Kromosom Manusia: Struktur, Fungsi, Macam, Tipe
4/ 5 stars - "Kromosom Manusia: Struktur, Fungsi, Macam, Tipe" Halo adik-adik, kali ini kami akan membahas wacana bahan genetik manusia. Apa saja yang termasuk bahan genetik? Yah, ada kromosom , gen, al...

Kromosom Manusia: Struktur, Fungsi, Macam, Tipe



Halo adik-adik, kali ini kami akan membahas wacana bahan genetik manusia. Apa saja yang termasuk bahan genetik? Yah, ada kromosom, gen, alel, DNA, dan RNA. Ini semua yakni bahan genetik yang ada di dalam badan manusia. Yah, adik-adik kini kita akan mulai dengan berguru wacana kromosom, yakni seputar pengertian, struktur, fungsi, bagian-bagian, macam-macam, tipe, dan jumlah dari kromosom manusia. Apa sih yang dimaksud dengan kromosom? Berikut ini ulasannya:

Pengertian Kromosom

Apa itu kromosom? Yah, kromosom yakni benda-benda halus berbentuk ibarat benang yang tipis yang ada  di dalam setiap sel badan kita yang mempunyai inti sel. Ingat, ada beberapa sel di dalam badan kita yang tidak mempunyai inti. Jadi, bila kita berbicara wacana kromosom, kromosom adanya di dalam inti sel. Bentuknya ibarat benang-benang tipis. Nah, ibarat apa struktur dari kromosom? Oke, kita masuk ke bahan selanjutnya.

Struktur Kromosom

Seperti apa struktur dari kromosom? Oke, untuk mempelajari struktur kromosom, artinya kita harus melihat bagian-bagian dari kromosom. Apa saja bagian-bagian kromosom? Nah, perhatikan gambar berikut ini:

 kali ini kami akan membahas wacana bahan genetik insan Kromosom Manusia: Struktur, Fungsi, Macam, Tipe

Bagian-Bagian Kromosom

Oke, kromosom terdiri dari bagian-bagian utama, yang terdiri dari lengan kromosom. Di antara lengan kromosom, terdapat lekukan yang disebut dengan Sentromer. Di dalam lengan kromosom, terdapat Kromonema, pita panjang berbentuk spiral. Beberapa bab kromonema ini menebal, ibarat untaian mutiara manik-manik. Bagian dari kromonema yang menebal itu disebut dengan kromomer. Di dalam kromomer, terdapat bab yang disebut dengan Lokus. Lokus ini ibarat ruangan-ruangan kecil, dimana di dalam lokus inilah nantinya akan terdapat bahan genetik lain, yaitu Gen. 

Lengan kromosom sendiri yakni bab yang sangat gampang menyerap warna lantaran memang di sini terdapat benang-benang kromonema yang memang menyerap warna. Jadi, bila contohnya kita menciptakan suatu preparat wacana kromosom, maka bab yang gelap itu yakni bab lengan. Sementara, sentromer lantaran tidak mengandung bahan genetik, maka beliau berwarna lebih terang.

Selanjutnya, kita akan temukan lekukan yang berjulukan Satelit. Satelit ini tidak terdapat pada semua kromosom. Pada bab ujung lengan kromosom, terdapat bab yang menyempit yang disebut dengan Telomer. Telomer yakni bab dari kromosom yang mempunyai 2 kiprah utama, pertama mencegah supaya DNA yang ada di dalam kromosom itu tidak terurai kemana-mana, kedua telomer menjaga supaya kromosom yang satu dengan kromosom yang lainnya tidak saling berikatan atau menempel. 

Komponen Penyusun Kromosom

Sebenarnya, kromosom itu komponennya apa saja yah? Jadi, kromosom itu tersusun dari dua komponen utama, yaitu DNA dan protein. DNA yakni kepanjangan dari Deoxyribo Nucleic Acid. Sementara itu, protein yang menjadi komponen utama dari kromosom ini disebut dengan protein histon. Nantinya, DNA dan protein histon inilah yang lalu terangkai di dalam kromonema, jadi membentuk kromonema panjang.

