Contoh latihan soal kelas 5 SD MI tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) dan kunci jawaban, kurikulum 2013 revisi. Masih pada pembelajaran kelas 5 SD MI, kali ini kami akan membagikan soal tematik SD yaitu kelas 5 SD MI. Dalam beberapa artikel kami yang lain, telah disebutkan bahwa pembelajaran tematik merupakan pembelajaran mengintegrasi beberapa mata pelajaran menjadi satu. Jadi, siswa lebih sanggup memahami materi dengan maksimal.
Adapun tema yang kami ambil untuk kami sampaikan latihan soalnya yaitu tema 5 subtema 3 pembelajaran 1-2. Nah, tema 5 sendiri yaitu ihwal ekosistem, sedangkan subtema 3 itu mengkaji ihwal keseimbangan ekosistem. Apa itu keseimbangan ekosistem? Keseimbangan ekosistem merupakan suatu kondisi yang mana terjadi interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara serasi dan seimbang.
Dalam soal yang ada pada artikel ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis, antara lain soal pilihan ganda/ pilgan, soal essay/ esai, dan soal uraian. Total soal yang kami sampaikan dalam artikel ini yaitu sekitar 40 soal. Ya tidak mengecewakan lah jikalau anda ingin menggunakan latihan soal ini untuk kepentingan penilaian kompetensi dasar, mulai dari Ulangan Harian, UTS, hingga UAS.
Latihan soal kelas 5 tema 5 ini sudah kami lengkapi dengan kunci jawaban/ pembahasan soal yang sudah kami lampirkan pada final artikel. Ya semoga saja sanggup membantu para pembaca dalam menjawab pertanyaan ihwal ekosistem ini. Jika anda menjumpai ada kunci tanggapan yang salah pada lampiran ini, mohon masukkan nomor soal yang salah pada kolom komentar. Akan kami revisi secepatnya.
LINK DOWNLOAD sudah kami lampirkan di bawah ini, jikalau mungkin ada pembaca yang ingin menyimpan file soal tema 5 ihwal ekosistem ini. Klik saja tombol yang ada di bawah artikel, makan anda akan diarahkan menuju ke halaman download soal. Semoga saja tidak ada yang eror.
Demikian pengantar dari kami terkait soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) pembelajaran 1-2. Semoga saja artikel yang kami bagikan ini sanggup menunjukkan manfaat bagi pendidikan di Indonesia pada umumnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini latihan soalnya. Semoga sukses ya…
1. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kesatu yaitu …
A. Perubahan yang tiba-tiba akan berdampak terhadap kerusakan
B. Rantai masakan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Alam senantiasa mengalami perubahan
D. Jika salah satu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu
2. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf ketiga yaitu …
A. Setiap mahkluk hidup di alam juga akan berubah
B. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu binatang pemangsanya
C. Jika salah satu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu
D. Pemanasan global menunjukkan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
3. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kedua yaitu …
A. Pemanasan global menunjukkan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
B. Rantai masakan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu binatang pemangsanya
D. Jika salah salu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu
4. Kesimpulan dari teks bacaan diatas berisi ihwal …
A. Hilangnya sebagian konsumen
B. Faktor penyebab rusaknya ekosistem
C. Rantai masakan dan perubahannya
D. Perubahan dalam jaring jaring makanan
5. Berikut ini merupakan kosakata baku, kecuali …
A. Rantai
B. Global
C. Mahkluk
D. Paktor
6. Berikut ini aktivitas yang sanggup menimbulkan terjadinya kerusakan perubahan jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Menebang pohon secara liar
B. Mombuang sampah ke sungai
C. Menggunakan pupuk pestisida secara berlebihan
D. Melakukan reboisasi
7. Berikut ini merupakan dampak yang paling besar terhadap perubahan pada jaring-jaring masakan yaitu …
A. Pemanasan global dan peristiwa alam
B. Kebakaran dan pemanasan global
C. Pencemaran lingkungan dan lanah longsor
D. Pencemaran lingkungan dan pemanasan global
8. Jawaban perubahan yang datang tiba, bahkan yang menunjukkan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Pertanyaan yang sempurna untuk tanggapan di atas yaitu …
