Kunci Balasan Penilaian Serpihan 1 Geografi Erlangga Kelas Xi Indonesia Poros Laut Dunia
4/ 5 stars - "Kunci Balasan Penilaian Serpihan 1 Geografi Erlangga Kelas Xi Indonesia Poros Laut Dunia" Oke teman-teman kali ini aku akan coba berikan kunci balasan Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia. Saya...

Kunci Balasan Penilaian Serpihan 1 Geografi Erlangga Kelas Xi Indonesia Poros Laut Dunia



Oke teman-teman kali ini aku akan coba berikan
kunci balasan Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia. Saya akan coba berikan kunci balasan untuk Bagian I PG dan Esay Bagian II dan III. Kalau ada yang kurang sempurna mohon didiskusikan saja di komentar ya, kita berguru sama-sama.
 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia Kunci Jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia
Kunci balasan Evaluasi Geografi Erlangga
PG.
1.C 2.B 3.D 4.C 5.A 6.C 7.D 8.E 9.C 10.A 11.C 12.E 13.B 14.B 15.A 16.C 17.E 18.C 19.A 20.E

Essay
Bagian II
1. Asia dan Australia
2. 200 mil dari pantai terluar
3. Djuanda
4. Mediterania dan Pasifik
5. Hindia dan Pasifik
6. Landas Kontinen
7. Sunda dan Sahul
8. Sumber masakan dan rumah bagi biota-biota maritim dangkal
9. Chokes poin
10. Keberlanjutan Hayati (Perkembangbiakan)

Bagian III
1. Indonesia secara astronomis terletak diantara 6 LU dan 11 LS dan 95 BT dan 141 BT. Secara geografis Indonesia ada diantara dua benua yaitu Asia dan Australia dan dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia. Secara geologis Indonesia ada di 3 pertemuan lempeng aktif yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo Australia.

Indonesia mempunyai 17.504 pulau dengan 75% nya ialah wilayah perairan. NKRI Berbatasan dengan negara berikut:
- Utara = Malaysia, Filipina, Palau, Vietnam
- Timur = Papua Nugini, Timor Leste
- Selatan =  Australia
- Barat = Malaysia, Singapura, Thailand

2. Wilayah daratan Indonesia ialah kepulauan dan bervariasi dari sisi topografi. Kondisi topografi Indonesia yang bervariasi berdampak pada kondisi iklim dan kehidupan masyarakatnya. Indonesia dilalui dua busur pegunungan aktif yaitu Mediterania dan Pasifik.

Perairan Indonesia dibagi menjadi perairan darat dan laut. Perairan darat terdiri dari sungai, danau dan air tanah. Sungai terpanjang di Indonesia ialah Kapuas dan danau terluas ialah Danau Toba. Perairan maritim Indonesia terdiri dari maritim dangkal dan dalam. Perairan maritim dangkal terdiri dari Paparan Sahul dan Paparan Sunda, sementara maritim dalam diantaranya Laut Banda. 

3. Indonesia semenjak jaman dahulu populer sebagai bangsa maritim yaitu pada masa Majapahit dan Sriwijaya. Majapahit dan Sriwijaya pernah melaksanakan perluasan sampai Thailand dan Cina. Indonesia populer sebagai jalur masuk perdagangan dunia semenjak dahulu. Kejayaan perdagangan nusantara meredup ketika VOC menguasai Indonesia.

Kini Indonesia kembali menggagas TOL LAUT di masa Jokowi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai negara maritim. Pelabuhan-pelabuhan mulai dibangun dan direvitalisasi di aneka macam wilayah. 

4. Potensi kelautan Indonesia sangat banyak baik dari sisi hayati dan non hayati. Beberapa potensi yang dapat dioptimalkan maritim Indonesia ialah untuk:
1. Perikanan 
2. Migas
3. Transporasi
4. Wisata
5. Energi alternatif

5.Posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia ialah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antara pulau, pengembangan industri perkapalan, perikanan, perbaikan transportasi maritim serta fokus pada keamanan maritim.