5 Menit Menciptakan Soal Online, Ujian Online Tanpa “Nyontek” Siap Dilaksanakan Di Sekolah
4/ 5 stars - "5 Menit Menciptakan Soal Online, Ujian Online Tanpa “Nyontek” Siap Dilaksanakan Di Sekolah" S alah satu fitur keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Google Drive ialah adanya fitur pembuatan kuis yang sanggup di setting pada...

5 Menit Menciptakan Soal Online, Ujian Online Tanpa “Nyontek” Siap Dilaksanakan Di Sekolah



Salah satu fitur keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Google Drive ialah adanya fitur pembuatan kuis yang sanggup di setting pada penggunaan google formulir. Artikel yang berisi tutorial wacana pembuatan soal online di blog ini sering sekali saya bahas. Apa bedanya dengan artikel kali ini?, silahkan simak hingga tuntas postingan ini, ikuti tahap demi tahap dan praktekan.


Pada artikel ini akan saya bahas:
  1. Bagaimana cara gampang dan cepat menciptakan soal online dengan password memakai google formulir (3 menit),
  2. Membuat QR Code link soal online (1 menit), 
  3. Mengamankan Ujian Online dengan Mung Exambro (1 menit).

#1.  Tiga Menit Pertama - Membuat Soal Online

1. Buka drive.google.com, login dengan akun google, Klik Baru – Lainnya – Google Formulir

2. Klik icon gerigi pojok kanan atas - Klik tab KUIS - Klik Jadikan ini sebagai kuis - Klik tombol SIMPAN. Pengaturan pada tab lain, silahkan berkreasi, centang sesuai kebutuhan, misal pada tab PRESENTASI anda sanggup mencentang fitur acak urutan pertanyaan, dll.

3. Tuliskan judul Soal Online dan buatlah halaman identitas, nama lengkap (jawaban singkat), nis (jawaban singkat), kelas (drop down).

Masih di halaman identitas, tambahkan tanggapan singkat, beri keterangan (1) Tulis Token/ Password, (3) Klik titik tiga pojok bawah, (4) klik Validasi respons , (5) Aktifkan tanda wajib diisi

Sebagai contoh: (1) Pilih angka, (2) pilih sama dengan, (3) isi dengan angka “123”, (4) tulis respon kegagalan input token, perhatikan gambar:

Hasil pembuatan halaman pengisian identitas siswa (bagian satu) menyerupai gambar berikut:

Tambahkan bab kedua untuk menuliskan soal online, klik icon menyerupai gambar yang ada di kanan bawah

Silahkan anda buat soal sesuai kebutuhan, sebagai pola buat soal sebanyak 10 soal, untuk memberi kunci dan skor tanggapan benar, klik tombol Kunci Jawaban di bawah opsi jawaban;

Setelah tamat menciptakan soal, klik tombol KIRIM - klik icon tautan/ link untuk mendapat LINK soal online.

Sampai tahap ini kita telah tamat menciptakan soal online, dan link soal online sudah kita dapatkan, hanya saja link tersebut terlalu panjang dan akan sangat merepotkan dikala akan membagikan ke siswa. Kita sanggup memperpendek link soal online dengan memakai akomodasi yang diberikan situs bit.ly atau sanggup juga berbagi QR Code link soal online. Pada artikel ini akan saya bahas menciptakan QR code.

Untuk memperpendek URL soal online dengan akomodasi yang diberikan bit.ly, anda hanya cukup buka situs bit.ly, untuk pertama kali silahkan anda pendaftaran gratis hal ini bertujuan supaya koleksi link anda akan tersimpan di akun anda, untuk mempermudah pendaftaran anda sanggup memakai akun google anda.

Klik tombol Create
Paste/ tempel URL soal online yang sudah anda dapatkan dari google drive:

Anda akan mendapat URL gres yang sudah diperpendek, biasanya akan berisi teks acak, disini anda sanggup juga mengganti teks acak dengan teks sesuka anda, jangan lupa untuk klik tombol SAVE untuk menyimpan hasil perubahannya, misalnya menyerupai gambar di bawah ini:


#2.  Satu Menit - Membuat QR Code Link Soal Online

Tahap ini kita akan menciptakan QR Code link soal online yang sudah kita buat sebelumnya,
1. Buka situs qrcode-monkey.com
2. Klik tab sajian TEXT kemudian paste link soal online dari google drive.


3. Hapus goresan pena https:// (tujuan pembatalan goresan pena https:// pada link soal online, supaya tidak error dikala qr code di scan memakai aplikasi Mung Exambro) kemudian klik tombol Create QR Code, selanjutnya klik tombol Download PNG untuk mengunduh gambar QR Code link soal online yang sanggup anda cetak.


#3. Satu Menit - Mengamankan Ujian Online dengan Mung Exambro

Aplikasi android Mung Exambro saya sediakan gratis di Playstore supaya sanggup dimanfaatkan guru, siswa di Indonesia dalam pelaksanaan ujian online.

Aplikasi ini berfungsi menscan QR Code link soal online, dan juga sanggup meminimalisir kecurangan dikala ujian online menyerupai membuka aplikasi untuk browsing, chating, dll.

Masing-masing hp siswa diwajibkan mendownload dan install aplikasi Mung Exambro (ukuran file 2 MB) melalui playstore:

Setelah tamat download dan install aplikasi, buka aplikasi Mung Exambro, klik tombol SCAN QR CODE ALAMAT SERVER (untuk pertama kali, izinkan penggunaan camera).

Arahkan pada QR Code yang sudah dibentuk dan cetak, soal online akan tampil di layar hp siswa dan siap untuk dikerjakan. Setelah masuk ke soal hp siswa akan terkunci dari aktifitas membuka aplikasi lain, menyerupai browsing, chating, telpon, sms, dll.

Untuk kotak "Masukkan Alamat Server", bila anda memakai alamat soal online yang sudah diperpendek dengan bit.ly, silahkan anda masukan tanpa di awali dengan https://, melainkan eksklusif anda ketik bit.ly/soalonline dan tekan tombol LANJUTKAN untuk masuk ke soal online.

Demikian, supaya bermanfaat.

Video panduan sebagai suplemen dan memperjelas artikel ini silahkan simak di tautan berikut:
  1. Cara Membuat Soal Online dan Mengelola Hasil Jawaban Siswa: bit.ly/soalgd19
  2. Video Cara Merekap Hasil Pekerjaan Siswa dengan Rumus Vlookup: bit.ly/soalvlook
  3. Video 5 menit menciptakan soal online: bit.ly/5menitsoal

Sumber https://mrmung.blogspot.com/