Selamat siang teman-teman guru geografi se nusantara, kali ini aku akan berikan teladan model pembelajaran discovery geografi berbasis HOTS yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pembelajaran periode ke 21 ketika ini lebih mengarahkan anak biar sanggup lebih bebas berkreasi dan berekspresi mengemukakan pendapatnya. Model discovery yaitu model berguru yang memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk menemukan sendiri jawaban atas sebuah kasus kasatmata dalam kehidupan. Berikut teladan pembelajaran discovery geografi bahan konsep geografi.
1. Stimulation (memberikan stimulus)
Contoh: Guru menampilkan sebuah peristiwa berupan fenomena gempa bumi Palu yang berkaitan dengan aspek geografi.
2. Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Contoh: Mengidentifikasi penyebab terjadinya gempa di Palu.
3. Data Collecting (mengumpulkan data)
Contoh: Mencari dan mengumpulkan data wacana penyebab tragedi gempa di Palu dari sumber terpercaya.
4. Data Processing (mengolah data)
Contoh: Mencari upaya meminimalisir dan menanggulangi tragedi gempa di Palu
5. Verification (memverifikasi)
Contoh: Membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mendapat isu dan mencari solusi terbaik dalam menanggulangi fenomena gempa.
6. Generalization (menyimpulkan)
Contoh: Menyimpulkan upaya mitigasi gempa di Palu.
Dalam hal ini memang lebih baik memakai media internet biar siswa sanggup mengeksplorasi banyak sekali macam info yang mendukung terhadap permasalahan tersebut. Siswa juga diajak untuk mencari data dari sumber terpercaya dan menentukan mana sumber yang hoax atau bukan. Gambar: disini
Kerusakan jawaban gempa di Palu |
Contoh: Guru menampilkan sebuah peristiwa berupan fenomena gempa bumi Palu yang berkaitan dengan aspek geografi.
2. Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Contoh: Mengidentifikasi penyebab terjadinya gempa di Palu.
3. Data Collecting (mengumpulkan data)
Contoh: Mencari dan mengumpulkan data wacana penyebab tragedi gempa di Palu dari sumber terpercaya.
4. Data Processing (mengolah data)
Contoh: Mencari upaya meminimalisir dan menanggulangi tragedi gempa di Palu
5. Verification (memverifikasi)
Contoh: Membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mendapat isu dan mencari solusi terbaik dalam menanggulangi fenomena gempa.
6. Generalization (menyimpulkan)
Contoh: Menyimpulkan upaya mitigasi gempa di Palu.
Dalam hal ini memang lebih baik memakai media internet biar siswa sanggup mengeksplorasi banyak sekali macam info yang mendukung terhadap permasalahan tersebut. Siswa juga diajak untuk mencari data dari sumber terpercaya dan menentukan mana sumber yang hoax atau bukan. Gambar: disini