrove mempunyai tiga fungsi utama, yaitu fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai biar tetap stabil dan mengurangi risiko jawaban dampak tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota bahari yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, tempat wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian.

      1.       Kalimat utama pada paragraf pertama ialah ...
a.       Mangrove merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat.
b.      Mangrove sanggup memerangkap sisa-sisa materi organik dan endapan yang terbawa ke laut.
c.   Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak.
d.  Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi duduk kasus abrasi.
      2.       Ide pokok pada paragraf kedua ialah ...
a.       Mangrove mempunyai fungsi sebagai habitat organisme biota laut.
b.      Fungsi mangrove mencakup fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi.
c.       Mangrove sebagai sumber ekonomi warga.
d.      Mangrove sanggup dijadikan tempat wisata.
      3.       Simpulan isi paragraf pertama ialah ...
a.       Mangrove merupakan jenis tumbuhan bakau.
b.      Mangrove sanggup mencegah abrasi.
c.       Mangrove sebagai tempat wisata.
d.      Mangrove merupakan habitat hidup biota laut.
      4.       Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua ialah ...
a.       Mangrove sanggup merangkap sisa-sisa materi organik.
b.      Mangrove sanggup mencegah abrasi.
c.       Mangrove sebagai habitat organisme biota laut.
d.      Mangrove sanggup mencegah kerusakan ekosistem laut.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Indonesia mempunyai kekayaan yang begitu melimpah. Tidak hanya suku bangsa yang beraneka ragam, tetapi juga kekayaan sumber daya alam. Hal ini dikarenakan Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sanggup dimanfaatkan manusia. Tak heran kalau mata pencarian di banyak sekali tempat beragam.
      5.       Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ialah ...
a.       Apa yang menjadikan mata pencarian di banyak sekali tempat di Indonesia beragam?
b.      Kekayaan alam apa yang paling banyak dimiliki oleh bangsa Indonesia?
c.       Bagaimana Indonesia sanggup mempunyai kekayaan alam yang melimpah?
d.      Apa saja mata pencarian bangsa Indonesia?

(Baca juga: Unduh Kumpulan Soal US/M SD Kelas VI Lainnya )
      6.       Alasan mengapa beberapa tempat di Indonesia mempunyai mata pencarian yang bermacam-macam adalah …
a.       Adanya banyak pulau di Indonesia sehingga mata pencarian penduduk beragam.
b.      Indonesia mempunyai kekayaan alam yang begitu melimpah sehingga mata pencarian penduduk berbeda-beda.
c.       Setiap pulau di Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah sehingga mata pencarian penduduknya sama.
d.      Adanya kekayaan alam yang sama sehingga mata pencarian penduduknya satu jenis.
      7.       Bacalah teks berikut!
Acara tahun gres selalu dirayakan dengan meriah. Acara tahun gres tersebut biasanya diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggelar konser dan menyalakan kembang api. Banyak orang-orang yang tiba ke lapangan untuk merayakan tahun gres bersama. Namun, kemeriahan tahun gres tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan. Akibatnya banyak sampah makanan dan minuman yang tertinggal sehabis perayaan tahun gres tersebut.
Berdasarkan bacaan tersebut, penyebab banyaknya sampah yang tertinggal di lapangan ialah ...
a.       Pengunjung tidak membuang sampah ketika meninggalkan lapangan.
b.      Pengunjung membawa makanan dan minuman sembari menunggu datangnya tahun baru.
c.       Pengunjung memeriahkan tahun gres dengan bernyanyi bersama ketika konser.
d.      Petugas kebersihan lapangan tidak membersihkan sampah di lapangan alasannya ialah libur.
      8.       Bacalah teks berikut!

Kolintang dan gambang merupakan alat musik tradisional yang sama-sama terbuat dari kayu dengan bentuk memanjang. Kolintang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara, sedangkan gambang berasal dari wilayah Jawa. Sekilas, kedua alat musik tradisional ini terlihat sama. Kolintang dan gambang dimainkan dengan cara dipukul. Jika kolintang dipukul, akan menghasilkan nada yang lebih bervariasi dan lebih lengkap daripada gambang. Kolintang mempunyai tiga pemukul, sedangkan gambang hanya dua pemukul. Kolintang biasanya hanya dipakai untuk memainkan lagu-lagu tradisional ketika upacara etika atau sebagai musik iringan tari. Gambang pada umumnya dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, wayang, atau acara-acara adat.



Informasi penting yang sempurna untuk melengkapi tabel terebut ialah ...
a.       (a) nama alat musik, (b) kolintang, (c) dipukul memakai dua alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara etika lainnya.
b.      (a) tempat asal, (b) kolintang, (c) dipukul memakai tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara etika lainnya.
c.       (a) ciri-ciri, (b) gambang, (c) dipukul memakai tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara etika lainnya.
d.      (a) tempat asal, (b) gambang, (c) dipukul memakai tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dipakai untuk memainkan lagu-lagu tradisional ketika upacara etika atau sbagai musik iringan tari.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Bunga kelelawar hitam termasuk tumbuhan umbi-umbian. Hal ini alasannya ialah tumbuhan ini menyimpan cadangan makanan di akarnya. Cadangan makanan tersebut disebut umbi akar. Tanaman tersebut berkembang biak dengan rimpang atau biji. Selain itu, tumbuhan ini mempunyai “sayap” dan “kumis”. Maka dari itu, bunga kelelawar hitam termasuk tumbuhan yang unik dan menarik sehingga harus dijaga kelestariannya.
      9.       Makna kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut ialah ....
a.       berbeda dengan yang lain
b.      memiliki ciri khas secara umum
c.       mirip dengan tumbuhan bunga lainnya
d.      memiliki persamaan dengan tumbuhan lain
  10.       Antonim dari kata dijaga pada paragraf tersebut ialah ....
a.       diawasi
b.      dipelihara
c.       dilindungi
d.      ditakacuhkan

