Matematika Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Halaman 146, 150, 154, 155, 156 - Kunci Jawaban soal Senang Belajar Matematika Kelas 4 Hubungan Antar Garis
Didalam buku matemaika kelas 4 sd terdapat 5 pembahasan yang harus di pelajari oleh siswa supaya sanggup dipahami diantranya mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.
Untuk itu admin ingin mencoba membantu siswa siswi supaya gampang dalam menjawab soal pertayaan dalam buku bahagia berguru matematika kelas 4 sd kurikulum 2013,baiklah silkan pantau trus balasan yang admin tulis di artikel ini
Ayo Mengamati
Pengamatan
Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!
Ayo Menaya
Berikut yaitu referensi pertanyaan ihwal garis.
1.Apakah yang dimaksud garis?
2.Bagaimana cara menggambar garis?
Ayo Menalar
Berikut ini klarifikasi lebih rinci dari pengamatan ihwal garis.
Menurut Meli, garis yaitu kumpulan titik-titik yang sangat banyak, jikalau titik-titik tersebut berkumpul secara teratur dan berkesinambungan akan membentuk garis lurus. Beberapa referensi garis lurus dalam kehidupan sehari-hari yaitu rel kereta api dan sisi buku.
Ayo Mencoba
1.Berilah tanda centang pada gambar yang merupakan garis lurus dan tanda x yang bukan garis lurus!
Jawaban
2.Berilah nama pada jenis garis berikut!
Jawaban
a) garis lurus CD
b) garis lurus VW
c) garis lurus XY
3.Sebutkan 5 referensi benda di sekitarmu yang berbentuk garis lurus!
Jawaban
1. Tali yang di renggangkan
2. Bagian tepi papan tulis
3. Rel kereta api
Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!
Anggaplah gambar di atas sebagai rel kereta api(Gambar 4.13).Sebuah rel kereta api terlihat menyerupai garis lurus.Pada lintasan kereta api tersebut terdapat dua garis lurus yang saling berdampingan. Apakah lintasan kereta api tersebut selalu berjarak sama? Bagaimana jikalau lintasan kereta api tersebut tidak berjarak sama?
1.Perhatikan gambar berdiri datar di bawah ini.Berikan nama pada setiap segmen garis berdiri datar di bawah ini (misal garis a, garis k, (garis dan lain-lain). Temukan segmen garis manakah yang sejajar? Segmen garisgaris manakah yang berpotongan? Manakah segmen garis-garis yang berpotongan tegak lurus? Adakah segmen garis yang berhimpit?
Jawaban
2.Buatlah:
a.tiga pasang garis yang saling sejajar
b.tiga pasang garis yang saling berpotongan
c.dua pasang garis yang saling tegak lurus
d.dua pasang garis yang saling berimpit
Jawaban
3.Ayah Meli akan menciptakan tangga dari bambu menyerupai pada gambar di bawah. Jika tiap ruas bambu panjangnya 30 cm, berapakah panjang bambu yang diharapkan ayah Meli untuk menciptakan tangga tersebut?
Jawaban
Panjang bambu = 26 × 30 = 780
Kaprikornus panjang bambu yang diharapkan yaitu 780 cm.
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1.Berilah tanda centang pada gambar yang merupakan berdiri segi banyak dan tanda x yang bukan segi banyak
2.Arsirlah berdiri yang merupakan berdiri segi banyak beraturan!
3.Ciri-ciri berdiri segibanyak yaitu ….
4.Ciri-ciri berdiri segibanyak tidak beraturan yaitu …
5.Udin setiap pagi berlari mengelilingi taman kota berbentuk segilima beraturan.Jika panjang salah satu sisi taman kota yaitu 100 meter.Berapakah jarak yang ditempuh Udin untuk mengelilingi taman kota?
6.Diketahui sisi sebuah persegi 14 cm. Berapakah keliling dan luas persegi tersebut?
7.Sebuah persegi panjang memiliki panjang 15 cm dan lebar 10 cm. Hitunglah keliling dan luas persegi panjang!
8.Sisi penyiku segitiga siku-siku yaitu 5 cm dan 12 cm. Berapakah keliling dan luas segitiga?
