Adik-adik siswa Kelas 5 SD/MI atau yang sederajat, sebentar lagi kalian akan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS - UAS) atau Ulangan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk membantu adik-adik semua mempersiapkan pelaksanaan UAS atau Ulangan Semeter 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 berikut Saya bagikan secara gratis Download Soal PAS/UAS Tema 9B (Benda – benda di Sekitar Kita) Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tahun 2019 Lengkap Kunci Jawaban
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah penilaian yg dilakukan di akhir semester setelah kegiatan pembelajaran selama 1 semster atau 6 bulan. yang dulunya PAS dikenal dengan istilah Ulangan Akhir Semester (UAS). Namun PAS adalah istilah baru yang dipakai sebagai pengganti isitilah Ulangan Akhir Semester (UAS) atau Ulangan Umum (Umum).
Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir Semester Genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
Soal PAS/UAS Semester 2 ( Genap) Kelas 5 SD/MI 2019 Lengkap Kunci Jawaban ini bisa digunakan untuk latihan menghadapi UAS semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
Download Soal PAS/UAS Tema 9B (Benda – benda di Sekitar Kita) Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tahun 2019 Lengkap Kunci Jawaban
Bentuk ini terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. File soal dapat didownload dengan klik tombol download dibawah ini:
..................................................................................................................................
PRATINJAU / PREVIEW
..................................................................................................................................
PENILIAN AKHIR SEMESTER GENAP
Tema 9B (Benda – benda di Sekitar Kita)
Tema Hari, Tgl Waktu | : 9 (Benda – benda di Sekitar Kita) B : : 120 menit | Nama Kelas/Nomer SD | : …............................................ : ..V/........................................ : ............................................... |
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b , c atau d didepan jawaban yang paling tepat ! | ||||
PKKn (KD 3.4) | ||||
1. | Berikut sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah .... | |||
a. | Menciptakan keamanan dan ketertiban | c. | Mengerjakan ulangan sendiri | |
b. | Gotong royong membersihkan lingkungan | d. | Menjawab pertanyaan dari guru dengan benar | |
2. | Contoh penerapan kerukunan dilingkungan sekolah, yaitu .... | |||
a. | Berkeliling kampung ketika ronda | c. | Membantu tetangga yang kesusahan | |
b. | Gotong royong membersihkan rumah | d. | Piket bersama di kelas | |
3. | Berikut ini penerapan makna pentingnya persatuan dan kesatuan , kecuali ..... | |||
a. | Menghormati pemeluk agama lain yang berbeda | c. | Kerja sama mengerjakan soal ulangan | |
b. | Gotong royang membangun pos kamling | d. | Mengadakan festifal budaya nusantara | |
4. | Dengan gotong royong pekerjaan akan .... | |||
a. | Terasa lama | c. | Berat | |
b. | Cepat selesai | d. | Sulit | |
5. | Gotong royong merupakan sikap yang sesuai dengan pancasila sila .... | |||
a. | Pertama | c. | Ketiga | |
b. | Kedua | d. | Keempat | |
6. | Keanekaragaman budaya dan adat istiadat semakin memperkuat rasa .... | |||
a. | Permusuhan | c. | Pertikaian | |
b. | Persaingan | d. | Persatuan | |
7. | Dalam perlombaan kekalahan adalah sesuatu yang .... | |||
a. | Wajar | c. | Memalukan | |
b. | Luar biasa | d. | Menyenangkan | |
8. | Orang yang mendapatkan juara tidak boleh .... | |||
a. | Senang | c. | Takabur | |
b. | Gembira | d. | Bahagia | |
9. | Hari raya Idul Adha diperingati oleh umat beragama .... | |||
a. | Hindu | c. | Budha | |
c. | Islam | d. | Konghucu | |
10. | Sikap gotong royong perlu kita terapkan .... | |||
a. | disekolah | c. | dilingkungan keluarga | |
b. | dimana saja kita berada | d. | disekitar rumah | |
IPS (KD 3.1, 3.3) | ||||
11. | Letak astonomis suatu wilayah dapat kita ketahui berdasarkan .... | |||
a. | Ketinggian tempat | c. | Letak garis lintang dan garis bujur | |
b. | Jumlah penduduk | d. | Ketampakan alam yang ada | |
12. | Letak Indonesia secara astronomis yaitu .... | |||
a. | 6 LU-110 LS dan 950 BT – 1410 BT | c. | 6 LU-110 LS dan 970 BT – 1430 BT | |
b. | 6 LU-110 LS dan 960 BT – 1420 BT | d. | 6 LU-110 LS dan 980 BT – 1440 BT | |
13. | Ketampakan alam danau toba berada di .... | |||
a. | Sumatra barat | c. | Sumatra utara | |
b. | Sumatra selatan | d. | Kalimantan utara | |
14. | Pakaian adat baju bodo berasal dari .... | |||
a. | Sulawesi selatan | c. | Sulawesi tengah | |
b. | Sulawesi timur | d. | Sulawesi tenggara | |
15. | Kelemahan usaha yang dikelola perseorangan adalah .... | |||
a. | Semua laba dinikmati sendiri | c. | Modal terbatas | |
b. | Rahasia perusahaan terjamin | d. | Keputusan dapat diambil dengan cepat | |
16. | Berikut ini termasuk badan usaha milik negara, kecuali .... | |||
a. | PT Telkom | c. | PT Indofood Sukses Makmur | |
b. | PT Pos Indonesia | d. | PT Pegadaian | |
17. | Badan usaha yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya adalah ..... | |||
a. | Firma | c. | CV | |
b. | PT | d. | Koperasi | |
18. | Budi daya udang dengan tambak termasuk usaha dalam bidang .... | |||
a. | Perikanan | c. | Perdagangan | |
b. | Peternakan | d. | Perindustrian | |
19. | Berikut ini yang merupakan kegiatan distribusi adalah .... | |||