(Baca juga:
20 Soal Menentukan Ungkapan atau Idiom Berdasarkan Cerita Ilustrasi)


  11.       Bacalah percakapan berikut!
Risha     : “Fan, kau tahu tidak, kapan UTS akan dilaksanakan?”
Fani       : “Aduh, maaf Ris, saya kurang tahu. Coba kau tanya Ina, mungkin ia lebih tahu.”
Ina         : “Ada apa teman-teman?”
Fani       : “Risha tanya, kapan UTS akan dilaksanakan?”
Ina     : “Oh, pelaksanaan UTS. Berdasarkan informasi di mading, UTS akan dilaksanakan bulan depan.”
Rishi      : “Wah, berarti sebentar lagi, ya!”
Topik percakapan tersebut ialah ….
a.       persiapan menjelang UTS
b.      rencana mencar ilmu menjelang UTS
c.       pemberitahuan pelaksanaan UTS
d.      pemberitahuan jadwal pelajaran di UTS
  12.       Perhatikan iklan berikut!
JUAL CEPAT
Video game PS2
Kondisi bagus, lengkap dus dan joystick
Hub. Reza
Tlp. 086345678
Kalimat yang sesuai dengan isi iklan tersebut ialah …
a.       Reza ingin menjual secara cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih bagus, serta dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubunginya di 086345678.
b.      Reza ingin menjual Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih anggun alasannya ialah masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubungi istrinya di 086345678.
c.       Reza ingin menjual tidak cepat-cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut kurang begitu anggun alasannya ialah masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubunginya di 086345678
d.      Reza ingin menjual secara cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih lengkap alasannya ialah masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubunginya di 086345678
  13.       Bacalah laporan berikut!
HASIL LAPORAN PENGAMATAN
Nama pengamat            : Dewa Sanditiya
Objek pengamatan        : Tanaman Cabai
Waktu pengamatan       : 10-25 September 2015
Hasil pengamatan         : Pada hari kedua, muncul akar pada biji cabai. Lalu, pada hari kelima tinggi batang sudah mencapai 3 cm. Hari ketujuh, batang sudah tumbuh setinggi 5 cm. Hari kesembilan, muncul dua pucuk daun dan tinggi batang sudah mencapai 8 cm. Hari ke-12, tinggi batang sudah 12 cm. Hari ke-15, ketinggian batang tumbuhan cabe sudah mencapai 17 cm disertai munculnya enam pucuk daun.
Isi laporan tersebut ialah …
a.       Pengamatan terhadap pertumbuhan batang cabe selama 10 hari.
b.      Pengamatan terhadap pertumbuhan tumbuhan cabe selama 15 hari.
c.       Pengamatan terhadap jumlah daun tumbuhan cabe selama dua minggu.
d.      Pengamatan terhadap pertumbuhan batang tumbuhan cabe selama seminggu.



Bacalah paragraf intruksi berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
Rudi sangat cerdik menciptakan layang-layang. Layang-layang buatan Rudi unik dan lucu. Ia menjelaskan cara menciptakan layang-layang. Pertama, contoh layang-layang dibentuk dari bambu tipis. Kedua, contoh dihubungkan dan diikat dengan benang. Ketiga, contoh diletakkan di atas kertas kemudian contoh dijiplak. Keempat, pecahan kerangka contoh dilem pada kertas. Kelima, pecahan tengah layang-layang sanggup diberi hiasan berupa gambar-gambar yang menarik dan diberi warna.
  14.       Tanggapan yang sesuai dengan paragraf intruksi tersebut ialah …
a.       Pola layang-layang, sebaiknya dibentuk dari kayu yang berpengaruh biar tidak gampang patah.
b.    Bagian kerangka contoh sebaiknya dilem pada kertas dengan rapi biar lebih terlihat indah.
c.    Hiasan sanggup digambar di pecahan depan dan belakang kertas memakai krayon biar terlihat ramai.
d.      Bagian tengah layang-layang sebaiknya tidak diberi hiasan biar tidak merobek kertas yang tertempel.
  15.       Pernyataan yang sesuai dengan paragraf intruksi tersebut ialah …
a.       Rudi menebang bambu sendiri untuk menciptakan layang-layang.
b.      Pola layang-layang direkatkan pada kertas memakai lem kayu.
c.       Rudi mengkreasikan layang-layang menjadi bentuk yang unik dan lucu.
d.      Layang-layang buatan Rudi dibentuk untuk dijual kepada teman-teman Rudi di sekolah.


Unduh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018


Soal try out bahasa Indonesia kelas VI 2018 di atas secara lebih lengkap (soal nomor 1 - 50) sanggup diunduh DI SINI beserta kunci jawabannya.

Sumber https://dapurimajinasi.blogspot.com/