9.Luas persegi sama dengan kelilingnya. Berapakah panjang sisi persegi?
10.Keliling persegi panjang sama dengan keliling persegi. Jika sisi persegi 10 cm dan lebar persegi panjang 8 cm. Hitunglah luas persegi dan persegi panjang!
11.Diketahui keliling segitiga sama sisi 18 cm. Tentukan luas segitiga tersebut!
12.Pekarangan Pak Edo berbentuk persegi panjang dengan ukuran 24 m x 18 m.Di sekeliling pekarangan akan dipasang tiang lampu dengan jarak antar tiang 3 m.Banyak tiang lampu yang sanggup dipasang yaitu …
13.Dari sebuah kertas karton yang berukuran 6 cm x 7 cm akan dibentuk persegi yan paling besar. Sisa kertas karton tersebut yaitu berbentuk persegi panjang dengan ukuran ....
14.Pak Udin ingin menciptakan sebuah taman berbentuk persegi panjang di halaman depan rumahnya.Jika luas taman yang diinginkan yaitu 36 m 2,maka kemungkinan ukuran panjang dan lebar taman yang sanggup dibentuk oleh pak Udin supaya menghasilkan luas yang diinginkan yaitu ….
15.Ayah Beni ingin memagari pekarangan di belakang rumahnya menyerupai terlihat pada gambar! Jika biaya pagar per meternya yaitu Rp5.000,00, maka berapa biaya yang harus dikeluarkan ayah Beni?
16.Seorang tukang ingin memasang keramik/ubin di sebuah gedung, jikalau gedung itu berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 25 m dan lebar 16 m, dan keramik/ubin yang akan dipasang berukuran 40 cm x 40 cm, maka berapakah banyak keramik yang akan dipasang oleh tukang tersebut?
17.Sejumlah penerima kemah pramuka membentuk barisan berbentuk segitiga. Panjang segitiga yang terbentuk 10 meter, 8 meter, dan 8 meter. Jika tiap meter terdiri dari 2 orang, maka banyak anggota pramuka yang berbaris yaitu ….
18.Luas yang diarsir pada gambar berikut yaitu …. (IMSO 2004)
19.Pak Edo memiliki kebun berbentuk gambar di bawah ini! Jika taman tersebut ingin ditanami rumput dan biaya rumput permeter persegi yaitu Rp250.000,00, maka biaya yang harus dikeluarkan pak Edo yaitu …
20.Pak Beni memiliki tanah berbentuk persegi panjang. Sebagian tanah tersebut terkena proyek pelebaran jalan. Sebagian lagi dipakai untuk menciptakan rumah Denah tanah Pak Beni yang tersisa ditunjukkan menyerupai kawasan yang diarsir pada gambar berikut. Luas tanah Pak Beni yang belum dipakai yaitu … m2
Jawaban Halaman 154, 155, 156 dari No 1 - 20
1. a) x
b) √
c) x
d) √
2. Bangun segibanyak beraturan (b) dan (c)
3. Dibatasi oleh ruas garis
4. Sisinya tidak sama panjang atau sudutnya tidak sama besar
5. Keliling segilima = 5 × 100 = 500 meter
6. Keliling = 4 × s Luas = s × s
= 4 × 14 = 14 × 14
= 56 = 196
7. Keliling persegi panjang = 2 × (p+l) Luas persegi panjang = p × l
= 2 × (15+10) = 15 × 10
= 2 × 25 = 150
= 50
8. Panjang sisi miring segitiga = 122 + 52
= 144 + 25
= 169
= 13
Keliling = 12 + 5 + 13 = 30
Luas = 1 × a ×t
2 = 1 ×5×12
2 = 30
9. Luas persegi = keliling persegi
s × s = 4 × s
= 4
s = 4
10. Cara 1
Keliling persegi = keliling persegi
2 (p + l) 2 (p + 8) = 4 × s
= 4 × 4
26 + 16 = 40
2p = 40 – 16
p = 24 : 2
= 12
11. Panjang sisi segitiga 18 = 6 cm Luas = 1 × a ×t
12. Keliling persegi panjang = 2 × (p+l)
= 2 × (24+18)
