Latihan Soal Aturan Newton Dan Kesetimbangan Benda Tegar
4/ 5 stars - "Latihan Soal Aturan Newton Dan Kesetimbangan Benda Tegar" Soal dan Pembahasan Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda Tegar -  Semangat pagi!. Hallo sobat Windows-Fisika, pada hari ini aku membag...

Latihan Soal Aturan Newton Dan Kesetimbangan Benda Tegar



Soal dan Pembahasan Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda TegarSemangat pagi!. Hallo sobat Windows-Fisika, pada hari ini aku membagikan postingan artikel aku khususnya Latihan Soal Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda Tegar.

Sir Isaac Newton Merumuskan tiga aturan perihal gerak. Hukum perihal gerak ini ialah aturan Fisika yang menjadi pondasi dasar untuk mekanika gerak di bidang mekanika klasik.

Soal Essay Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda Tegar

Hukum Newton akan menjadi penting apabila dalam konteks suatu benda dikenai oleh suatu gaya ekternal dan menjadikan benda tersebut baik mengalami suatu gerak ataupun membisu tetap pada keadaannya. 

Hukum Newton pada soal yang aku sajikan akan membahas perihal percepatan suatu benda yang meluncur pada bidang miring dan sebagian besar membahas tentang percepatan suatu benda yang dikaitkan dengan katrol (dianggap tali dan katrol tidak bermassa).
Soal dan Pembahasan Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda Tegar LATIHAN SOAL HUKUM NEWTON DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
Katrol
Pada bagian soal kesetimbangan benda tegar akan aku sajikan dalam beberapa soal untuk mencari Tegangan Tali pada Benda.

Kesetimbangan benda tegar merupakan bahan fisika yang membahas perihal keadaan suatu benda dalam keadaan setimbang yang artinya resultan gaya-gaya yang bekerja baik pada sumbu x maupun pada sumbu ialah nol. Keadaan ini akan setimbang alasannya resultan gaya yang bekerja sama dengan nol.

Sedangkan benda tegar sendiri sanggup diartikan sebagai benda yang apabila dikenai gaya (F) tidak akan merubah bentuk atau geometri benda tersebut.

Latihan Soal Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda Tegar

1. Sistem menyerupai tergambar di bawah ini terletak pada keadaan setimbang. Massa benda ialah 10 kg, tan⁡ α=3/4  dan tan⁡ β=7/24. Hitung besar gaya tegangan masing-masing tali!
2. Lihat gambar di bawah ini. Benda 1, 2 dan 3 masing-masing bermassa 5 kg, 2 kg dan 3 kg didorong oleh gaya F. Jika lantai licin, hitung : 
a. Percepata benda
b. Gaya kontak benda


3. Sebuah benda terletak pada bidang miring dengan keadaan awal membisu menyerupai pada gambar. Massa benda 10 kg. Koefisien gesek kinetis dan statis benda dengan bidang miring berturut-turut ialah 0.2 dan 0.4. Tentukan percepatan dan gaya ukiran yang dialami benda!
4.  Lihat gambar di bawah ini, m1 = m2 = 5 kg. Bidang garang dengan koefisien gesek statis 0,4 dan koefisien gesek kinetis 0,2. Hitung gaya F minimum supaya benda bergerak ke kanan dengan percepatan 1 m/s2!
5.    (a)   Sebuah benda dtimbang dibumi (g = 9.78 m/s2). Skala timbangan pertanda angka 25 kg. Timbangan dan benda ini kemudian di bawa ke planet Mars (g = 3.27 m/s2). Berapa skala pada timbangan itu sekarang?

(b)   Sebuah balok ditarik dengan seutas tali. Hitung percepatan balok kalau massa tali diabaikan!
6. Perhatikan gambar. Berapa percepatan benda? Anggap tali dan katrol tidak bermassa.
7. Sebuah lift bermassa 1800 kg. Lift mula-mula bergerak ke bawah dengan kecepatan 10 m/s kemudian berhenti sesudah menempuh jarak 30 m! Hitung tegangan kabel lift.

8. Gambar di bawah melukiskan 3 buah massa masing-masing m1, m2, dan m3 yang terletak pada bidang licin. Hitung gaya yang dikerjakan oleh m2 pada m3!
9. Pada gambar di samping, hitung tegangan T1, T2 dan T3 pada saat, (g = 10 m/s2) :
    a)      Sistem bergerak ke atas dengan percepatan 2 m/s2!
    b)      Sistem bergerak ke atas dengan kecepatan 5 m/s!
 10. Pada gambar di bawah benda m1 = 4 kg, m2 = 3 kg, m3 = 6 kg dan m4 = 5 kg dihubungkan oleh tali. Gaya F = 40 N. Hitung percepatan sistem dan tegangan tali T1, T2, dan T3 !
11. Dua balok digantung pada atap sebuah lift. Lift dipercepat ke atas dengan percepatan 2 m/s2. Masing-masing tali bermassa 1 kg. Hitung tegangan tali pada titik A, B, C dan D! (g = 10 m/s2)
12. Dua massa yang tidak sama dihubungkan oleh seutas tali yang dilewatkan melalui sebuah katrol. Anggap katrol sanggup berputar pada sumbunya dengan bebas tanpa ukiran dan massanya diabaikan. Jika m1 = 5 kg dan m2 = 3 kg, hitung tegangan tali dari massa ini! Anggap semua bidang licin.
13. Dua balok bermassa sama, 2 kg dihubungkan dengan seutas tali dan ditempatkan pada bidang miring melalui sebuah katrol yang tidak bermassa. Hitung percepatan benda dan tegangan tali! (g = 9.8 m/s2).


14. Benda A dan B masing-masing massanya 2 kg dan 4 kg dihubungkan melalui sebuah katrol. Kedua benda tergantung vertical. Hitung percepatan benda-benda itu dan tegangan tali (massa tali dan katrol diabaikan) g = 10 m/s2.

15. Sebuah balok dengan massa 10 kg tergantung pada tiga utas tali menyerupai tampak pada gambar. Hitung tegangan pada ketiga tali tersebut! g = 10 m/s2

16. Suatu tali ringan melewati suatu dahan mendatar di atas suatu pohon. Pada satu sisi sebuah massa 50 kg terletak di atas tanah dan terikat dengan ujung tali yang satu. Dengan percepatan berapa orang (40 kg) harus memanjat ujung tali yang lain semoga benda terangkat? Ambil g = 10 m/s2

17.  Pada sistem dalam gambar hitung tegangan tali T dan percepatan masing-masing benda kalau mA = 10 kg dan mB = 20 kg. Ambil g = 10 m/s2.
18. Pada gambar di bawah ini , hitung percepatan benda kalau sistem bergerak ke kanan.Abaikan massa katrol dan massa tali serta abaikan juga gesekan. m1 = 4 kg dan m2 = 6 kg.

Penutup

Demikian postingan aku mengenai artikel Soal dan Pembahasan Hukum Newton dan Kesetimbangan Benda Tegar. Semoga isi postingan ini bermanfaat untuk anda dan semakin mengasah kemampuan Fisika anda. Silahkan juga baca Materi Fisika dan Soal Latihan Fisika di postingan lainnya. Jika ada masukan dan saran atau ajakan soal latihan Fisika. Silahkan eksklusif berkomentar di kolom komentar. Terimakasih