Fungsi Kromosom

Sebenarnya, apa sih fungsi dari kromosom? Jadi, kromosom itu fungsinya yakni sebagai pembawa isu genetika. Mengapa demikian? Karena nantinya di dalam kromosom itu terdapat penentu sifat yang namanya Gen. Jadi, gen itu akan berjejer di dalam kromosom. Jadi, wadahnya yakni kromosom sendiri. Kemudian, kromosom itu di dalam badan insan bentuknya bermacam-macam. Nah, di bawah ini kita akan lihat bentuk-bentuk kromosom. 

Bentuk-bentuk Kromosom

Berikut ini yakni bentuk-bentuk dari kromosom:

1. Berdasarkan letak sentromer, kromosom itu terbagi menjadi empat tipe, yaitu:

 kali ini kami akan membahas wacana bahan genetik insan Kromosom Manusia: Struktur, Fungsi, Macam, Tipe

1.1. Metasentrik

Seperti apa tipe Metasentrik ini? Jadi, kromosom tipe metasentrik itu kromosom denagn letak sentromer itu persis di tengah. Sehingga menggambarkan bahwa kromosom itu berbentuk ibarat karakter V. Jadi, kiri-kanan itu panjangnya sama. Perhatikan gambar di bawah ini:

1.2. Submetasentrik

Pada tipe submetasentrik ini, letak sentromernya sedikit bergeser dari tengah. Jadi, panjangnya lengannya tidak sama. Jadi, ada yang lebih pendek, menampakkan ibarat karakter L. 

1.3. Akrosentrik

Tipe akrosentrik ini sentromernya letaknya lebih kepinggir lagi. Jadi, menampakkan ibarat karakter J.

1.4. Telosentrik

Pada tipe telosentrik ini, sentromernya letaknya dipinggir sehingga lengan kromosom itu hanya berjumlah satu. Sehingga, menampakkan bentuk ibarat karakter I.

2. Jika menurut pada jumlah sentromernya, maka kromosom itu terbagi menjadi 4 tipe:

2.1. Asentrik

Tipe asentrik yakni tipe kromosom yang tidak mempunyai sentromer.

2.2. Monosentrik

Tipe monosentrik yakni kromosm yang hanya mempunyai satu sentromer

2.3. Disentrik

Tipe Disentrik yakni kromosom yang mempunyai dua sentromer

2.4. Polisentrik

Tipe polisentrik yakni kromosom yang mempunyai banyak sentromer.

Secara umum kromosom mempunyai bentuk yang bermacam-macam. Kromosom ada yang berbentuk bulat, koma, batang, atau ibarat karakter L dan V.

Macam Macam Kromosom

Berdasarkan fungsinya, kromosom terbagi menjadi dua, yaitu kromosom badan (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom). Gonosom ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu gonosom X dan gonosom Y. Oleh lantaran itu, ini nanti berkaitan dengan bagaimana kita menuliskan kariotipe kromosom. Khususnya, kromosom pada manusia. Seperti apa susunannya? 

Kariotipe kromosom terutama untuk insan dikelompokkan menjadi dua, pertama haploid atau hanya terdiri dari satu set, berarti ini berkaitan dengan sperma dan ovum atau pada sel kelamin. Berarti pada haploid jumlahnya 23 buah, yaitu 22A + X dan 22A + Y. Jika ibarat ini, maka ini adanya pada sel sperma. Kemudian, pada ovum hanya terdapat 22A + X.

Kedua, diploid, pada diploid ini jumlah kromosom ada 23 pasang. Pada pria, penulisannya menjadi 22AA + XY. Sementara, pada perempuan penulisannya 22AA + XX. 

Jadi, berbeda yah adik-adik, bila pada sel kelamin, jumlah kromosom insan itu hanya 23 buah. Dimana yang paling banyak yakni kromosom badan atau autosom, jumlahnya ada 22 buah ditambah 1 gonosom X atau gonosom Y bila pada sperma lantaran sperma itu ada sperma X atau sperma Y. Sementara pada ovum, jumlahnya seragam, yaitu 23 buah, yang 22 buah yakni autosom, yang 1 itu yakni X. 

Okey, mungkin untuk sementara hingga disini dulu pembahasan kita wacana kromosom. Kita akan lanjutkan pada postingan selanjutnya, agar bermanfaat.

Baca Juga Materi Lainnya:

Sumber http://ilmusiana.blogspot.com/