PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SD-KD) PJOK/PENJASOR SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SEMESTER 1 DAN 2
Pemetaan SK-KD PJOK SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 |
Salah satu yang harus dilakukan oleh guru sebelum merancang sebuah pembelajaran ialah melaksanakan analisis terhadap standar isi. Ada tiga hal yang harus dianalisis yaitu analisis tujuan mata pelajaran, analisis ruang lingkup mata pelajaran, dan analisis SK dan KD mata pelajaran, yang selanjutnya memetakan, tetapkan indikator dan teknik penilaian.
Baca juga :
Penetapan SK, KD harus dilakukan oleh guru memang sangat penting, semoga tahu ara, maksud dan ujuannya. Pemetaan ketiga hal tersebut sangat berperan terhadap tujuan yang ingin dicapai dimulai dari keruntutan pembelajaran hingga kriteria keberhasilan pembelajaran selain juga mempermudah guru untuk menilai dan mengevaluasi penerima didik.
Download RPP Kelas 2 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013
Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik/Siswa Oleh Pendidik/Guru
KEBIJAKAN BOS TAHUN 2019
Penetapan SK, KD harus dilakukan oleh guru memang sangat penting, semoga tahu ara, maksud dan ujuannya. Pemetaan ketiga hal tersebut sangat berperan terhadap tujuan yang ingin dicapai dimulai dari keruntutan pembelajaran hingga kriteria keberhasilan pembelajaran selain juga mempermudah guru untuk menilai dan mengevaluasi penerima didik. Timbul pertanyaan.
Bagaimana memetakan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan? Bapak Ibu tidak perlu repot-repot. Kami akan membagikannya pada postingan kali ini secara lengkap mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 Sekolah Dasar/Madrasah baik semester ganjil maupun semester genap.
Tujuan dari pembahasan yang dilakukan dalam artikel yang kami bagikan ini ialah mengungkap cara memetakan SK, KD dan indikator serta penetapan teknik penilaian. Tetapi itu terlalu luas, Cukup saja yang kita bahas yaitu Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SD dan KD) untuk SD/MI lengkap semua Kelas dari kelas 1 hingga 6 semester 1 dan 2.
Mari lihat dengan terperinci di bawah ini.
Berikut ialah langkah-langkah yang sanggup dilakukan hingga tahapan penentuan dan pemetaan standar kompetensi, dan kompetensi dasar, serta indikator yang kam sajikan sudah jadi, tinggal baap ibu guru melaksanakan pengeditan untuk beberapa hal, misalnya. Nama Sekolah/Madrasah, Nama Guru, Nama Kepala Sekolah, dan yang lainnya kalau dianggap perlu.
Berikut ialah langkah-langkah yang sanggup dilakukan hingga tahapan penentuan dan pemetaan standar kompetensi, dan kompetensi dasar, serta indikator yang kam sajikan sudah jadi, tinggal baap ibu guru melaksanakan pengeditan untuk beberapa hal, misalnya. Nama Sekolah/Madrasah, Nama Guru, Nama Kepala Sekolah, dan yang lainnya kalau dianggap perlu.
File tersebut kami simpan pada tautan di bawah ini. Silahkan download melalui link yang tersedia.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memilih dan memetakan SK, KD dan indikator. Setiap kompetensi dasar sanggup dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar, hal ini sesuai dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.
Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan. Indikator pencapaian hasil berguru dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap penerima didik. Setiap kompetensi dasar sanggup dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar, hal ini diadaptasi dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.