= 2 × 42
= 84
Banyak lampu yang sanggup dipasang = 84/3 = 28 buah
13. Sisa karton berbentuk persegi panjang dengan ukuran 6 × 1 cm.
14. Kemungkinan panjang dan lebar yaitu Panjang = 36 cm dan lebar = 1 cm Panjang = 18 cm dan lebar = 2 cm Panjang = 12 cm dan lebar = 3 cm Panjang = 9 cm dan lebar = 4 cm
15. Keliling persegi panjang = 2 × (p+l)
= 2 × (7+3)
= 2 × 10
= 20
Biaya yang harus dikeluarkan = 20 × Rp5.000,00
= Rp100.000,00
16. Luas rumah = 25 × 16
= 400 m2
= 4.000.000 cm2
Luas ubin = 40 × 40 = 1600 cm2
Banyak ubin/keramik yang akan dipasang yaitu = ubin
17. Luas = 1/2 × a ×t
= 1/2 ×20×30
= 300 cm2
18. Keliling segitiga = 10 + 8 + 8 = 26
Maka banyak anggota pramuka yang berbaris = 26 × 2 = 52 orang
19. Luas = 1/2 × a ×t
= 1/2 ×11×12
= 132/2 = 66 m2
Biaya yang harus dikeluarkan pak Ali = 66 × Rp250.000,00
= Rp16.500.000,00
20. Luas ppPQR = p × l
= 32 × 8
= 576 m2
Luas ∆RST = 1 × a ×t
= 1/2 ×2×32
= 32m2
Luas ppQUVW = p × l
= 14 × 8
= 112 m2
Luas tanah yang tersisa = 576 – 112 – 32 = 432 m2
Terimakasih sudah Membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk adik adik yang lagi duduk di kelas 4 sd, jikalau ada pertayaan silakan tulis di kolom komentar di bawah Sumber https://likfanen.blogspot.com/
Didalam buku matemaika kelas 4 sd terdapat 5 pembahasan yang harus di pelajari oleh siswa supaya sanggup dipahami diantranya mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.
Untuk itu admin ingin mencoba membantu siswa siswi supaya gampang dalam menjawab soal pertayaan dalam buku bahagia berguru matematika kelas 4 sd kurikulum 2013,baiklah silkan pantau trus balasan yang admin tulis di artikel ini
Jawaban Soal Buku Senang Belajar Matematika Kelas 4
Garis
Ayo Mengamati
Pengamatan
Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!
Ayo Menaya
Berikut yaitu referensi pertanyaan ihwal garis.
1.Apakah yang dimaksud garis?
2.Bagaimana cara menggambar garis?
Ayo Menalar
Berikut ini klarifikasi lebih rinci dari pengamatan ihwal garis.
Menurut Meli, garis yaitu kumpulan titik-titik yang sangat banyak, jikalau titik-titik tersebut berkumpul secara teratur dan berkesinambungan akan membentuk garis lurus. Beberapa referensi garis lurus dalam kehidupan sehari-hari yaitu rel kereta api dan sisi buku.
Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 4 Halaman 146
Ayo Mencoba
1.Berilah tanda centang pada gambar yang merupakan garis lurus dan tanda x yang bukan garis lurus!
Jawaban
2.Berilah nama pada jenis garis berikut!
Jawaban
a) garis lurus CD
b) garis lurus VW
c) garis lurus XY
3.Sebutkan 5 referensi benda di sekitarmu yang berbentuk garis lurus!
Jawaban
1. Tali yang di renggangkan
2. Bagian tepi papan tulis
3. Rel kereta api
Hubungan Antar Garis
Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!
Anggaplah gambar di atas sebagai rel kereta api(Gambar 4.13).Sebuah rel kereta api terlihat menyerupai garis lurus.Pada lintasan kereta api tersebut terdapat dua garis lurus yang saling berdampingan. Apakah lintasan kereta api tersebut selalu berjarak sama? Bagaimana jikalau lintasan kereta api tersebut tidak berjarak sama?
