Contoh pdf doc Part 15
4/ 5 stars - "Contoh pdf doc Part 15" Contoh pdf doc Part 15 Dibawah ini kami siapkan Contoh Indonesia (UKDI) Edisi Ke 15  dan Kunci Jawaban Disertai dengan Pembahasan ...

Contoh pdf doc Part 15



Contoh pdf doc Part 15


Dibawah ini kami siapkan Contoh Indonesia (UKDI) Edisi Ke 15  dan Kunci Jawaban Disertai dengan Pembahasan


 Contoh  pdf doc Part  Contoh  pdf doc Part 15
Contoh pdf doc

Haii teman-teman sahabat ukdi-dokter.blogspot.com semuanya. Berikut ini kami siapkan untuk teman-teman latihan soal UKDI disertai kunci jawaban lengkapnya pdf doc. Selamat belajar yaa


1. Seorang perempuan usia 33 tahun datang ke poliklinik umum dengan keluhan keputihan. Keluhan telah dirasakan sejak 1 minggu yang lalu, keputihan berwarna kuning kehijauan disertai bau busuk dan berbusa. Pada pemeriksaan  inspekulo  terdapat gambaran  strawberry appearance pada dinding vagina dan servik. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

a. Infeksi genital non spesifik
b. Servisitis gonore
c. Kandidiasis vulvovaginal
d. Vaginosis bakterial
e. Trikomoniasis

Jawaban : e. Trikomoniasis



2. Seorang  wanita  usia  20  tahun  datang  ke  Puskesmas  dengan  keluhan  sesak  nafas  yang   hilang timbul dan dirasakan sejak dua hari yang lalu. Sesak napas disertai mengi dan batuk. Serangan terjadi jika  pasien  terpapar  debu,  dan  mereda  setelah  minum  obat  pelega  nafas.  Diketahui  bahwa  ayah kandung  pasien menderita  dermatitis  atopik.  Pada  pemeriksaan  fisik  didapatkan  frekwensi  nadi  dan respirasi meningkat, jantung dalam batas normal, paru ditemukan wheezing ekspirasi. Apakah jenis sel yang meningkat jumlahnya pada pemeriksaan apusan darah tepi pada kasus di atas?

a. Netrofil
b. Basofil
c. Eosinofil
d. Monosit
e. Limfosit

Jawaban : c. Eosinofil
Pembahasan: pasien ini kena asma bronchial, dilihat dari gejala dan riwayat atopi pada ayah kandung. Asma kan reaksi alergi, jadinya pada pemeriksaan darah tepi bakalan didapatkan eosinofil yang meningkat.



3. Seorang wanita 48 thn,,datang ke praktek dokter umum,dengan keluhan keputihan banyak dan berbau, keluhan disertai dengan bercak perdarahan. Pda pemeriksaan inspekulo didapatkan sekret purulen dan darah, pada serviks terdapat erosi serviks. Pemeriksaan penunjang yg diperlukan pada kasus ini adalah?

a. Px schiller
b. Px IVA
c. Konisasi
d. Papsmear
e. Biopsi

Jawaban : d. Papsmear
Pembahasan
Pada pemeriksaan inspekulo baru didapatkan erosi jadi epmeriksaan selanjutnya adalah papsmear, untuk mengetahui apakah adanya perubahan patologis.Kalo apda pemeriksaan inspekulo didapatkan benjolan rapuh dan mudah berdarah maka dicurigai suatu keganasan, sehingga pemeriksaan lanjutannya adalah dengan biopsy.
Interpretasi pap smear menurut Papanicalau

Kelas I : Normal, Sel dbn, Cek 1 tahun lagi
Kelas II : Perubahan reaktif atipik, Ditemukan sel2 abnormal, tidak tersangka keganasan, umumnya karena peradangan Cek 6 bulan lagi
Kelas III : Dysplasia (ringan, sedang, berat), Ditemukan sel2 abnormal yang meragukan untuk keganasan, karena peradangan yang berat yang dapat disembuhkan Cek 2 bulan lagi
Kelas IV : Kanker in situ, Ditemukan sel abnormal yang mencurigakan untuk keganasan (ca dini), Biopsy
Kelas V : Kanker invansif, Ditemukan sel2 ganas (kanker invansif), Terapi



4. Seorang laki-laki usia 35 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri punggung  kanan yang menyebar ke perut bawah selangkangan. Nyeri hilang timbul sejak 1 bulan ini dan memberat 5 jam yg lalu. Mengeluh mual, kadang demam dan menggigil. 1 minggu yang lalu pasien mengaku BAK berwarna kemerah-merahan 1 atau 2 hari. Pekerjaan pasien adalah supir bus. Apa tindakan yang tepat yang anda lakukan?

a. Memberikan terapi simptomatis (analgetik, antipiretik, anti pendarahan)
b. Menganjurkan terapi fisik untuk menghilangkan nyeri
c. Menganjurkan pemeriksaan Laboratorium
d. Menganjurkan pemeriksaan Radiologi (USG abdomen)
e. Melakukan pemeriksaan fisik


