Fanatisme Buta Sepakbola Yaitu Efek Dari Kemiskinan
4/ 5 stars - "Fanatisme Buta Sepakbola Yaitu Efek Dari Kemiskinan" Beberapa hari ini dunia sepakbola Indonesia kembali menuai sejarah kelam dengan agresi kekerasan ketika tabrak Persib vs Persija yang mema...

Fanatisme Buta Sepakbola Yaitu Efek Dari Kemiskinan



Beberapa hari ini dunia sepakbola Indonesia kembali
menuai sejarah kelam dengan agresi kekerasan ketika tabrak Persib vs Persija yang memakan korban jiwa. Seolah bencana ini tidak akan ada habisnya dari tahun ke tahun. Lalu apa bekerjsama yang terjadi pada suporter Indonesia dan mengapa hal ini dapat terjadi?. Tentunya banyak andal yang meneliti wacana fenomena fanatisme buta ibarat ini. Sebagai guru tentu fenomena ini dapat dijadikan materi pelajaran di kelas bersama siswa. Saya akan coba menunjukkan opini singkat menurut pemahamanan saya, mungkin agak ngawur juga tapi alasannya yaitu masih pagi dan otak fresh maka saya buat goresan pena aja. Memang dilema ini akan sangat kompleks sekali.

Coba kita lupakan dulu wacana suporter Persib vs Persija. Jauh sebelum bencana GLBA terjadi, peristiwa anarkis, kekerasan hampir terjadi setiap hari. Contoh tawuran siswa, gengster motor saling bacok, bahkan tawuran warga di Jakarta yang katanya selalu terjadi tiap bulan. Artinya kekerasan berbasis massa selain di sepakbola juga terjadi dalam kehidupan di Indonesia. Di bidang politik, perang antar kubu politik di medsos makin memanas dan dapat saja beralih ke bentrok fisik suatu ketika nanti.

Coba kita kembali lagi ke ranah olahraga lagi. Saat ASEAN Games apakah kita ada yang ribut?. Tentu tidak alasannya yaitu kita mensuport Indonesia. Saat pertandingan bulutangkis apakah ada yang ribut?. Saya rasa tidak. Lalu kenapa kalau main bola selalu ribut?. Ini yaitu psikologi massa. Semakin banyak individu yang punya visi misi sama bila berkumpul maka ia akan menjadi sebuah gelombang gengster yang menganggap kelompok lain yaitu musuh. Ini yang terjadi dalam sepakbola dan tidak dapat dihindari. 

Saya melihat hal lain bahwa klub yang selalu ribut yaitu klub yang berada di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di luar itu gak ada tuh yang ribut-ribut. Saya pernah kerja di Banjarmasin 4 tahun, gak pernah tuh ada ribut-ribut ketika Barito Putra main. Atau di Persipura, apakah pernah suporternya murka ketika timnya kalah?. Jarang tuh saya dengar.
Fanatisme buta berawal dari kemiskinan akut
Lalu apa yang terjadi sebenarnya?. Pangkal dari semuanya tidak lain yaitu KEMISKINAN, KEMISKINAN AKUT tepatnya. Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu wilayah dengan populasi terbesar di Indonesia dan celakanya angka kemiskinannnya juga besar terutama Jawa Barat. Kemiskinan ini sangat berbahaya sekali alasannya yaitu memicu aksi-aksi kriminalitas lain. Dalam hadist pun ditulis bahwa kemiskinan mendekatkan pada kekufuran. Inilah yang terjadi pada masyarakat kita. Orang kaya banyak tapi masih banyak yang tidak peduli sesama. Di satu sisi masyarakat miskin tidak mendapat pendidikan agama, budaya, adat yang kuar juga di kawasan maka ya wasalam.

Saya orang Jawa Barat dan tentu sering melihat suporter bola di daerah. Saya melihat mereka didominasi bawah umur remaja tanggung yang labil dan sangat tidak jelas. Terlihat dari gaya berpakaian, sikap dan lainnya. Ada anak wanita juga merokok padahal mereka berusia pelajar, ini yaitu dilema sosial suporter bola kita. Mereka seolah menjadi gengster bukan suporter. Inilah pekerjaan rumah kompleks pemerintah ketika ini yaitu mengentaskan kemiskinan secara massal. Di Indonesia suporter bola ber-evolusi jadi gengster yang sudah buta segalanya. Yang ada di otaknya yaitu anda bab kami atau bukan?. Kalau bukan kita tumpas. Hal ini merupakan buah dari kemiskinan yang harus segera dicari solusinya. Kalau tidak maka saya yakin di tabrak berikutnya niscaya akan ada korban lagi. Lho kok pesimis?. Ya iya pesimis, alasannya yaitu realitasnya juga demikian.

Walaupun ketua Persib dan Persija sudah setuju hening tapi itu kan hanya dua orang saja, orang remaja yang akalnya niscaya sudah waras. Nah yang tidak waras yaitu anggota-anggotanya yang masih remaja labil, emosi, miskin ekonomi dan miskin ahlak juga. Artinya memang administrasi insan khususnya di Jawa ini harus segera diselesaikan. Coba kita lihat, olahraga yang sifatnya bukan tim banyak ibarat bulutangkis, panjat tebing, tenis dll dapat nyumbang prestasi pada ketika ASIAN Games atau Olimpiade namun olahraga yang sifatnya tim kita tidak dapat berprestasi. 

Apakah hal ini menunjukan orang Indonesia susah diajak kerjasam bareng-bareng?. Mungkin iya, bandingkan dengan permainan tim dari negara lain contohnya yang seolah bermain dengan saling pengertian. Tim kita ketika main bola misal masih saja egois, gocek sana sini dan tidak mau berbagi. Itulah refleksi mungkin memang sifat masyarakat Indonesia masih sulit diajak kerjasama bareng dan akibatnya sulit mencapai tujuan.