A. Bagaimana cara semoga jaring-jaring masakan tetap terjaga?
B. Bagaimana proses terjadinya jaring-jaring makanan?
C. Apa yang menimbulkan jaring-jaring masakan terganggu?
D. Mengapa konsumenI mempengaruhi konsumen 1?
9. Berikut ini yang menjadi penyebab tergangunya jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Pemanasan global
B. Kebakaran
C. Bencana alam
D. Reboisasi
10. Tari Merak berasal dari tempat …
A. Bali
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Jawa Barat
11. Sepasang sayap merak yang indah yang dipasang di tangan pada property tari merak terbuat dari materi …
A. kayu
B. kain
C. bulu
D. besi
12. Gambar yang tertera menceritakan ihwal tarian …
A. Tari kecak
B. Tari merak
C. Tari kijang
D. Tari Jaipong
13. Properti yang dipakai pada tari merak yaitu …
A. piring
B. payung
C. keris
D. selendang
14. Perhatikan gambar berikut!
Gambar antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis …
A. patriotisme
B. mutualisme
C. komensalisme
D. parasitisme
15. Berikut ini merupakan sumber energi pada tumbuhan yaitu …
A. Angin
B. Tumbuhan lain
C. Hewan
D. Matahari
16. Tari merak mempunyai sifat …
A. Melankolis
B. Gagah
C. Sedih
D. Ceria
17. Lagu pengiring tari merak yaitu …
A. Macan ucul
B. Ketuk Tilu
C. Jaipongan
D. Gendingan
18. Sapi termasuk salah satu jenis binatang pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan disebut …
A. posvora
B. omnivora
C. herbivora
D. karnivora
19. Mahkluk hidup yang memakan masakan tanpa sanggup membual sendiri disebut …
A. rantai makanan
B. konsumen
C. produsen
D. pengurai
20. Simbiosis yang terjadi antara dua organisme dibagi menjadi 3 yaitu …
A. parasitisme, fanasitisme, komensalisme
B. mutualisme, fanatisme, komensalisme
C. mutualisme, komensalisme, patriotisme
D. parasitisme, mutualisme, komensalisme
21. Sumber energi pada binatang yaitu …
A. Matahari dan tumbuhan
B. Hewan dan matahari
C. Tumbuhan dan bunga
D. Tumbuhan dan hewan
22. Kumpulan dari beberapa rantai masakan di dalam sebuah ekosistem disebut …
A. proses memperoleh makanan
B. jaring-jaring makanan
C. rantai makanan
D. siklus daur makanan
23. Edo membeli seekor kucing untuk dijadikan binatang peliharaan. Edo merupakan …
A. konsumsi
B. konsumen
C. produsen
D. produksi
24. Konsumen yang berburu masakan disebut …
A. konsumen
B. produsen
C. pemangsa
D. pengurai
25. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai rantai makanan, kecuali …
A. konsumen menciptakan masakan sendiri
B. produsen membual masakan sendiri
C. konsumen memakan produsen
D. produsen melepas energi kepada konsumen
2. Mahkluk hidup yang menciptakan masakan sendiri disebut …
3. Hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen disebut …
4. Orang yang memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan disebut …
5. Seseorang yang menggunakan barang atau jasa yang tersedia baik bagi kepentingan sendiri ataupun orang lain disebut ...
6. Tarian yang menceritakan ihwal gerak-gerik burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina dinamakan …
7. Pakaian yang biasa dipakai untuk penari disebut …
8. Kata-kata yang sesuai dengan kaidah yang dinakukan berupa ejaan, tata bahasa baik secara penulisan maupun pengucapan disebut …
9. Kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang biasanya berbentuk bahasa tutur atau bahasa percakapan sehari-hari disebut …
10. Kata "apotek" merupakan bahasa serapan dari Belanda. Kosakata tidak bakunya yaitu …
2. Apa perbedaan antara rantai masakan dan jaring-jaring makanan?
3. Apa yang dimaksud dengan kosakata?
4. Sebutkan beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem?
5. Mengapa dalam tarian harus ada property tari?
6. Sebutkan ciri-ciri wangsit pokok dalam sebuah paragraf?
1. Makanan dan sumber energi lain
2. Produsen
3. Rantai makanan
4. Produsen
5. Konsumen
6. Tari merak
7. Busana tari
8. Kosakata baku
9. Kosakata tidak baku
10. Apotik
Jawaban Soal Uraian
1. Hubungan dengan keduanya saling menguntungkan ibarat antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis mutualisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya tidak untung dan tidak rugi ibarat antara bunga anggrak dan inangnya merupakan salah satu simbiosis komensalisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya rugi ibarat antara bunga parasit dan inangnya merupakan salah satu simbiosis parasitisme.
2. Rantai masakan yaitu hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Sedangkan jaring-jaring masakan yaitu kumpulan dari beberapa rantai masakan di dalam sebuah ekosistem.
3. Kosakata yaitu perbendahaaran kata atau himpunan kata yang dimiliki seseorang sebagai citra tingkat intelejensia.
4. Membuang sampah ke sungai, melaksanakan penebangan pohon secara liar, menggunakan pestisida berlebihan.
5. Sebagal kelengkapan dalam menari dan salah satu ciri khas pada tarian.
6. Berupa pikiran utama, mengandung pokok persoalan, letak wangsit pokok terdapat di awal paragraf, final paragraf, dituangkan dalam satu kalimat yang disebut kalimat utama.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 6 D 11 B 16 D 21 D
2 C 7 D 12 B 17 A 22 B
3 B 8 C 13 D 18 C 23 B
4 D 9 D 14 B 19 B 24 C
5 D 10 D 15 D 20 D 25 A
Orang lain juga membuka :
1. 40 Soal Kelas 5 Tema 5 (Ekosistem) & Jawaban (Pilgan, Esai, Uraian)
2. 40 Soal Tema 5 Kelas 5 dan Kunci Jawaban (Ekosistem) Revisi
Demikian rujukan latihan soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) yang terdiri dari soal pilihan ganda, esay, dan uraian beserta kunci tanggapan kurikulum 2013 revisi. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jikalau ada pembaca yang ingin mendownload soal tematik SD MI kelas 5. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/
Adapun tema yang kami ambil untuk kami sampaikan latihan soalnya yaitu tema 5 subtema 3 pembelajaran 1-2. Nah, tema 5 sendiri yaitu ihwal ekosistem, sedangkan subtema 3 itu mengkaji ihwal keseimbangan ekosistem. Apa itu keseimbangan ekosistem? Keseimbangan ekosistem merupakan suatu kondisi yang mana terjadi interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara serasi dan seimbang.
Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 dan Kunci Jawaban
Dalam subtema 3 ini, terdapat 6 kali pembelajaran. Adapun pembelajaran yang kami sampaikan latihan soalnya yaitu pembelajaran 1-2. Jika anda menghendaki untuk membuka soal pembelajaran yang lain, silahkan buka : Soal subtema 3 pembelajaran 3-4, dan Soal subtema 3 pembelajaran 5-6.Dalam soal yang ada pada artikel ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis, antara lain soal pilihan ganda/ pilgan, soal essay/ esai, dan soal uraian. Total soal yang kami sampaikan dalam artikel ini yaitu sekitar 40 soal. Ya tidak mengecewakan lah jikalau anda ingin menggunakan latihan soal ini untuk kepentingan penilaian kompetensi dasar, mulai dari Ulangan Harian, UTS, hingga UAS.