Jawaban : c. Menganjurkan pemeriksaan Laboratorium



5. Seorang laki laki usia 30 tahun dibawa oleh keluarganya ke UGD RS karenan nyeri pinggang hebat.Keluhan muncul tiba tiba 1 jam yang lalu tidak berkurang dengan perubahan posisi. Dari PF didapatkan nyeri ketok costo vertebra angle. Dari pemeriksaan laboratorium di dapatkan hematuria.Apakah diagnosis yang paling mungkin?

a. Glomerulonefritis
b. Pielonefritis
c. Nefrolithiasis
d. Epididimo-orkitis
e. Sistitis

Jawaban : c. Nefrolithiasis
Pembahasan
Pasien ini mengalami nyeri kolik. Nyeri kolik biasanya terjadi pada organ yang berongga, pada kasus ini keungkinan bias karena adanya batu pada saluran kemih atas. Batu dari ginjal dapat turun sehingga menimbulkan nyeri kolik, dan batu dapat melukai saluran yang dilewatinya, sehingga dapat menimbulkan hematuri.



6. Seorang laki – laki umur 45 tahun datang dengan keluhan utama badan demam dan menggigil. Nyeri  pada  pinggang  kiri  hilang  timbul.  Pada  pemeriksaan  fisik  didapatkan  adanya  nyeri  ketok kostovertebra.  Pemeriksaan  urin  didapatkan  warna  kuning,  sedimen  eritrosit  negatif,  lekosit  pucat 5/lapang pandang. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien tersebut?   

a. Nefrolitiasis.
b. Pielonefritis akut
c. Sistitis.
d. Glomerulonefritis akut
e. Uretritis.

Jawaban : b. Pielonefritis akut
Pembahasan : klo GN biasanya urin seperti cucian daging, udem, kadang bias oliguria (pad kasus berat)
Pielonefritis adalah infeksi bakteri pada salah satu atau kedua ginjal.Biasanya disebabkan oleh E. coli secara asendent.Gejala biasanya timbul secara tiba-tiba berupa demam, menggigil, nyeri di punggung bagian bawah, mual dan muntah.Beberapa penderita menunjukkan gejala infeksi saluran kemih bagian bawah, yaitu sering berkemih dan nyeri ketika berkemih.Bisa terjadi pembesaran salah satu atau kedua ginjal.Kadang otot perut berkontraksi kuat.Bisa terjadi kolik renalis, dimana penderita merasakan nyeri hebat yang disebabkan oleh kejang ureter.Kejang bisa terjadi karena adanya iritasi akibat infeksi atau karena lewatnya batu ginjal.Pada anak-anak, gejala infeksi ginjal seringkali sangat ringan dan lebih sulit untuk dikenali.Pada infeksi menahun (pielonefritis kronis), nyerinya bersifat samar dan demam hilang-timbul atau tidak ditemukan demam sama sekali. Pielonefritis kronis hanya terjadi pada penderita yang memiliki kelainan utama, seperti penyumbatan saluran kemih, batu ginjal yang besar atau arus balik air kemih dari kandung kemih ke dalam ureter (pada anak kecil).Pielonefritis kronis pada akhirnya bisa merusak ginjal sehingga ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya (gagal ginjal).



7. Seorang  laki-laki berusia 32 tahun datang ke Unit Gawat Darurat RS dengan keluhan sesak nafas sejak  1  hari  yang  lalu.  Pasien  juga mengeluh  batuk-batuk  sejak  1  bulan  yang  lalu,  batuk  berdahak warna putih kental. Nafsu makan menurun dan sering berkeringat pada malam hari. Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum tampak sesak, tekanan darah 90/60 mmHg, denyut nadi 110 x/menit, frekuensi nafas 32 x/menit. Pemeriksaan paru menunjukkan  trakea deviasi ke kanan, gerak paru kiri tertinggal  dari  paru  kanan,  perkusi  paru  kiri  redup  dengan  suara  nafas menurun.  Apakah  diagnosis yang paling tepat?

a. Tumor paru sinistra
b. Efusi pleura sinistra
c. Pneumotoraks sinistra
d. Atelektasis paru sinistra
e. Pleuritis sinistra

Jawaban : b. Efusi pleura sinistra
Pembahasan
Meurutku pada pasien ini terkena efusi pleura sinistra.Efusi disebabkan karena infeksi paru (dari gejala2nya mengarah ke TB paru).
Pemeriksaan fisik pada efusi pleura:
• Inspeksi : namapa sakit, gerak dada sisi sakit tertinggal, Nampak lebih cembung
• Palpasi : gerak dada sisi sakit tertinggal, fokla fremitis sisi sakit turun
• Perkusi: redup pada sisi sakit
• Auskultasi: suara nafas sisi sakit menurun/menghilang
Pemeriksaan cairan secara makroskopi
Transudate (putih jernih spt air) : decomp cords, SN, asites, meig syndrome
Eksudat : tumor, infark paru, infeksi
Hemoragik : tumor, trauma, infeksi



Sumber : UKDI Indonesia


Demikianlah artikel kami dengan judul yaitu Contoh pdf doc Part 15. Semoga apa yang telah kami berikan dan sajikan diatas tersebut dapat bermanfaat bagi etman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung dan belajar disini.


Sumber https://ukdi-dokter.blogspot.com/