Kunci Jawaban matematika kelas 4 Halaman 150
Ayo Mencoba1.Perhatikan gambar berdiri datar di bawah ini.Berikan nama pada setiap segmen garis berdiri datar di bawah ini (misal garis a, garis k, (garis dan lain-lain). Temukan segmen garis manakah yang sejajar? Segmen garisgaris manakah yang berpotongan? Manakah segmen garis-garis yang berpotongan tegak lurus? Adakah segmen garis yang berhimpit?
Jawaban
2.Buatlah:
a.tiga pasang garis yang saling sejajar
b.tiga pasang garis yang saling berpotongan
c.dua pasang garis yang saling tegak lurus
d.dua pasang garis yang saling berimpit
Jawaban
3.Ayah Meli akan menciptakan tangga dari bambu menyerupai pada gambar di bawah. Jika tiap ruas bambu panjangnya 30 cm, berapakah panjang bambu yang diharapkan ayah Meli untuk menciptakan tangga tersebut?
Jawaban
Panjang bambu = 26 × 30 = 780
Kaprikornus panjang bambu yang diharapkan yaitu 780 cm.
Kunci Jawaban Latihan soal matematika kelas 4 Halaman 154, 155, 156
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1.Berilah tanda centang pada gambar yang merupakan berdiri segi banyak dan tanda x yang bukan segi banyak
2.Arsirlah berdiri yang merupakan berdiri segi banyak beraturan!
3.Ciri-ciri berdiri segibanyak yaitu ….
4.Ciri-ciri berdiri segibanyak tidak beraturan yaitu …
5.Udin setiap pagi berlari mengelilingi taman kota berbentuk segilima beraturan.Jika panjang salah satu sisi taman kota yaitu 100 meter.Berapakah jarak yang ditempuh Udin untuk mengelilingi taman kota?
6.Diketahui sisi sebuah persegi 14 cm. Berapakah keliling dan luas persegi tersebut?
7.Sebuah persegi panjang memiliki panjang 15 cm dan lebar 10 cm. Hitunglah keliling dan luas persegi panjang!
8.Sisi penyiku segitiga siku-siku yaitu 5 cm dan 12 cm. Berapakah keliling dan luas segitiga?
9.Luas persegi sama dengan kelilingnya. Berapakah panjang sisi persegi?
10.Keliling persegi panjang sama dengan keliling persegi. Jika sisi persegi 10 cm dan lebar persegi panjang 8 cm. Hitunglah luas persegi dan persegi panjang!
11.Diketahui keliling segitiga sama sisi 18 cm. Tentukan luas segitiga tersebut!
12.Pekarangan Pak Edo berbentuk persegi panjang dengan ukuran 24 m x 18 m.Di sekeliling pekarangan akan dipasang tiang lampu dengan jarak antar tiang 3 m.Banyak tiang lampu yang sanggup dipasang yaitu …
13.Dari sebuah kertas karton yang berukuran 6 cm x 7 cm akan dibentuk persegi yan paling besar. Sisa kertas karton tersebut yaitu berbentuk persegi panjang dengan ukuran ....
14.Pak Udin ingin menciptakan sebuah taman berbentuk persegi panjang di halaman depan rumahnya.Jika luas taman yang diinginkan yaitu 36 m 2,maka kemungkinan ukuran panjang dan lebar taman yang sanggup dibentuk oleh pak Udin supaya menghasilkan luas yang diinginkan yaitu ….
15.Ayah Beni ingin memagari pekarangan di belakang rumahnya menyerupai terlihat pada gambar! Jika biaya pagar per meternya yaitu Rp5.000,00, maka berapa biaya yang harus dikeluarkan ayah Beni?
16.Seorang tukang ingin memasang keramik/ubin di sebuah gedung, jikalau gedung itu berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 25 m dan lebar 16 m, dan keramik/ubin yang akan dipasang berukuran 40 cm x 40 cm, maka berapakah banyak keramik yang akan dipasang oleh tukang tersebut?
17.Sejumlah penerima kemah pramuka membentuk barisan berbentuk segitiga. Panjang segitiga yang terbentuk 10 meter, 8 meter, dan 8 meter. Jika tiap meter terdiri dari 2 orang, maka banyak anggota pramuka yang berbaris yaitu ….