Latihan soal kelas 5 tema 5 ini sudah kami lengkapi dengan kunci jawaban/ pembahasan soal yang sudah kami lampirkan pada final artikel. Ya semoga saja sanggup membantu para pembaca dalam menjawab pertanyaan ihwal ekosistem ini. Jika anda menjumpai ada kunci tanggapan yang salah pada lampiran ini, mohon masukkan nomor soal yang salah pada kolom komentar. Akan kami revisi secepatnya.
LINK DOWNLOAD sudah kami lampirkan di bawah ini, jikalau mungkin ada pembaca yang ingin menyimpan file soal tema 5 ihwal ekosistem ini. Klik saja tombol yang ada di bawah artikel, makan anda akan diarahkan menuju ke halaman download soal. Semoga saja tidak ada yang eror.
Demikian pengantar dari kami terkait soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) pembelajaran 1-2. Semoga saja artikel yang kami bagikan ini sanggup menunjukkan manfaat bagi pendidikan di Indonesia pada umumnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini latihan soalnya. Semoga sukses ya…
Soal Pilihan Ganda Tema 5 Kelas 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
Bacalah teks bacaan berikut untuk soal nomor 1-3 Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan
Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu cuilan dari sebuah jaring-jaring masakan akan mengubah cuilan yang lain. Pada demam isu hujan, saat tumbuhan tumbuh subur, tumbuhan padi pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tumbuhan padi pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah binatang atau konsumen yang memakan padi, contohnya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu binatang pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah yaitu mangsa dari binatang yang lain, misal burung elang. Oleh lantaran itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.
Rantai masakan sebagai cuilan jaring-jaring masakan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua cuilan dari rantai tersebut tetap berperan. Rantai masakan di sawah akan terus terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai masakan tersebut tidak ada, lantaran banyak sekali faktor, penyusun rantai masakan lain akan terganggu. Jika tidak ada padi, tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapat makanan. Rantai masakan itu akan terganggu dan merugikan apabila ular sawah yang seharusnya memangsa tikus sawah ternyata memangsa binatang lain, misal anak ayam yang dipelihara manusia.
Jika salah satu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu. Perubahan-perubahan yang bersifat alami dan menjadi cuilan dari daur kehidupan di dalam ekosistem, tidak akan menunjukkan gangguan yang berarti. Hal itu disebabkan perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat. Perubahan yang tiba-tiba, bahkan yang menunjukkan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Bencana alam, pencemaran lingkungan, kebakaran, atau bahkan pemanasan global, biasanya akan menjadikan terganggunya jaring-jaring makanan. Di antara perubahan-perubahan tersebut, pencemaran lingkungan dan pemanasan global menunjukkan dampak yang besar terhadap perubahan pada jarring-jaring makanan.
1. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kesatu yaitu …
A. Perubahan yang tiba-tiba akan berdampak terhadap kerusakan
B. Rantai masakan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Alam senantiasa mengalami perubahan
D. Jika salah satu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu
2. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf ketiga yaitu …
A. Setiap mahkluk hidup di alam juga akan berubah
B. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu binatang pemangsanya
C. Jika salah satu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu
D. Pemanasan global menunjukkan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
3. Pikiran utama yang terdapat pada paragraf kedua yaitu …
A. Pemanasan global menunjukkan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan
B. Rantai masakan di sawah akan terus terbentuk selama mahkluk hidup penyusunnya ada
C. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan salah satu binatang pemangsanya
D. Jika salah salu rantai masakan terganggu, jaring-jaring masakan pun akan terganggu
4. Kesimpulan dari teks bacaan diatas berisi ihwal …
A. Hilangnya sebagian konsumen
B. Faktor penyebab rusaknya ekosistem
C. Rantai masakan dan perubahannya
D. Perubahan dalam jaring jaring makanan
5. Berikut ini merupakan kosakata baku, kecuali …
A. Rantai
B. Global
C. Mahkluk
D. Paktor
6. Berikut ini aktivitas yang sanggup menimbulkan terjadinya kerusakan perubahan jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Menebang pohon secara liar
B. Mombuang sampah ke sungai
C. Menggunakan pupuk pestisida secara berlebihan
D. Melakukan reboisasi
7. Berikut ini merupakan dampak yang paling besar terhadap perubahan pada jaring-jaring masakan yaitu …
A. Pemanasan global dan peristiwa alam
B. Kebakaran dan pemanasan global
C. Pencemaran lingkungan dan lanah longsor
D. Pencemaran lingkungan dan pemanasan global
8. Jawaban perubahan yang datang tiba, bahkan yang menunjukkan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Pertanyaan yang sempurna untuk tanggapan di atas yaitu …