a. | Menanam jagung | c. | Mencetak koran | |
b. | Menenun kain | d. | Menjual makanan ringan | |
20. | Segala usaha atau kegiatan manusia untuk membuat, menghasilkan, dan atau meningkatkan nilai/kegunaan suatu barang dan jasa sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut .... | |||
a. | Distribusi | c. | Produksi | |
b. | Konsumsi | d. | Asimilasi | |
SBdP (KD 3.2, 3.3, 3.4) | ||||
21. | Tangga nada diatonis mayor memiliki ciri .... | |||
a. | Gembira | c. | Cepat | |
b. | Sedih | d. | Lambat | |
22. | Lagu Gugur Bunga merupakan contoh bertangga nada .... | |||
a. | Pentatonis mayor | c. | Diatonis mayor | |
b. | Pentatonis minor | d. | Diatonis minor | |
23. | Lagu Es Lilin berasal dari ..... | |||
a. | Maluku | c. | Jawa Tengah | |
b. | Jawa Timur | d. | Jawa Barat | |
24. | Alat musik recorder dimainkan dengan cara .... | |||
a. | Dipukul | c. | Ditiup | |
b. | Dipetik | d. | Digesek | |
25. | Berikut ini yang termasuk lagu yang memiliki tangga nada diantonis mayor adalah .... | |||
a. | Syukur | c. | Himne Guru | |
b. | Gugur Bunga | d. | Berkibarlah Benderaku | |
26. | Berikut ini bukan merupakan fungsi sosial dari karya seni rupa daerah adalah .... | |||
a. | Media komunikasi | c. | Media politik | |
b. | Media keagamaan | d. | Media hiburan | |
27. | Wayang kulit, kain tenun, dan kain songket merupakan karya seni rupa .... | |||
a. | Murni | c. | Tiga dimensi | |
b. | Praktis | d. | Dua dimensi | |
28. | Lagu bangun Pemudi Pemuda merupakan ciptaan .... | |||
a. | Ibu Sud | c. | W. R. Supratman | |
b. | A. Simanjuntak | d. | Ismail Marzuki | |
29. | Batik jumputan merupakan cara memberi motif pada kain putih dengan teknik .... | |||
a. | Menulis | c. | Menggaris | |
b. | Celupan | d. | Menggambar | |
30. | Pola lantai yang menampilkan kesan sederhana, tapi kuat adalah .... | |||
a. | Pola lantai vertikal | c. | Pola lantai garis melengkung | |
b. | Pola lantai horizontal | d. | Pola lantai diagonal | |
II. Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar ! | ||||
PKKn (KD 3.4) | ||||
31. | Yang dimaksud dengan hidup rukun adalah ................... | |||
32. | Menjenguk orang yang sakit merupakan contoh sikap yang mecerminkan ........................ dan ......... | |||
33. | Suatu wadah bekerjasama untuk mencapai tujuan yang akan dicapai disebut ..................... | |||
IPS (KD 3.1, 3.3) | ||||
34. | Ketampakan perairan sungai musi di indonesia berada di provinsi ........................ | |||
35. | Wilayah pegunungan memiliki iklim yang ....................... | |||
36. | Letak suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur disebut ......................... | |||
SBdP (KD 3.2, 3.3, 3.4) | ||||
37. | Lagu syukur diciptakan oleh ......................... | |||
38. | Lagu Suwe Ora Jamu berasal dari daerah ................................ | |||
39. | Mainan anak-anak yang memiliki bentuk dan tekstur cairan kenyal serta agak lengkat disebut ....................... | |||
III. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar ! | ||||
PKKn (KD 3.4) | ||||
40. | Sebutkan contoh sikap yang menjaga persatuan dan kesatuan ! | |||
Jawab : .................................................................................................................................. | ||||
.................................................................................................................................. | ||||
41. | Sebutkan penyebab persatuan dan kesatuan tidak dapat terwujud di lingkungan sekolah ! | |||
Jawab : .................................................................................................................................. | ||||
.................................................................................................................................. | ||||
IPS (KD 3.1, 3.3) | ||||
42. | Sebutkan contoh ketampakan alam daratan dan perairan ! | |||
Jawab : .................................................................................................................................. | ||||
.................................................................................................................................. | ||||
43. | Jelaskan dan berilah contoh usaha ekonomi bidang peternakan ! | |||
Jawab : .................................................................................................................................. | ||||
SBdP (KD 3.2, 3.3, 3.4) | ||||
44. | Jelaskan cara membuat slime ! | |||
Jawab : .................................................................................................................................. | ||||
45. | Apa tujuan seni rupa terapan ! | |||
Jawab : .................................................................................................................................. | ||||
Demikian Download Soal PAS/UAS Tema 9A (Benda – benda di Sekitar Kita) Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tahun 2019 Lengkap Kunci Jawaban. Atas kunjungannya Terima kasih, semoga link download ini dapat membantu. Selamat mengikuti PAS- UAS atau Ulangan Semester 2 bagi siswa Kelas 5 SD/MI. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.
“Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama”
Anda Terkesan, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat silakan bagikan artikel ini menggunakan media social dibawah ini: