ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
SMK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Mata Pelajaran | : | PENGANTAR ADM. PERKANTORAN |
Kelas | : | X AK 1-4 |
Paket Keahlian | : | AKUNTANSI |
Hari / Tanggal | : | |
Waktu | : | |
Guru Pengampu | : | |
1.Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri manajemen ( tata perjuangan ) adalah...
A. dilakukan semua pihak
b.bersifat pelayanan
c.banyak aktivitas manual, visual, dan tulis
d.merembes kemana-mana
e. adanya pembagian kiprah
2.Dibawah ini yang bukan pendekatan manajemen adalah...
a.hubungan manusiawi
b.teori perilaku
c.kuantitatif
d. manual
e. sistem
3.Rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaaan dalam perjuangan kolaborasi merupakan pengertian dari...
A managemen
b. pengorganisasian
c. tata hubungan
d. perbekalan
e. keuangan
4.Sistem atau proses dan aktivitas perencanaan, pengorganissian, pengarahan dan pengawasan sumber daya insan untuk mencapai tujuan adalah...
administrasi
b.pengorganisasian
c. pengarahan
d. managemen
e. perwakilan
5.Ruang lingkup manajemen perkantoran meliputi...
a.lokasi kantor , gedung
b.interior, mesin-mesin kantor
c.kegiatan kantor , sarana dan kemudahan kerja perkantoran
d.peralatan dan perabotan kantor
e. lokasi dan interior
6.Proses memilih arah aktivitas kantor dengan cara meninjau kembali faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor merupakan pengertian ...
a. perencanaan perkantoran
b.pengawasan perkantoran
c.pengarahan perkantoran
d.pengorganisasian perkantoran
e. perwakilan
7.Berikut merupakan perencanaan perkantoran , kecuali...
a.perencanaan gedung , standar kualitas kerja
b.penerangan, tata ruang kantor
c.anggaran waktu
d.anggaran , standar kualitas kerja
e. ventilasi
8.Salah satu sarana dan kemudahan kerja perkantoran yang merupakan bangunan dimana harus memenuhi faktor keamanan, kesehatan, dan kemudahan memadai adalah...
a.lokasi
b.kantor
c.gedung
d. ruang
e. gudang
9.Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai impian / sasaran adalah..
a.perencanaan
b.pengorganisasian
c.pengarahan
d.penghimpunan
e. pengawasan
10.Berikut yaitu bentuk karakteristik manajemen perkantoran , kecuali...
a. bersifat pelayanan
b,bersifat terbuka dan luas
c.di laksanakan oleh semua pihak
d.bersifat tertutup
e. a,b dan c benar
11.Sifat administratif yang mencakup tata perjuangan melayani pelaksanaan pekerjaanoperatif untuk mencapai tujuan suatu organisasi adalah...
a.bersifat terbuka dan luas
b.bersifat sempit
c.bersifat pelayanan
d.bersifat mengikat
e.bersifat merembes
12.Kegitan memperbanyak dengan pelbagai cara dan alat merupakan inti dari aktivitas administrasi...
a.menghimpun
b. mengirim
c.menyimpan
d.mencatat
e.menggandakan
13. salah satu karakterististik manajemen perkantoran yang sanggup dilakukan dimana saja baik di kantor maupun diliuar kantor adalah
a. bersifat terbuka dan luas
b. bersifat pelayanan
c. dilaksanakan oleh semua pihak
d. bersifat terbimbing
e.bersifat terkordinasi
14. aktivitas pekerja kantor sanggup dilakukan oleh siapa saja mulai dari pimpinan hingga karyawan yang paling bawah sekalipun yaitu karakteristik manajemen bersifat
a. pelayanan
b. terbuka dan luas
c. sempit
d. dilaksanakan oleh semua pihak
e.merembes
15. berikut karakteristik dari pelayanan kantor, kecuali
a. menghanguskan
b. mencatat
c. mengirim
d. mengelola
e.menyimpan
16. berikut yang tidak termasuk fungsi manajemen adalah
a. fungsi analisis
b. fungsi interpersonal
c. fungsi rutin
d. fungsi kantor
e.fungsi teknis
17. pelaksanaan aktivitas / pelayanan dalam bidang perjuangan disuatu organisasi / kantor dilakukan / dipusatkan pada satuan organisasi tersendiri yang khusus menangani pelayanan kantor / menangani informasi disebut
a. azaz desentralisai
b. azaz sentralisasi
c. azaz campuran
d. azaz penghapusan
e.azas perencanaan
18. pelaku semua aktivitas / pelayanan di bidang tata perjuangan disetiap unit dalam organisasi diurus sendiri oleh masing masing unit bersangkutan disebut...
a. azaz sentralisasi
b. azaz penghapusan
c. azaz perencanaan
d. azaz penyederhanaan
e.azas desentralisasi
19. penggabungan dari azaz sentralisasi dan desentralisasi adalah
a. azaz perencanaan
b. azaz sentralisasi
c. azaz campuran
d. azaz desentalisasi
e.azas penyederhanan
20. pekerjaan penunjang kiprah utama / pokok yang berkaitan kertas, maupun pelayanan disebut...
a. pekerjaan minat
b. bekerja
c. pelayanan
d. operatif
e.pekerjaan kantor
21. pekerjaan kantor pada umumnya berafiliasi dengan empat aktifitas pokok adalah.kecuali...
a. catatan
b. angka angka dn prhitungan perhitungan
c. penyimpanan produk produk sendiri
d. komunikasi intern dan ekstern
e. di lakukan oleh semua pihak
22. sebuah pekerjaan yang mengatur perihal fungsi dan kedeudukan seorang pegawai pada sebuah tubuh ,organisasi / instansi yaitu pengertian dari...