A. Bagaimana cara semoga jaring-jaring masakan tetap terjaga?
B. Bagaimana proses terjadinya jaring-jaring makanan?
C. Apa yang menimbulkan jaring-jaring masakan terganggu?
D. Mengapa konsumenI mempengaruhi konsumen 1?
9. Berikut ini yang menjadi penyebab tergangunya jaring-jaring makanan, kecuali …
A. Pemanasan global
B. Kebakaran
C. Bencana alam
D. Reboisasi
10. Tari Merak berasal dari tempat …
A. Bali
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Jawa Barat
11. Sepasang sayap merak yang indah yang dipasang di tangan pada property tari merak terbuat dari materi …
A. kayu
B. kain
C. bulu
D. besi
12. Gambar yang tertera menceritakan ihwal tarian …
A. Tari kecak
B. Tari merak
C. Tari kijang
D. Tari Jaipong
13. Properti yang dipakai pada tari merak yaitu …
A. piring
B. payung
C. keris
D. selendang
14. Perhatikan gambar berikut!
Gambar antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis …
A. patriotisme
B. mutualisme
C. komensalisme
D. parasitisme
15. Berikut ini merupakan sumber energi pada tumbuhan yaitu …
A. Angin
B. Tumbuhan lain
C. Hewan
D. Matahari
16. Tari merak mempunyai sifat …
A. Melankolis
B. Gagah
C. Sedih
D. Ceria
17. Lagu pengiring tari merak yaitu …
A. Macan ucul
B. Ketuk Tilu
C. Jaipongan
D. Gendingan
18. Sapi termasuk salah satu jenis binatang pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan disebut …
A. posvora
B. omnivora
C. herbivora
D. karnivora
19. Mahkluk hidup yang memakan masakan tanpa sanggup membual sendiri disebut …
A. rantai makanan
B. konsumen
C. produsen
D. pengurai
20. Simbiosis yang terjadi antara dua organisme dibagi menjadi 3 yaitu …
A. parasitisme, fanasitisme, komensalisme
B. mutualisme, fanatisme, komensalisme
C. mutualisme, komensalisme, patriotisme
D. parasitisme, mutualisme, komensalisme
21. Sumber energi pada binatang yaitu …
A. Matahari dan tumbuhan
B. Hewan dan matahari
C. Tumbuhan dan bunga
D. Tumbuhan dan hewan
22. Kumpulan dari beberapa rantai masakan di dalam sebuah ekosistem disebut …
A. proses memperoleh makanan
B. jaring-jaring makanan
C. rantai makanan
D. siklus daur makanan
23. Edo membeli seekor kucing untuk dijadikan binatang peliharaan. Edo merupakan …
A. konsumsi
B. konsumen
C. produsen
D. produksi
24. Konsumen yang berburu masakan disebut …
A. konsumen
B. produsen
C. pemangsa
D. pengurai
25. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai rantai makanan, kecuali …
A. konsumen menciptakan masakan sendiri
B. produsen membual masakan sendiri
C. konsumen memakan produsen
D. produsen melepas energi kepada konsumen
Soal Essay/ Esai Kelas 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
1. Salah satu faktor penting terjadinya saling kebergantungan antarmakhluk hidup yaitu ...2. Mahkluk hidup yang menciptakan masakan sendiri disebut …
3. Hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen disebut …
4. Orang yang memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan disebut …
5. Seseorang yang menggunakan barang atau jasa yang tersedia baik bagi kepentingan sendiri ataupun orang lain disebut ...