18.Luas yang diarsir pada gambar berikut yaitu …. (IMSO 2004)
19.Pak Edo memiliki kebun berbentuk gambar di bawah ini! Jika taman tersebut ingin ditanami rumput dan biaya rumput permeter persegi yaitu Rp250.000,00, maka biaya yang harus dikeluarkan pak Edo yaitu …
20.Pak Beni memiliki tanah berbentuk persegi panjang. Sebagian tanah tersebut terkena proyek pelebaran jalan. Sebagian lagi dipakai untuk menciptakan rumah Denah tanah Pak Beni yang tersisa ditunjukkan menyerupai kawasan yang diarsir pada gambar berikut. Luas tanah Pak Beni yang belum dipakai yaitu … m2
Jawaban Halaman 154, 155, 156 dari No 1 - 20
1. a) x
b) √
c) x
d) √
2. Bangun segibanyak beraturan (b) dan (c)
3. Dibatasi oleh ruas garis
4. Sisinya tidak sama panjang atau sudutnya tidak sama besar
5. Keliling segilima = 5 × 100 = 500 meter
6. Keliling = 4 × s Luas = s × s
= 4 × 14 = 14 × 14
= 56 = 196
7. Keliling persegi panjang = 2 × (p+l) Luas persegi panjang = p × l
= 2 × (15+10) = 15 × 10
= 2 × 25 = 150
= 50
8. Panjang sisi miring segitiga = 122 + 52
= 144 + 25
= 169
= 13
Keliling = 12 + 5 + 13 = 30
Luas = 1 × a ×t
2 = 1 ×5×12
2 = 30
9. Luas persegi = keliling persegi
s × s = 4 × s
= 4
s = 4
10. Cara 1
Keliling persegi = keliling persegi
2 (p + l) 2 (p + 8) = 4 × s
= 4 × 4
26 + 16 = 40
2p = 40 – 16
p = 24 : 2
= 12
11. Panjang sisi segitiga 18 = 6 cm Luas = 1 × a ×t
12. Keliling persegi panjang = 2 × (p+l)
= 2 × (24+18)
= 2 × 42
= 84
Banyak lampu yang sanggup dipasang = 84/3 = 28 buah
13. Sisa karton berbentuk persegi panjang dengan ukuran 6 × 1 cm.
14. Kemungkinan panjang dan lebar yaitu Panjang = 36 cm dan lebar = 1 cm Panjang = 18 cm dan lebar = 2 cm Panjang = 12 cm dan lebar = 3 cm Panjang = 9 cm dan lebar = 4 cm
15. Keliling persegi panjang = 2 × (p+l)
= 2 × (7+3)
= 2 × 10
= 20
Biaya yang harus dikeluarkan = 20 × Rp5.000,00
= Rp100.000,00
16. Luas rumah = 25 × 16
= 400 m2
= 4.000.000 cm2
Luas ubin = 40 × 40 = 1600 cm2
Banyak ubin/keramik yang akan dipasang yaitu = ubin
17. Luas = 1/2 × a ×t
= 1/2 ×20×30
= 300 cm2
18. Keliling segitiga = 10 + 8 + 8 = 26
Maka banyak anggota pramuka yang berbaris = 26 × 2 = 52 orang
19. Luas = 1/2 × a ×t
= 1/2 ×11×12
= 132/2 = 66 m2
Biaya yang harus dikeluarkan pak Ali = 66 × Rp250.000,00
= Rp16.500.000,00
20. Luas ppPQR = p × l
= 32 × 8
= 576 m2
Luas ∆RST = 1 × a ×t
= 1/2 ×2×32
= 32m2
Luas ppQUVW = p × l
= 14 × 8
= 112 m2
Luas tanah yang tersisa = 576 – 112 – 32 = 432 m2
Terimakasih sudah Membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk adik adik yang lagi duduk di kelas 4 sd, jikalau ada pertayaan silakan tulis di kolom komentar di bawah Sumber https://likfanen.blogspot.com/