a. komunikasi
b. kepegawaian
c. perkantoran
d. perlengkapan
e.perbekalan
23.manfaat dari managemen perkantoran dibawah ini yaitu benar, kecuali...
a. kelancaran pekerjaan dan mencegah kemungkinan kesalahan dalam pekerjaan
b. pengurangan keterlambatan dan kendala
c. kontrol lebih baik terhadap pekerjaan
d. untuk menyediakan informasi yang siap pakai
e.a,b dan c benar
24. sumberdaya dalam managemen perkantoran adalah
a. biaya, jam kerja, materi
b. efektifitas, efisiensi, tanggung jawab, kepercayaan
c. disiplin tanggung jawab, kepercayaan
d. pegawai, biaya kantor, materia, mesin, metode, waktu dan pasar
e.materi ,kekayaan ,disiplin
25. Berikut yaitu bentuk dari pekerjaaan kantor kecuali..
a. pekerjaan tulis menulis
b. mengetik
c. pekerjaan menghitung
d. menciptakan jadwal,grafik
e.menelpon
26. tujuan pekerjaan mengetik antara lain sebagai berikut benar , kecuali...
a.menghemat tenaga dan waktu dalam memperbanyak warkat
b.mempercepat pekerjaan tulis-menulis
c.memperlambat pekerjaan tulis-menulis
d.praktis
e.tersedianya arsip warkat
27.ciri-ciri pekerjaan kantor dibawah ini yaitu benar kecuali...
a.tertutup
b.bersifat pelayanan
c.merembes segenap bab organisasi
d.dilakukan semua pihak
e.b ,c dan d benar
28.pekerjaan kantor melayani pelaksana pekerjaan operasional dalam pencapaian tujuan organisasi yaitu ciri pekerjaan kantor...
a.merembes segenap bab organisasi
b.bersifat pelayanan
c.dilaksanakan oleh semua pihak
d.terbuka
e.tertutup
29.oleh alasannya pekerjaan kantor bersifat pelayanan terhadap semua pekerjaan operatif yaitu ciri pekerjaan kantor..
a.merembas segenap bab organisasi
b.bersifat pelayanan
c.terbuka
d.dilaksanakan oleh semua pihak
e.dilakukan perorangan
30.segenap azas yang dijadikan pedoman dan ukuran dalam pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisiensi yaitu ..
a.organizing
b.evaluating
c.office policy
d.planning
e.cordinating
31.pelaksannan semua kegiatan/pelayanan dalam bidang tata perjuangan di setiap unit dalam organisasi di urus sendiri oleh masing masing unit bersangkutan yaitu azas azas dari..
a.sentralisasi
b.desentralisasi
c.gabungan
d.penghapusan
e.perencanaan
32.kegiatan mencatat(menulis) surat dengan berbagaiperwatan (alat tulis) perihal keterangan yang di perlukan sehingga berwujud goresan pena dala bentuk pekerjaan kantor..
a.mengetik
b.tulis menulis
c.menghitung
d.membuat jadwal
e.mennggandakan
33.tujuan manejemen perkantoran hrus memenui persyaratan di tinjau dari segi...
a.ekonomis,teknis, dan psikologis
b.keamanan,ekonomis dan teknis
c.kepuasan eknis dan psikologis
d. ekonomis,teknis dan kualitas
e.financial
34.berikut yaitu termasuk peralatan kearsipan kecuali...
a.rotarifeeling system
b.map arsip
c.mesin fotocopy
d.guide
e.rak arsip
35.nama perlatan kantor yang di gunakan untuk melubangi kertas adalah...
a.hectmachine
b.felling kabinet
c.perforator
d.stopmap
e.streples
36. Berikut yaitu pengertian kantor berdasarkan PRAJUDI, kecuali ...
a. Ruang / kamar kerja
b. Markas atau ruang gedung
c. Biro / daerah kedudukan pimpinan
d. Instansi, badan, jawatan, perusahaan
e. Gedung, rumah, ruang
37. Sikap daerah yang biasanya dipergunakan untuk melakukan pekerjaan tata perjuangan dengan nam apapun juga daerah tersebut mungkin diberikan yaitu pengertian kantor menurut...
a. Moekijat
b. Prajudi atmosudirjo
c. KBB I
d. THE LIANG GIE
e. Dwight waldo
38. Berikut yaitu fungsi kerja kantor, kecuali...
a. Menerima informasi
b. Memberikan informasi
c. Mengatur informasi
d. Menyiapkan kegiatan
e. Merekam dan menyimpan data
39. Segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang di lakukan oleh sekelompk orang dalam kerjasama mencapai tujuan tertentu merupakan penertian administrasi menurut...
a.Dwight Waldo
b. William H. Newman
c. George Terry
d. Drs. The Liang Djie
e. Dr siagian MPA
40. Rangkaian aktivitas menghimpun , mencatat, mengolah, menjiplak ,mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang mempunyai kegunaan dalam perjuangan kolaborasi merupakan pengertian dari...
a. keuangan
b. Kepegawaian
c.Perbekalan
d. Manajemen
e. tata usaha
ESSAY
1. Jelaskan perbedaan pengertian manajemen dalam arti sempit dan arti luas !
2. Sebutkan dan jelaskan sifat karakteristik manajemen perkantoran !
3. Sebutkan fungsi managemen yang diterapkan pada kantor!
4. Sebutkan bentuk pekerjaan kantor !
5. Buatlah struktur organisasi kantor / organisasi !