6. Tarian yang menceritakan ihwal gerak-gerik burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina dinamakan …
7. Pakaian yang biasa dipakai untuk penari disebut …
8. Kata-kata yang sesuai dengan kaidah yang dinakukan berupa ejaan, tata bahasa baik secara penulisan maupun pengucapan disebut …
9. Kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang biasanya berbentuk bahasa tutur atau bahasa percakapan sehari-hari disebut …
10. Kata "apotek" merupakan bahasa serapan dari Belanda. Kosakata tidak bakunya yaitu …
Soal Uraian Tema 5 (Ekosistem) Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
1. Apa perbedaan antara simbiosis komensalisme, parasitisme dan mutualisme?2. Apa perbedaan antara rantai masakan dan jaring-jaring makanan?
3. Apa yang dimaksud dengan kosakata?
4. Sebutkan beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem?
5. Mengapa dalam tarian harus ada property tari?
6. Sebutkan ciri-ciri wangsit pokok dalam sebuah paragraf?
Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 (Keseimbangan Ekosistem)
Jawaban Soal Essay1. Makanan dan sumber energi lain
2. Produsen
3. Rantai makanan
4. Produsen
5. Konsumen
6. Tari merak
7. Busana tari
8. Kosakata baku
9. Kosakata tidak baku
10. Apotik
Jawaban Soal Uraian
1. Hubungan dengan keduanya saling menguntungkan ibarat antara bunga dan kupu-kupu merupakan salah satu simbiosis mutualisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya tidak untung dan tidak rugi ibarat antara bunga anggrak dan inangnya merupakan salah satu simbiosis komensalisme. Hubungan dengan yang satu untung dan keduanya rugi ibarat antara bunga parasit dan inangnya merupakan salah satu simbiosis parasitisme.
2. Rantai masakan yaitu hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Sedangkan jaring-jaring masakan yaitu kumpulan dari beberapa rantai masakan di dalam sebuah ekosistem.
3. Kosakata yaitu perbendahaaran kata atau himpunan kata yang dimiliki seseorang sebagai citra tingkat intelejensia.
4. Membuang sampah ke sungai, melaksanakan penebangan pohon secara liar, menggunakan pestisida berlebihan.
5. Sebagal kelengkapan dalam menari dan salah satu ciri khas pada tarian.
6. Berupa pikiran utama, mengandung pokok persoalan, letak wangsit pokok terdapat di awal paragraf, final paragraf, dituangkan dalam satu kalimat yang disebut kalimat utama.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 6 D 11 B 16 D 21 D
2 C 7 D 12 B 17 A 22 B
3 B 8 C 13 D 18 C 23 B
4 D 9 D 14 B 19 B 24 C
5 D 10 D 15 D 20 D 25 A
Orang lain juga membuka :
1. 40 Soal Kelas 5 Tema 5 (Ekosistem) & Jawaban (Pilgan, Esai, Uraian)
2. 40 Soal Tema 5 Kelas 5 dan Kunci Jawaban (Ekosistem) Revisi
Demikian rujukan latihan soal kelas 5 tema 5 (ekosistem) subtema 3 (keseimbangan ekosistem) yang terdiri dari soal pilihan ganda, esay, dan uraian beserta kunci tanggapan kurikulum 2013 revisi. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini jikalau ada pembaca yang ingin mendownload soal tematik SD MI kelas 5. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/