Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan (Glbb) Kelas 10 Sma
4/ 5 stars - "Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan (Glbb) Kelas 10 Sma" Latihan Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas 10 SMA -  Selamat tiba di blog windows fisika. Pada kesempatan kali ini aku akan me...

Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan (Glbb) Kelas 10 Sma



Latihan Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas 10 SMA Selamat tiba di blog windows fisika. Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan postingan contoh soal gerak lurus berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan atau sering disingkat GLBB merupakan materi di fisika klasik yang dipelajari di kelas delapan dan kelas sepuluh.
Latihan Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas  SOAL ESSAY GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) KELAS 10 SMA
Simulasi GLBB pada Moto GP
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus yang mempunyai kecepatan yang berubah dalam selang waktu tertentu. Perubahan kecepatan ini dinamakan sebagai percepatan atau perlambatan benda. Perubahan kecepatan pada benda yang bergerak berubah beraturan alasannya adanya gaya ekternal yang mempengaruhi benda tersebut. Apabila perubahan kecepatan simpulan (vt) lebih besar daripada kecepatan awal (v0) maka benda akan mengalami GLBB dipercepat, begitu sebaliknya bila perubahan kecepatan simpulan lebih kecil daripada kecepatan awal benda maka benda bisa dikatan mengalami GLBB diperlambat.

Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas 10 SMA

Sebelum anda mulai mengerjakan soal-soal latihan gerak lurus berubah beraturan, alangkah lebih baiknya bila anda mereview terlebih dahulu dengan membaca materi GLBB di buku paket masing-masing. Review kembali materi dan rumus-rumusnya semoga lebih gampang mengerjakan soal-soal yang aku berikan.

Soal Essay GLBB Kelas 10 SMA

1. Dua buah kendaraan beroda empat sedan melaju dengan lintasan lurus dan kecepatan yang sama, yaitu 10 m/s. Tiba-tiba kendaraan beroda empat pertama mengalami percepatan 4 m/s2 dan kendaraan beroda empat kedua mengalami perlambatan 2,5 m/s2. Berapa kecepatan kendaraan beroda empat pertama dan kedua sehabis 2 sekon? Bila mula-mula kedua kendaraan beroda empat ada diposisi yang sama, berapakah jarak antara kedua kendaraan beroda empat itu sehabis 2 sekon?

2. Sebuah kendaraan beroda empat dipercepat dari keadaan membisu menjadi 10 m/s dalam waktu 10 s. Berapakah percepatannya? Jika kemudian, sehabis mencapai kecepatan 10 m/s ini, kendaraan beroda empat dipercepat lagi untuk mencapai kecepatan 40 m/s dalam waktu 5 sekon, berapakah jarak antara kedua kendaraan beroda empat itu sehabis 2 sekon?

3. Sebuah bola dilempar vertikal ke atas lalu bola itu jatuh ke kedudukan semula. Hitung berapa kecepatan awal pada ketika bola dilempar ke atas semoga sehabis 3 detik bola tersebut kembali ke kedudukan semula! g = 10 m/s2 

4. Sebuah bola dijatuhkan vertikal ke bawah dengan kecepatan awal 5 m/s.
a.  Berapa ketinggian bola tersebut bila dalam waktu 5 detik, bola sudah tiba di tanah? g = 10 m/s2 
b.   Hitung kecepatan sehabis 2 detik semenjak bola dilemparkan

5. Sebuah mangga jatuh dari pohonnya. Tinggi mangga itu 78,4 meter. 
a. Berapa ketinggian mangga itu sehabis jatuh 3 detik?
b. Setelah berapa detik mangga itu tiba di tanah?
c. Berapa kecepatan mangga itu sesaat sebelum mencapai tanah?

6. Pukul 06.00 sebuah motor berangkat dari A dengan kecepatan 45 km/jam. Setengah jam lalu sebuah kendaraan beroda empat berangkat dengan kecepatan 90 km/jam ke arah yang sama dengan arah mobil. Kapan dan dimana kendaraan beroda empat sempurna menyusul motor?
a. Jika mula-mula kendaraan beroda empat dan motor ada di posisi yang sama
b. Jika mula-mula kendaraan beroda empat ada di posisi 45 km di belakang motor.

7. Dua kendaraan beroda empat berjalan pada sebuah jalan raya lurus dengan arah saling berlawanan. Mobil pertama bergerak dari P dengan kelajuan tetap 40 km/jam dan kendaraan beroda empat kedua bergerak dari Q dengan kelajuan 60 km/jam 7 menit kemudian. Jika jarak PQ yaitu 15 km, kapan kedua kendaraan beroda empat bertemu?

8. Sebuah kendaraan beroda empat mengalami perlambatan 0,5 m/s2 dari kecepatan awal 30 m/s. Berapakah waktu yang dibutuhkan semoga kecepatannya menjadi 10 m/s? Berapakah waktu yang dibutuhkan semoga kendaraan beroda empat berhenti?

8. Sebuah pesawat terbang tipe tertentu harus mempunyai kecepatan 60 m/s untuk tinggal landas. Percepatan yang bisa diberikan oleh mesin pesawat itu yaitu 2,5 m/s2. Berapakah panjang lintasan yang diberikan pesawat tipe ini untuk tinggal landas?

9. Ketika pengemudi menginjank rem, kendaraan beroda empat diperlambat dari kelajuan 10 m/s menjadi 5 m/s dalam jarak 15 m. Berapa jauh lagi jarak yang ditempuh kendaraan beroda empat sebelum risikonya kendaraan beroda empat berhenti?

10. Dua buah kendaraan beroda empat sedan melaju dengan lintasan lurus dengan kecepatan yang sama, yaitu 10 m/s. Tiba-tiba kendaraan beroda empat pertama mengalami percepatan 4 m/s2 dan kendaraan beroda empat kedua menglami perlambatan 2,5 m/s2. Berapakah kecepatan kendaraan beroda empat pertama dan kedua setalah 2 sekon? Bila kedua kendaraan beroda empat berada di posisi yang sama, berapakah jarak kedua kendaraan beroda empat itu sehabis 2 sekon?


Penutup

Demikian artikel aku perihal Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Kelas 10 SMA. Jangan lupa untuk membaca dan latihan soal fisika di artikel lainnya. Terimakasih atas kunjungannya. Jika ada soal ataupun kunci tanggapan yang salah dalam postingan artikel soal gerak lurus berubah beraturan. Silahkan anda komentar di bawah atau hubungi admin untuk revisi soal. Terimakasih.